Powered by Blogger.

Popular Posts Today

DKI Tak Akan Keluarkan Izin Reklame di Kanal Banjir

Written By Solution Anti Virus on Saturday, January 26, 2013 | 11:37 AM


JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) DKI Jakarta akan menghentikan pemberian izin reklame berbentuk baliho di sepanjang Kanal Banjir Timur (KBT) dan Kanal Banjir Barat (KBB).


Kepala Dinas P2B DKI, I Putu Ngurah Indiana, mengatakan, Dinas P2B DKI telah mengambil kebijakan, yaitu semua baliho yang ada di sepanjang bantaran KBT dan KBB akan ditertibkan.


"Kita ambil kebijakan, semua baliho yang ada di bantaran KBB dan KBT akan kita tertibkan semua. Kedua kanal itu harus terbebas dari papan reklame berukuran besar yang dapat menghambat arus air," kata Putu, di Jakarta, Sabtu (26/1/2013).


Dinas P2B DKI juga akan menyelidiki izin pemasangan papan reklame di dua kanal tersebut. Bila masih memiliki izin, kata Putu, pihaknya tak akan memperpanjang izin tersebut. Dan, bila memungkinkan, ia juga akan meminta pemilik baliho untuk mau menurunkan papan-papan reklame besar tersebut.


"Tapi, kita tidak bisa semaunya membongkar karena ada masalah hukum di dalamnya yang harus kita lalui," ujarnya.


Selain itu, Dinas P2B DKI juga tidak akan memberikan rekomendasi izin pemasangan papan reklame baliho di sepanjang KBB dan KBT. Secara teknis, perizinan titik pemasangan papan reklame baliho yang menjadi tanggung jawab Dinas P2B DKI hanya berada di bagian hilir. Sebab, semua perizinan sekarang adalah wewenang Dinas Tata Ruang DKI.


"Untuk penentuan titik bangunan tata ruang dan rekomendasi titik pasang berada di Dinas Pekerjaan Umum DKI dan perizinan baliho ada dalam wewenang Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) DKI. Setelah semua izin disetujui, teknisnya baru di Dinas P2B DKI. Kami bertugas melihat ketinggiannya sesuai dengan tata ruang atau tidak, dan secara konstruksi sesuai atau tidak," kata Putu.


Seperti diketahui, baliho yang berada di KBB diperkirakan menjadi penyebab jebolnya tanggul di Jalan Latuharhary. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun langsung memerintahkan untuk memindahkan semua papan reklame yang berada di bantaran tanggul tersebut.


Ia menganggap papan reklame yang terpasang di tepi KBB mengganggu konstruksi tanggul. "Mau jadi penyebab tanggul jebol atau bukan, baliho harus segera hilang," kata Jokowi saat meninjau lokasi tanggul jebol di Jalan Latuharhary, Jumat (18/1/2013) lalu.












11:37 AM | 0 komentar | Read More

Armstrong Dituduh Bohongi Oprah




Armstrong Dituduh Bohongi Oprah





Sabtu, 26 Januari 2013 | 09:36 WIB













TORSTEN BLACKWOOD TIMOTHY A. CLARY / AFP


Lance Armstrong dan Oprah Winfrey





LOS ANGELES, KOMPAS.com -— Pemimpin USADA (Badan Antidoping AS), Travis Tygart, menuduh pebalap legendaris Lance Armstrong berbohong dalam wawancara dengan Oprah Winfrey.

Tygart memberi waktu kepada Armstrong untuk mengatakan hal sebenarnya sebelum 6 Februari dan bekerja sama sepenuhnya dengan pihak USADA untuk mendapat keringanan hukuman.

Armstrong dijatuhi hukuman seumur hidup oleh USADA atas kesalahannya menggunakan obat-obatan terlarang dalam kariernya.

Menurut Tygart, Armstrong berbohong dalam beberapa hal, termasuk ketika mengatakan dirinya sudah bersih saat kembali berlomba pada 2009 dan 2010.

Tygart juga mengaku telah mengirim surat kepada Armstrong untuk bekerja sama sepenuhnya menjelaskan posisi ini sebelum 6 Februari.






Editor :


A. Tjahjo Sasongko
















11:30 AM | 0 komentar | Read More

Jelang Pernikahan, Magdalena Cemaskan Kondisi Cuaca


Magdalena

Magdalena (sumber: beritasatu/Yanuar Rahman)




Meski cemas, Lena bahkan tidak berencana menggunakan jasa pawang hujan nantinya.

Jelang pernikahannya pada tanggal 28 Februari mendatang, aktris sekaligus presenter Magdalena mengaku siap secara mental untuk menghadapi hari besarnya.

Namun perempuan kelahiran Jakarta, 24 Mei 1984 itu mengatakan ada sedikit rasa khawatir terkait dengan kondisi alam yang menyebabkan banjir di sejumlah kawasan Jakarta belakangan ini.

"Kendala hujan besar dan banjir aku stres,  bikin aku deg-degan jelang hari H. Tapi aku jalanin, pasti tuhan akan kasih yang terbaik untuk kita," ujarnya saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (25/1).

Lena memang pasrah untuk menyambut hari pernikahannya bersama calon suaminya yang bernama Niki Liandi. Calon pasangan suami istri itu bahkan tidak berencana menggunakan jasa pawang hujan nantinya.

"Kita serahkan saja sama tuhan," tegasnya.

Perempuan yang pernah terlibat dalam produksi film layar lebar Si Jago Merah itu akan menghelat pernikahannya di kawasan Senayan, pada akhir Februari nanti.

"Kita akan sebar 800 undangan. Mudah-mudahan semua bisa datang," tukas Lena.

11:21 AM | 0 komentar | Read More

Surya Paloh: Hary Keluar, NasDem Jangan-jangan Lebih Hebat


JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Majelis Nasional Partai NasDem Surya Paloh menegaskan, hengkangnya Ketua Dewan Pakar partai itu, Hary Tanoesoedibjo, tak berpengaruh besar bagi partainya, khususnya dalam hal finansial partai. Surya mengaku, sumber dana partai bukan masalah baginya.


"Saya menjadi pengusaha sudah 40 tahun lebih. Istilahnya bukan OKB (orang kaya baru). Saya tidak perlu menyatakan apa yang saya miliki, karena saya belum jadi pejabat publik, juga tidak perlu lapor ke KPK. Dari NasDem, finansial memang wajib. Ada pengaruh, tapi kecil juga," kata Surya seusai Kongres Partai NasDem di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (25/1/2013) malam.


Ia menjelaskan, komunikasi dengan Hary terjalin baik. Tidak ada perselisihan di antara keduanya. Bahkan, dalam suasana pertemanan, Hary juga menceritakan rencana bisnisnya dengan Surya.


"Hary datang baik-baik, bahkan sebelum mengundurkan diri, dia bilang baik-baik, dia malah bilang mau beli TV One. Suasana friendship tetap ada, bukan suasana yang marah-marah," ujarnya.


Ia tak menampik bahwa NasDem membutuhkan dana dan logistik untuk partai. Namun, ditegaskannya, NasDem tak akan surut dengan keluarnya Hary Tanoe dan sejumlah kader lain yang mengikuti. "Jangan seakan-akan Hary Tanoe keluar, NasDem mati. Enggak benar. Jangan-jangan (NasDem) justru lebih hebat," ucapnya.


Menjelang penetapan Surya Paloh sebagai ketua umum partai, Hary Tanoesoedibjo mengundurkan diri sebagai Ketua Dewan Pakar Partai NasDem. Hary mengaku ingin mempertahankan kepengurusan saat ini yang diisi orang muda. Mundurnya bos MNC Group itu dinilai banyak pihak akan mengurangi sumber dana Partai NasDem. Tidak hanya Hary yang hengkang, setidaknya, ada tiga pengurus lain yang mengaku mundur, yakni Sekretaris Jenderal Ahmad Rofiq, Wakil Sekretaris Jenderal Saiful Haq, dan Ketua Internal DPP Partai NasDem Endang Tirtana.


Surya Paloh rencananya akan resmi dikukuhkan sebagai ketua umum partai pada Kongres Partai NasDem hari Sabtu ini.






Editor :


Egidius Patnistik









11:12 AM | 0 komentar | Read More

Menkeu Tentukan Skema Dana Biayai Tol Sumatera


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Agus Martowardojo kini sedang membahas kemungkinan skema dana untuk PT Hutama Karya Persero. Perusahaan BUMN yang nantinya dikhususkan untuk pembangunan jalan tol itu akan diberikan mandat untuk membangun tol di Sumetera.


"Sumbernya bisa dari Penyertaan Modal Negara (PMN), soft loan agreement (SLA) atau penerbitan obligasi," kata Agus saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (25/1/2013).


Menurut Agus, opsi sumber dana untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur tersebut memang bervariasi. Hal ini disebabkan nilai investasi yang diperlukan perseroan akan besar.


Apalagi, salah satu BUMN Karya tersebut hanya akan menerima mandat pembangunan proyek infrastruktur dari pemerintah. Jadi, tidak ada upaya untuk terlalu ;mengejar laba dalam setiap bisnisnya.


Cara ini berbeda dengan BUMN Karya lainnya seperti PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Waskita Karya Tbk (WSKT) ataupun PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) yang masih berorientasi pada bisnis.


Sebagai tahap awal, PT Hutama Karya akan berupaya memperoleh izin dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sebagai penyelenggara infrastruktur jalan tol. Selanjutnya, menunggu mandat dari pemerintah untuk membangun proyek jalan tol.


"Jadi kita tentukan skema pembiayaannya dan pembangunannya. Lantas bila untuk operasionalnya akan melibatkan pihak ketiga atau dioperasikan sendiri. Itu urusan nanti, terserah lah," tambahnya.


Seperti diberitakan, Menteri BUMN Dahlan Iskan memang sedang mengusahakan bagi PT Hutama Karya Persero untuk mendapat penyertaan modal negara (PMN). Suntikan dana segar ini akan dialokasikan untuk membangun proyek jalan tol di Sumatera.


"Memang Hutama Karya ini perlu modal besar untuk bangun jalan tol (Trans Sumatera). Kita lagi usulkan ke negara. Dia memang layak dapat PMN," kata Dahlan saat ditemui di Jakarta, Minggu (23/12/2012).


Menurut Dahlan, dana PMN ini sedikit berbeda dengan PMN bagi perusahaan BUMN lainnya. Jika PMN di perusahaan pelat merah lain bersifat menambah modal karena memang sedang merugi atau akan bangkit, tapi bagi Hutama Karya adalah suntikan sebagai modal untuk membangun proyek negara.


Hal itu karena Hutama Karya akan menjadi perusahaan penyelenggara konstruksi jalan tol non Terbuka. Sehingga proyek-proyek negara, khususnya konstruksi akan bisa dilakukan oleh perusahaan konstruksi pelat merah ini.


Nantinya, Hutama Karya akan berbeda dengan perusahaan konstruksi jalan tol pelat merah lain seperti PT Jasa Marga Tbk (JSMR). Sebab, Jasa Marga akan cenderung mencari profit dalam setiap operasionalnya.


Sementara Hutama Karya memang akan dijadikan sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam pembangunan proyek infrastruktur di tanah air. "Kita usulkan Hutama Karya dapat PMN Rp 15 triliun," tambahnya.












11:06 AM | 0 komentar | Read More

Perbaikan Jalan Sementara Hanya Tambal Lubang

Written By Solution Anti Virus on Friday, January 25, 2013 | 11:37 AM


JAKARTA, KOMPAS.com — Akibat banjir dan hujan deras yang turun terus-menerus, kerusakan jalan di kawasan Jabodetabekjur sangat parah. Dari 453 kilometer panjang jalan nasional, tercatat 106 km jalan nasional yang rusak. Kerusakan ini belum termasuk kerusakan jalan yang menjadi wewenang pemerintah daerah setempat.


Untuk perbaikan jalan rusak itu, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum memperkirakan membutuhkan anggaran Rp 55 miliar. Sementara untuk kerusakan jalan nasional di Banten diperlukan dana sekitar Rp 11,1 miliar.


Dana ini diambil dari anggaran tanggap darurat dan sifat perbaikannya hanya berupa penutupan lubang, pelapisan setempat, serta pembersihan dan perbaikan saluran samping dan trotoar.


"Untuk perbaikan menyeluruh dan permanen akan dilakukan setelah hujan benar-benar berhenti. Jadi, tidak mungkin dilakukan sekarang. Lagi pula untuk perbaikan menyeluruh harus dilakukan perencanaan teknik dan lelang," kata Direktur Jenderal Bina Marga Djoko Murjanto, di Jakarta, Jumat (25/1/2013).


Perbaikan permanen jalan di kawasan Jabodetabekjur dan Banten masing-masing memerlukan anggaran Rp 90 miliar dan Rp 39 miliar. "Untuk yang di Jabodetabekjur sebesar Rp 90 miliar akan dipakai untuk perbaikan di Jalan Daan Mogot sebesar Rp 80 milar dan perbaikan longsor di Puncak sebesar Rp 10 miliar," jelas Djoko.


Jalan nasional yang rusak antara lain Jalan TB Simatupang, Jalan Raya Bogor, Jalan Trans Yogi, dan Jalan Mayjen Sutoyo. Sementara di Banten, yang mengalami kerusakan di ruas Pandeglang-Saketi, Pandeglang-Rangkasbitung, dan Serang-Pandeglang.


Menurut TMC Polda Metro Jaya, Kamis (24/1/2013), Jalan Mayjen Sutoyo yang mengalami kerusakan telah memakan korban jiwa. Kakak beradik yang berboncengan sepeda motor terjebak di lubang hingga kemudian tertabrak bus transjakarta. Sang kakak, Purwanto, meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Sedangkan Novita (20), adik Purwanto, menderita patah kaki dan dirawat di Rumah Sakit UKI, Cawang, Jakarta Timur.


Selain itu, TMC Polda Metro Jaya mencatat kerusakan jalan juga terjadi di jalan layang Jembatan Tiga, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Jalan itu ambles akibat tergenang banjir selama beberapa hari. Amblesnya jalan sedalam 30 cm itu mengakibatkan separuh jalan tak bisa dilalui kendaraan bermotor.


Jalan berlubang juga terdapat di Jatinegara Barat, Jalan Protokol MT Haryono, Jalan Boulevard Barat Kelapa Gading, Jalan Layang Pesing, dan lainnya.


Menurut data Ditlantas Polda Metro Jaya, jalan berlubang menjadi penyebab 10 persen kecelakaan di jalan raya di Jakarta. Bahkan dalam dua hari terakhir, dua pengendara sepeda motor tewas setelah terjatuh menghindari jalan berlubang di Ibu Kota.


Selain di Jabodetabekjur dan Banten, kerusakan jalan nasional akibat banjir juga terjadi pada ruas Karawang-Cikampek-Pamanukan.


Kronologi kerusakan ruas jalan tersebut dimulai ketika pada Jumat (18/1/2013) terjadi genangan air setinggi 50-60 cm akibat meluapnya Sungai Ciasem. Kejadian tersebut menimbulkan kemacetan panjang pada arah Jakarta maupun Cirebon.


Sementara itu, Kepala Humas Kementerian Pekerjaan Umum Waskito Pandu mengatakan, kerusakan di Jabodetabekjur dan Jawa secara keseluruhan merupakan kerusakan yang paling besar. Namun, untuk kerusakan paling parah terjadi di Sumatera.


"Di Jambi terjadi longsor. Cukup parah, tetapi jumlah lokasi kejadian hanya sedikit," kata Waskito.






Editor :


Marcus Suprihadi









11:37 AM | 0 komentar | Read More

Roy Suryo Diperlihatkan Fasilitas Yang Rusak




Roy Suryo Diperlihatkan Fasilitas yang Rusak





Jumat, 25 Januari 2013 | 10:44 WIB












JAKARTA, Kompas.com — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo saat berkunjung ke lokasi pelatnas loncat indah di areal Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat, diperlihatkan alat-alat latihan yang kondisinya kurang maksimal alias rusak.
     
Bahkan, saat meninjau lokasi latihan bukan di air, pria yang menggantikan posisi Andi Mallarangeng itu dikejutkan dengan lepasnya salah satu pegas/per pada salah satu alat, yaitu trampolin. Per tersebut terlepas saat alat itu digunakan untuk berlatih.
    
"Tepat sekali. Pak Menpora bisa melihat secara langsung kondisi sarana dan prasarana yang kami gunakan latihan saat ini," kata salah satu pelatih loncat indah, Harli Ramayani, di sela mendampingi Menpora.
     
Menurut dia, alat latihan, terutama trampolin, kondisinya cukup memprihatinkan dan dinilai cukup membahayakan bagi atlet jika alat tersebut tetap digunakan untuk latihan. Untuk itu, sudah saatnya diganti atau diremajakan.   
    
Berdasarkan data yang ada di lokasi latihan, sarana dan prasarana latihan itu diresmikan 1998. Dengan demikian, umur sarana dan prasarana yang ada telah lebih dari 14 tahun. "Khusus untuk trampolin, mungkin lebih tua lagi. Lihat saja kondisinya. Sudah tidak simetris lagi," kata istri mantan striker timnas Ricky Yakobi itu.
    
Harli mengaku, saat ini sebenarnya sudah ada sarana dan prasarana yang lebih aman bagi atlet. Alat-alat itu sudah digunakan oleh atlet China. Alat tersebut dinilai lebih aman saat digunakan.
     
Sementara itu, Menpora Roy Suryo mengaku sarana dan prasarana harus diperhatikan karena sangat mendukung kegiatan atlet selama menjalani latihan. Untuk itu, pihaknya akan langsung melakukan koordinasi dengan PRIMA. "Trampolin pakai pegas. Jadi, ada batas waktunya. Kondisi ini berdampak pada kelenturan. Untuk itu, kita harus mengikuti kecanggihan dan inovasi," katanya usai melakukan sidak.
     
Menurut dia, dengan melakukan kunjungan langsung ke induk olahraga (PB), pihaknya bisa mengetahui secara langsung kondisi sarana dan prasarana latihan. Dari hasil kunjungan ini, kata dia, pihaknya akan lebih mudah dalam menetapkan anggaran yang akan digunakan. Selain ke pelatnas loncat indah, Roy Suryo juga berkunjung ke Pertina, wushu, fitness center, dan Perpani.







Editor :


A. Tjahjo Sasongko
















11:30 AM | 0 komentar | Read More

Nassar Terima SMS Bernada Ancaman


Siti Nurjanah (Anak Nassar - Muzdhalifah) yang mengalami penculikan.

Siti Nurjanah (Anak Nassar - Muzdhalifah) yang mengalami penculikan. (sumber: BeritaSatu.com/Chairul Fikrie)




Pengirim SMS mengingatkan Nassar untuk tidak menyadap nomor teleponnya.

Tangerang

- Hari ini tepat satu minggu anak tiri artis dan pedangdut Nassar KDI dan Muzdhalifah diculik dari sekolahnya di SDN 6 Kota Tanggerang. Hampir tiap malam digelar pengajian di kediaman Nassar untuk mendoakan agar Siti Nurdjanah atau akrab dipanggil Nana cepat kembali ke pelukan mereka. Namun hingga hari ini Nana belum juga kembali.

Beberapa  hari lalu Nassar dikirimi amplop berwarna cokelat berisi tulisan yang diduga Nana serta foto Nana yang tengah diplester mulutnya dan diikat tanggannya. Hari ini, Kamis (24/1) Nassar kembali mendapat ancaman dari sang penculik melalui SMS (Short Message Service) sebanyak dua kali. Hal itu diungkapkan seorang sumber yang enggan disebutkan namanya.

"Iya hari ini bapak dikirimi SMS ancaman sebanyak dua kali," ungkap sumber tersebut.

Dalam pesan singkatnya tersebut sang penculik Nana meminta Nassar dan Mudzhalifah segera menghubunginya.

"Salam Mualaikum. Tolong pesan sama artis BAPAK NASSAR dan NY.MUSDALIFA saya ingin negosiasi kalau ingin anaknya kembali. Hubungi saya segera kalau sore ini Bapak Nassar dan Ny musdalifa belum tlp sampai pukul 4 anaknya tidak akan kembali lagi," tulis SMS itu.

Dalam SMS itu sang penculik juga mengingatkan kepada Nassar untuk tidak menyadap teleponnya itu.

"Dan tolong jangan ada tlp di lacak, sadap dan direkam pihak kepolisian kalau ingin anaknya kmbali malam ini,085245834192, saya ingin bapak nassar dan ny musdalifa yg telepon. Salam Mualaikum," lanjut SMS tersebut.

Nassar pun berusaha menghubungi nomor yang diberikan melalui pesan singkat tersebut, namun ketika di hubungi nomor tersebut tidak dalam kondisi aktif.

11:21 AM | 0 komentar | Read More

Andi Mallarangeng Ingatkan Tim Elang Hitam Tak Singgung Demokrat


JAKARTA, KOMPAS.com - Juru bicara Andi Mallarangeng, Rizal Mallarangeng, mengaku, kerap diingatkan sang kakak untuk tidak menyerang Partai Demokrat dalam investigasinya bersama tim Elang Hitam. Tim Elang Hitam dibentuk Rizal untuk menguak mega skandal proyek Hambalang di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dalam kasus ini, Andi Mallarangeng telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Desember 2012 lalu. 

"Dia memang sering mengingatkan kalau sebut Demokrat, jangan sebut partainya tapi sebut oknumnya saja. Lalu, dia bilang, Presiden itu orang baik, tapi lingkungannya bisa saja. Dia hanya mengingatkan itu, bukan memaksakan karena dia masih peduli sama partainya," ujar Rizal kepada Kompas.com, pekan lalu, saat dijumpai di kantor Freedom Institute, Jakarta.

Sejak Andi ditetapkan sebagai tersangka kasus Hambalang, Rizal mulai mengumpulkan data dan fakta soal proyek Hambalang bersama tim Elang Hitam. Setelah selama satu bulan melakukan investigasi, menurut Rizal, ada keterkaitan petinggi Demokrat seperti Anas Urbaningrum dan Muchayat. Rizal juga mengungkapkan adanya pertemuan antara Anas Urbaningrum, M Nazaruddin, dan Menteri Keuangan Agus Martowardoyo di Hotel Ritz Carlton. Pertemuan itu disebutnya sebagai kesepakatan untuk merekayasa kasus Hambalang. Tak ayal, manuver yang dilakukan Rizal ini membuat gerah Partai Demokrat yang menilai Rizal memolitisasi kasus Hambalang dengan menjatuhkan Demokrat. Latar belakang Rizal yang berasal dari Partai Golkar pun dicurigai kubu Demokrat. Rizal berdalih, langkahnya bersama tim Elang Hitam selalu mendapat restu dari Andi Mallarangeng.

"Setiap kami mau presentasikan di hadapan publik, kami juga minta persetujuan Andi. Dia selalu mendukung, yang dia ingatkan hanya itu saja," ucap Rizal.

Rizal mengakui, kritikan terhadap tim Elang Hitam tak akan bisa dihilangkan. Namun, ia tetap akan terus bergerak menguak kasus ini. "Orang Demokrat kritik terus kiri dan kanan, kami enggak takut tuh, karena tujuannya supaya masyarakat belajar dari kasus Hambalang. Karena ini melibatkan BUMN, ini bisa jadi momentum untuk cek kontrol mereka. Jangan-jangan permainannya memang mark up gila-gilaan sepeti ini," ujar Direktur Eksekutif Freedom Institute itu.

Salah seorang anggota Tim Elang Hitam, Ria Yusnita juga mengaku tidak ada intervensi dari pihak mana pun, termasuk Partai Golkar dalam proses penelusuran yang dilakukan tim ini. "Walaupun Bang Celi Golkar, tapi kami sama sekali tidak mendapat tekanan dari pihak sana. Kami bekerja apa adanya berawal dari audit BPK, setelah itu kami melakukan wawancara dan proses penghimpunan informasi," ujarnya.






Editor :


Inggried Dwi Wedhaswary









11:12 AM | 0 komentar | Read More

Rangkaian Acara APEC Dimulai Hari Ini


JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia kembali memegang tongkat kepemimpinan APEC pada 2013 setelah menjadi ketua dan tuan rumah APEC pada 1994 yang melahirkan Bogor Goals. Awal tahun 2013 ini, tepatnya hari ini, Jumat (25/1/2013) hingga 7 Februari 2013, Indonesia akan secara resmi mengawali masa sebagai ketua di APEC 2013.


Jakarta akan menjadi tuan rumah pertemuan APEC Indonesia 2013 pertama, yaitu First Senior Officials Meeting (SOM 1). SOM 1 APEC ini rencananya akan membahas kegiatan APEC ke depan di bawah tema serta prioritas APEC Indonesia 2013.


Tema APEC Indonesia 2013 adalah "Resilient Asia Pacific, Engine of Global Growth". Tema ini menjawab tantangan situasi dunia yang tengah berada dalam pengaruh krisis keuangan dan ekonomi serta tentunya mendukung kepentingan nasional Indonesia.


Total perdagangan Indonesia di tahun 1989 ke seluruh ekonomi anggota APEC adalah 29,9 miliar dollar, sekitar 78 persen dari total perdagangan Indonesia ke seluruh dunia. Pada ekspor Indonesia ke seluruh ekonomi anggota APEC mencapai 289,3 miliar dollar, sekitar 75 persen dari total perdagangan Indonesia ke seluruh dunia.


Dengan demikian, telah terjadi peningkatan hampir 10 kali lipat, dari tahun 1989 ke tahun 2011, atau 22 tahun terakhir. Nilai investasi dari ekonomi APEC ke Indonesia pada tahun 2010 berjumlah 9,26 miliar dollar dan meningkat pada tahun 2011 menjadi 10,7 miliar dollar.


Selain itu, pada tahun 2011, 10 dari 20 anggota ekonomi APEC termasuk dalam 20 investor terbesar Indonesia. SOM 1 APEC 2013 akan terdiri dari 44 pertemuan dari 26 subfora dan komite APEC.


Di antara pertemuan tersebut, Indonesia akan menjadi ketua untuk pertemuan-pertemuan Anti-Corruption and Transparency Working Group (ACTWG), Policy Partnership on Food Security (PPFS), dan Counter-Terrorism Task Force (CT TF).


APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) yang didirikan pada tahun 1989 adalah forum kerja sama ekonomi kawasan Pacific-Rim dengan 21 anggota ekonomi. Anggota ekonomi APEC adalah Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, China, Hongkong, Indones ia, Jepang, Republik Korea, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Papua Niugini, Peru, Filipina, Rusia, Singapura, China Taipei, Thailand, Amerika Serikat, dan Vietnam.






Editor :


Marcus Suprihadi









11:06 AM | 0 komentar | Read More

Banjir Jakarta Karena Alih Fungsi Lahan Kacau Balau

Written By Solution Anti Virus on Thursday, January 24, 2013 | 11:37 AM




Meneg LH:


Banjir Jakarta karena Alih Fungsi Lahan Kacau-balau





Penulis : Sonya Helen Sinombor | Kamis, 24 Januari 2013 | 11:11 WIB













SEMARANG, KOMPAS.com — Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya menilai, banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya antara lain karena alih fungsi lahan yang kacau-balau, yakni pengalihan fungsi lahan di bagian hulu yang tidak benar. Sementara di bagian hilir, pinggiran sungai-sungai dipenuhi kawasan permukiman.


"Jadi, perlu ada grand design untuk menangani masalah banjir di Jakarta. Orang-orang yang tinggal di pinggir sungai sulit sekali dipindahkan, kemudian pengalihan fungsi lahan di bagian hulu," paparnya di Semarang, Jawa Tengah, seusai menandatangani kesepakatan bersama dengan Undip Semarang, Rabu (23/1/2013).


Oleh karena itu, untuk mencegah banjir di Jakarta, ke depan perlu ada penyediaan daerah-daerah resapan air, terutama di bagian hulu. Namun, yang terpenting adalah pengawasan terhadap alih fungsi lahan di bagian hulu.


Kehadiran ruang terbuka hijau di Jakarta juga menjadi penting untuk mencegah bencana banjir di ibu kota negara Indonesia ini. "Di kota-kota 30 persen ruang terbuka hijau itu harus ada," paparnya.


"Penanganan Ciliwung harus dari hulu hingga ke hilir. Saat ini bahkan sedang dirintis kerja sama antara Indonesia dan Korea untuk merestorasi air di Jakarta, yang dimulai dengan penataan di kawasan Masjid Istiqlal Jakarta," katanya.






Editor :


Marcus Suprihadi















11:37 AM | 0 komentar | Read More

900 Atlet Ikuti Kejuaraan Atletik Piala Panglima TNI


BANDUNG, KOMPAS.com — Sekitar 900 atlet mengikuti Kejuaraan Atletik dan Cross Country Piala Panglima TNI tahun 2013 di Lapangan Krida Wiradhika Secapa AD, Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/1/2013). Dibuka Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Marsdya TNI Daryatmo, kejuaraan ini berlangsung sampai Jumat besok.


Dalam siaran pers yang dikeluarkan Pusat Penerangan TNI pagi ini dijelaskan, kejuaran ini dilaksanakan sebagai sarana evaluasi prestasi cabang olahraga atletik. Ini juga untuk persiapan atlet ke SEA Games 2013 di Myanmar dan menghadapi Multi Event World Military ke-6 tahun 2015 di Korea Selatan.


Peserta kejuaraan adalah para atlet dari Mabes TNI, Polri, 13 Kotama, Pengprov, Klub/PPLM, dan Pengcab. Pelaksanaannya selain di Lapangan Secapa AD Bandung, juga di Stadion Atletik Padjadjaran, Bandung. 


Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan Kasum TNI mengatakan, kejuaraan ini sebagai bagian dari pembinaan olahraga atletik nasional, yang didedikasikan pada dua tujuan utama, yaitu integrasi dan prestasi. Intergasi dan prestasi tersebut, kata Panglima TNI, merupakan kata kunci yang harus dipegang teguh para atlet dan para pembina dalam rangka membangun prestasi atletik dan cross country nasional untuk dapat tampil di event atletik internasional.


Lebih lanjut Panglima TNI berharap, para atlet mengikuti kejuaraan ini dengan sungguh-sungguh dan menjunjung tinggi sikap ksatria olahragawan sejati, yang memegang teguh jiwa dan semangat juang, motivasi, dan sportivitas dalam olahraga. Di samping itu, para atlet juga menjadikan kejuaraan ini sebagai wahana, uji kemampuan, ketangkasan, dan keterampilan, serta menempa diri dan membangun integrasi di kalangan atlet muda atletik dan cross country.


Keikutsertaannya ini juga sebagai bekal berharga dalam menghadapi persaingan dan meraih prestasi serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa di masa akan datang. Kejuaraan ini sendiri mempertandingkan nomor-nomor unggulan dalam atletik, antara lain 100 meter putra dan putri, 5.000 meter putra dan putri, estafet 4 x 100 meter putra dan putri, lompat jauh putra dan putri, lempar lembing putra dan putri, serta tolak peluru putra dan putri. 


Di akhir upacara, Kasum TNI, Ketua KONI Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, dan para perwira tinggi di lingkungan Mabes TNI dan angkatan, serta para pejabat Muspida Jawa Barat melaksanakan penanaman pohon bersama dan pelepasan burung merpati.







Editor :


Marcus Suprihadi









11:30 AM | 0 komentar | Read More

Perkumpulan Pencipta Lagu Dangdut Somasi MNC TV



Pernyataan AHCDI mengenai somasi ke MNC TV di kantor Wali Kota Jakarta, Rabu (23/1).

Pernyataan AHCDI mengenai somasi ke MNC TV di kantor Wali Kota Jakarta, Rabu (23/1). (sumber: Chairul Fikrie/ Beritasatu.com)



Dalam sebuah deskripsi program tayangan, MNC TV menuliskan,

Dalam sebuah deskripsi program tayangan, MNC TV menuliskan, "MNCTV sebagai satu-satunya stasiun teve yang secara konsisten, peduli pada perkembangan musik dangdut di tanah air, siap menyelenggarakan Malam Puncak MNCTV Dangdut Awards 2013." (sumber: MNC TV)





Selain MNC TV, Radio Dangdut Indonesia juga disomasi AHCDI

Jakarta -

Merasa tidak pernah dihargai oleh pihak MNC TV dan Radio Dangdut Indonesia membuat para pencipta lagu yang diwadahi Asosiasi Hak Cipta Dangdut Indonesia (AHCDI) mensomasi televisi dan radio milik MNC Group itu. Hal itu diumumkan pihak AHCDI melalui pernyataan sikapnya yang dibacakan oleh Ketua AHCDI Mara Karma Taib dalam acara ulang tahun Persatuan Artis Musik Melayu Indoesia (PAMMI) Jakarta di kantor Walikota Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (23/01) sore.

"Kami mengeluarkan pernyataan sikap mensomasi pihak MNC TV dan Radio Dangdut Indonesia karena mereka sama sekali tidak pernah membayarkan royalti kepada para pencipta lagu karena lagu mereka telah diputar dan disiarkan selama ini," ungkap Mara Karma.

Lebih lanjut Mara Karma menjelaskan, pihaknya hanya mengirimkan somasi ke MNC TV saja karena hanya stasiun itu saja yang khusus dangdut di Indonesia. "Kita menyomasi MNC TV dan Radio Dangdut Indonesia karena mereka yang terang-terangan sering memakai lagu dangdut. Jumlah yang belum dibayarkan yakni ribuan lagu dari hampir 300 pencipta lagu," ungkap Mara Karma.

Berikut pernyataan sikap yang dikeluar oleh AHCDI ;
1. Melarang pihak MNC TV dan Radio Dangdut Indonesia untuk memutar, menayangkan, dan menyiarkan lagu-lagu dangdut karya pencipta lagu yang tergabung dalam AHCDI sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta No. 19 tahun 2002 pasal 1 dan 72 sampai batas waktu yang belum ditentukan

2. Menuntut pihak MNC TV dan Radio Dangdut Indonesia untuk segera membayar royalti atas penggunaan lagu dangdut yang diputar, disiarkan, dan ditayangkan selama ini sesuai ketentuan yang berlaku.

3. Pelarangan atas pemutaran, penyiaran, dan atau penayangan lagu-lagu dangdut yang tergabung dalam AHCDI, berlaku sejak hal ini diumumkan.

11:21 AM | 0 komentar | Read More

Yusril: Saya Akan Lawan KPU!


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Syuro Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra menilai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) keras kepala dalam menghadapi gugatan sengketa pemilu yang dilayangkan 11 partai politik (parpol). Menurutnya, selama ini KPU bersikukuh tidak menerima bukti keberatan hasil verifikasi parpol peserta pemilu yang diajukan 11 parpol. Yusril mengancam akan membawa penyelesaian sengketa ini ke pengadilan jika tidak diindahkan KPU. Hal itu disampaikan Yusril dalam sidang perdana adjudikasi yang berlangsung di Badan Pengawas Pemilu, Jakarta, Rabu (23/1/2013).

"Kalau ini berlarut-larut, kami akan gugat ke pengadilan dan membatalkan SK nomor 5 tahun 2012. Maka, tidak satu pun partai yang lolos. Jadi otomatis tidak ada pemilu. Sebab, KPU selalu kukuh dalam menafsirkan UU, bukti-bukti sudah kami kemukakan tapi tidak mau terima," kata Yusril.

Menurut Yusril, KPU seharusnya berpegang teguh pada peraturan nomor 5 tahun 2012 tentang pengesahan peserta dan partai yang tidak lolos. Peraturan itu memuat parpol yang tidak lolos dapat mengajukan banding ke Bawaslu. Namun, lanjutnya, hingga kini tidak ada niat baik KPU untuk menghormati peraturannya tersebut. KPU, dinilainya, memandang remeh sidang ajudifikasi yang dilakukan Bawaslu.

"Keputusan Bawaslu itu mengikat. Sehingga, bilamana Bawaslu mengatakan 10 partai di tambah. Ya harus di tambah jadi 11, 12, dan selanjutnya. Jangan keras kepala dan tidak menghormati Bawaslu," katanya.

Selama ini, kata Yusril, KPU seolah-olah menyatakan 10 partai yang terdaftar pemilu 2014 itu sudah final. Sehingga, hasil tersebut tidak akan berubah lagi.

"Saya sedang siapkan gugatan guna meminta pengadilan membatalkan SK KPU yang meloloskan 10 partai ikut pemilu. Itu karena verifikasi yang dilakukan melanggar UU. Saya sudah menghimpun alat bukti dan saksi untuk membuktikan KPU melakukan kecurangan dalam verifikasi yang juga mengandung unsur penipuan," papar Yusril.

"Kalau SK yang meloloskan 10 partai dibatalkan pengadilan, maka jadwal Pemilu akan berantakan. Itu bukan salah saya. KPU yang bertanggung jawab, saya melakukan perlawanan yang sah dan konstitusional. Tak seorang pun secara hukum bisa menghentikan dan menghalangi perlawanan yang saya lakukan," ujarnya.

Seperti diberitakan, 17 parpol yang tidak lolos pemilu 2014 mengajukan sengketa ke Bawaslu. Setelah data diverifikasi, hanya 11 parpol yang layak untuk mengajukan sengketa pemilu. Kesebelas parpol itu adalah:

1. Partai Damai Sejahtera;
2. Partai Bulan Bintang;
3. Partai Kebangkitan Nadhatul Ulama;
4. Partai Serikat Rakyat Independen;
5. Partai Kongres;
6. Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia;
7. Partai Demokrasi Kebangsaan;
8. Partai Nasional Republik;
9. Partai Karya Republik;
10. Partai Kebangkitan Bangsa Indonesia Baru;
11. Partai Keadilan Persatuan Indonesia.






Editor :


Inggried Dwi Wedhaswary









11:12 AM | 0 komentar | Read More

SOHO Group Siapkan Pabrik Baru




Investasi


SOHO Group Siapkan Pabrik Baru





Penulis : Josephus Primus | Rabu, 23 Januari 2013 | 21:34 WIB











Foto:





KOMPAS.com - Perusahaan farmasi SOHO Group menyiapkan pabrik baru di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat di atas tanah seluas 20 hektare. "Pabrik ini untuk menambah kapasitas pabrik lama di kawasan Pulo Gadung,"kata CEO SOHO Group Marcus Pitt pada Rabu (23/1/2013) saat peletakan batu pertama pembangunan pabrik tersebut.

Menurut rencana, pabrik tersebut bakal berdiri di lahan seluas 20 hektare. Marcus mengatakan pada tahap pertama pihaknya akan membangun fasilitas untuk produk Active Pharmaceutical Ingredients (API) di atas lahan 4,3 hektare. Salah satu yang termasuk di dalam pembangunan tersebut adalah pengembangan produk steril seperti obat injeksi.

Membenamkan investasi senilai 30 juta dollar AS, pihak SOHO menargetkan pabrik akan kelar dan beroperasi dua tahun ke depan.

Marcus menambahkan pihaknya memang membidik pasar farmasi nasional yang bakal tumbuh hingga 14 persen sampai dengan akhir 2013. Menurut data termutakhir Kementerian Kesehatan, angka pertumbuhan itu membuat nilai pasar farmasi Tanah Air berada di posisi Rp 49 triliun.




















11:06 AM | 0 komentar | Read More

Aksi Bank BRI untuk Banjir Jakarta

Written By Solution Anti Virus on Wednesday, January 23, 2013 | 11:37 AM


Jakarta, Kompas.com - Curah hujan yang tinggi Januari 2013 ini membuat banjir melanda Jakarta dan sekitarnya. Kurang lebih delapan persen wilayah Jakarta atau seluas 41 kilometer persegi tak bisa mengelak dari terjangan banjir. Jakarta yang biasanya tak pernah berhenti berdenyut pun sempat sejenak lumpuh.

Selama hampir sepekan, Jakarta terendam banjir. Bencana ini berdampak besar bagi warga Jakarta. Mandeknya kegiatan perekonomian, hancurnya infrastruktur, dan hilangnya nyawa adalah persoalan utama banjir. Air yang meninggi hingga masuk kerumah-rumah pun membuat aktivitas warga terhambat. Sebagian kemudian rela mengungsi dan sebagian dengan berbagai pertimbangan tetap tinggal di rumah yang tergenang.

Terkait banjir Jakarta ini, Bank BRI secara sigap menyediakan dan menyumbangkan enam perahu karet ke beberapa lokasi yang kerap dan rawan dilanda banjir antara lain Pluit, Kampung Pulo,  Bendungan Hilir, Cipulir, Ciledug, dan Daan Mogot. Bantuan perahu karet ini bertujuan memberikan bantuan bagi Tim SAR untuk memberikan pertolongan bagi korban banjir. Secara simbolis perahu karet tersebut diserahkan oleh Kabiro Direksi Bank BRI Hari Siaga Amijarso dan diterima oleh Lurah Bendungan Hilir Suprayogi.

Tak hanya itu, bekerjasama dengan unit kerjanya, Bank BRI juga mendistribusikan makanan, selimut,  obat-obatan, perlengkapan anak-anak, dan pakaian wanita. Tercatat kantor cabang yang turun langsung memberikan bantuan bekerjasama dengan posko bantuan masyarakat setempat antara lain Kantor Cabang Otista, Pasar Minggu, Kalibata, Bendungan Hilir, Jelambar, Roxy, Kalideres, Daan Mogot, danTangerang. Bekerjasama dengan Yayasan Baitul Mal BRI, kegiatan serupa dilaksanakan di beberapa daerah antara lain Penjaringan, Tegal Alur, Cawang, Bukit Duri, Pesanggarahan, Bendungan Hilir, Karet Tengsin, dan Grogol.

Kepedulian Bank BRI bukan hanya kepada korban banjir, tetapi juga para petugas penjaga pintu air yang berada di Katulampa Bogor, Manggarai, Depok, Pesanggrahan, dan Karet Petamburan. Bertempat di Pintu Air Manggarai, para petugas pintu air ini mendapat bantuan dari Bank BRI berupa sembako, senter, jaket hujan, dan uang tunai. Bantuan ini diserahkan oleh Corporate Secretary Bank BRI, Muhamad Ali. Selain itu melalui Pemda DKI Jakarta, Bank BRI menyerahkan 3.000 selimut untuk diteruskan kepada para korban banjir di Jakarta.

Khusus untuk nasabahnya, guna memudahkan akses transaksi perbankan, nasabah unit kerja Bank BRI yang terkena bencana banjir dapat tetap melakukan transaksi di unit kerja Bank BRI terdekat yang beroperasi.Para nasabah juga dapat melakukan transaksi e-channel BRI, yaitu di ATM, EDC, CDM, internet banking, dan SMS banking. Apabila ada keluhan dan pengaduan terkait pelayanan BANK BRI, nasabah pun pun dapat segera melaporkannya ke Call BRI 14017.[*/NOV]













11:37 AM | 0 komentar | Read More

Ronaldinho Kembali Perkuat Samba


RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com — Setelah terpilih kembali melatih tim samba, Brasil, Felipe Scolari mulai memanggil sejumlah pemain untuk bergabung ke dalam skuad menjelang Piala Dunia 2014, Selasa (22/1/2013).


Scolari memanggil kembali dua pemain beken, yakni Ronaldinho dan penjaga gawang Julio Cesar. Scolari, yang sebelumnya pernah membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 2002 dan kembali melatih tim Brasil sejak November lalu, tidak memasukkan Kaka dan memberikan kesempatan itu kepada striker Luis Fabiano untuk tampil pada pertandingan persahabatan melawan Inggris pada bulan depan.


Dalam pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Wembley, 6 Februari tersebut, Scolari juga memasukkan pemain tengah Lazio, Hernanes, yang sempat diabaikan oleh pelatih Brasil sebelumnya, Mano Menezes.


Scolari setidaknya masih memiliki waktu lebih kurang 18 bulan untuk membentuk tim yang diharapkan bisa mempersembahkan gelar Piala Dunia keenam bagi Brasil yang pada Piala Dunia 2014 menjadi tuan rumah.



Daftar pemain yang masuk dalam skuad Felipe Scolari.


Kiper:  Julio Cesar (Queens Park Rangers), Diego Alves (Valencia)


Pemain belakang: Daniel Alves ( Barcelona), Adriano (Barcelona), David Luiz (Chelsea), Dante (Bayern Muenchen), Leonardo Castan (AS Roma), Miranda (Atletico Madrid), Filipe Luis (Atletico Madrid).


Pemain Tengah: Ramires (Chelsea), Arouca (Santos), Paulinho (Corinthians), Hernanes (Lazio), Oscar (Chelsea), Ronaldinho (Atletico Mineiro)


Penyerang: Hulk (Zenit St Petersburg), Neymar (Santos), Lucas (Paris Saint-Germain), Fred (Fluminense), Luis Fabiano (Sao Paulo).







Editor :


Tjahja Gunawan Diredja









11:30 AM | 0 komentar | Read More

Pasca Melahirkan, Ben Kasyafani Tak Batasi Aktivitas Marshanda


Marshanda dan Ben.

Marshanda dan Ben. (sumber: Teddy Kurniawan/ Beritasatu.com)




Marshanda masih disibukkan dengan aktivitas pekerjaan, kuliah dan syuting.

Jakarta - Dengan lahirnya putri pertama mereka, Ben Kasyafani dan Marshanda sepakat untuk tetap dapat menjalankan aktivitasnya tanpa meninggalkan tanggung jawab sebagai orang tua.

"Enggak akan ngebatasin. Sekarang Chacha masih ada kerjaan, kuliah, syuting. Tapi dia sudah komit sama anak tidak lepas, kalau bisa dibawa, akan dibawa-bawa," terang Ben ketika ditemui di RSIA Bunda Jakarta, kawasan Menteng hari Selasa (22/1) malam.

Pasangan ini juga sepakat untuk menggunakan jasa baby sitter guna memudahkan Marshanda dalam merawat sang buah hati.

"Bukan babysitter profesional, cuma buat bantu Chacha urus bayi," sambung Ben.

Mantan VJ MTV ini juga tak lupa untuk mendoakan anaknya agar menjadi pribadi yang solehah, baik serta rajin beribadah.

"Mengajak orang tuanya masuk surga, sehat, dan enggak menghadapi cobaan yang berat," tutupnya.

11:21 AM | 0 komentar | Read More

Modal Besar Hary Tanoe Memikat Banyak Parpol


JAKARTA, KOMPAS.com — Bos MNC Grup, Hary Tanoesoedibjo, menjadi rebutan partai-partai politik setelah hengkang dari Partai Nasdem. Banyaknya parpol yang mulai mendekati Hary Tanoe ini tak lepas dari faktor modal besar yang dimiliki pengusaha media tersebut.


"Hary Tanoe menjadi rebutan partai-partai mengingat kekuatan finansial yang dia miliki dan kuatnya jaringan atau pengaruh media miliknya," ujar pengamat politik dari Pol-Track Institute, Hanta Yudha AR, Rabu (23/1/2013), di Jakarta.


Sistem pemilihan yang berbiaya tinggi yang terjadi saat ini, lanjutnya, memaksa partai politik harus menyiapkan dana politik yang cukup besar pada pemilu mendatang. Hal ini pula yang menjadi motif Partai Nasdem merekrut Hary Tanoe dulu. "Sebagai patron pendiri partai, Surya Paloh tidak cukup kuat membiayai partai sehingga membutuhkan mitra baru yang memiliki kekuatan finansial dan jaringan media yang sangat kuat, yaitu Hary Tanoe," ucap Hanta.


Dengan kelebihan yang dimiliki Hary Tanoe itu, wajar bila banyak partai politik yang mulai mendekatinya. Sebut saja Partai Golkar yang mengaku sudah menjalin komunikasi baik dengan Hary Tanoe.


Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Nurul Arifin mengaku Ketua Umum partainya Aburizal "Ical" Bakrie sudah berkomunikasi dengan Hary Tanoe. "(Hary Tanoe) sudah BBM-an dengan Pak Ketum," ucap Nurul.


Hal yang sama juga diutarakan anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Martin Hutabarat. "Kalau Hary Tanoe berminat untuk ikut ke Gerindra, kita pertimbangkan," ucapnya.


Tidak hanya partai-partai berhaluan nasionalis, partai benapaskan Islam bahkan juga mulai ikut-ikutan menyatakan diri siap menampung Hary Tanoe, seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). PKB yang tengah terseok dalam berbagai survei ini bahkan sudah mengajak Hary Tanoe bergabung melalui pernyataan terbuka yang dibuat Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.


"Kalau Hary Tanoe mau keluar dari Nasdem, masuk PKB saja," ujar Muhaimin di Jakarta, Senin (21/1/2013).


Menurut Muhaimin, tawaran itu bukanlah candaan semata, melainkan pernyataan serius. Bahkan, Muhaimin mengatakan Hary Tanoe akan ditawari posisi dewan pakar di partai besutan Gus Dur itu. "Ini serius. Kami siap untuk menampung. Nanti kami jadikan dewan pakar partai," tandas Muhaimin.


Hary Tanoe cawapres?


Hanta mengatakan, Hary Tanoe bisa mengangkat elektabilitas partai politik mana pun lantaran Hary berasal dari kalangan Tionghoa. Hal ini menambah daya pikat Hary. Ia melihat ada dua parpol yang kemungkinan akan terbantu elektabilitasnya jika Hary Tanoe masuk, yakni Partai Gerindra dan Partai Hanura.


"Kalau masuk Gerindra, akan ada deal Prabowo-Hary Tanoe di 2014, tampaknya Harya Tanoe pasti mau, atau ke Hanura dia berpotensi membawa tiket capres/cawapres Hanura mengingat elektabilitas figur Wiranto tidak terlalu kuat lagi," kata Hanta.


Meski menjadi rebutan banyak pihak, Hanta menilai perlunya tokoh karismatik di dalam parpol untuk meredam faksi yang kemungkinan akan timbul jika Hary Tanoe bergabung. Ancaman konflik internal ini pun sudah terjadi di Partai Nasdem.


"Hary Tanoe pasti memiliki agenda untuk memperkuat pengaruh politiknya di pusaran struktur kekuasaan partai. Terbukti Nasdem ternyata tidak memiliki pemimpin karismatik yang memiliki pengaruh kuat sekaligus canggih dalam mengelola faksionalisme dan hal itu tidak ada pada Surya Paloh sebagai figur sentral di Nasdem," ucap Hanta.


Berita terkait dapat diikuti dalam topik:
Partai Nasdem Pecah
Geliat Politik Jelang 2014












11:12 AM | 0 komentar | Read More

Lemak Alkohol Bebas Tuduhan Dumping dari UE




Persaingan Dagang


Lemak Alkohol Bebas Tuduhan Dumping dari UE





Penulis : Eny Prihtiyani | Rabu, 23 Januari 2013 | 10:10 WIB











JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Eropa telah merevisi Implementing Regulation No.1138/2011 dengan Council Implementing Regulation No. 1241/2012 tertanggal 11 Desember 2012 terkait pengenaan Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) dan pemungutan BMAD kasus antidumping terhadap produk Fatty Alcohol (FOH) atau lemak alkohol yang antara lain berasal dari Indonesia.


Di dalam perubahan tersebut, disampaikan bahwa PT Ecogreen Oleochemicals tidak dikenakan BMAD, sedangkan perusahaan Indonesia lainnya dikenakan BMAD sebesar 45,63 euro per ton.


Hal ini diumumkan secara resmi oleh Komisi Eropa pada tanggal 21 Desember 2012 lalu. Demikian diungkapkan oleh Ketua Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) Bachrul Chairi, di Jakarta, Rabu (23/1/2013).


Penyelidikan dumping terhadap produk FOH asal Indonesia dimulai pada tanggal 13 Agustus 2010. Kemudian tanggal 11 November 2011, Komisi Eropa  menetapkan pengenaan BMAD terhadap produk FOH dengan besaran antara 45,63 euro per metrik ton-80,34 euro per metrik ton.


"Keputusan pengenaan BMAD tersebut dinilai tidak konsisten dengan Peraturan Komisi Eropa (KE) No.1225/2009. Dalam hal ini, KE tidak konsisten dengan jurisprudensi yang ada dalam penentuan margin dumping yang terkait isu single economic entity," ujar Bachrul.


Atas keputusan tersebut, perusahaan Indonesia melakukan upaya hukum dengan mengajukan gugatan ke European Court of Justice (ECJ) pada awal Januari 2012.


Upaya lain yang dilakukan ialah mengajukan kasus ini di forum Badan Penyelesaian Sengketa (Dispute Settlement Body/DSB) WTO.








Editor :


Tjahja Gunawan Diredja
















11:06 AM | 0 komentar | Read More

Transportasi Integrasi Transjakarta Akan Diperluas

Written By Solution Anti Virus on Tuesday, January 22, 2013 | 11:37 AM




Angkutan Massal


Transportasi Integrasi Transjakarta Akan Diperluas





Penulis : Andy Riza Hidayat | Selasa, 22 Januari 2013 | 11:19 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com — Hari Selasa (22/1/2013) ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meresmikan integrasi bus sedang dengan transjakarta.


Integrasi diawali di jalur Ragunan-Grogol dan Lebak Bulus-Senen dengan mengoperasikan 40 bus. Ke depan integrasi akan dikembangkan dengan melibatkan armada lebih banyak.


"Maret ini kami akan tambah 60 bus sedang. Akhir tahun ini kami akan buat payung manajemen di bawah PPD (Perusahaan Pengangkutan Djakarta). Manajemen dalam satu payung ini memudahkan kontrol, perbaikan gaji, dan menjaga kondisi armada," tutur Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), Selasa (22/1/2013) di Lapangan Monumen Nasional Jakarta.


Jokowi menegaskan selama integrasi transjakarta berjalan, kepemilikan bus tidak berubah. Pemilik tetap tidak kehilangan kendaraan yang dioperasikan sebelumnya.


"Tahun ini saya ingatkan akan ada penambahan 1.000 bus. Semua akan diintegrasikan," tutur Jokowi.


Integrasi juga akan dilakukan pada kereta bandara yang segera dibangun. Jika monorel sudah terbangun, moda angkutan massal ini akan ikut diintegrasikan.


"Memang sementara ini, integrasi belum sampai pada manajemen. Ini tahap awal yang nanti akan terus dibenahi sampai pada tingkat manajemen," tuturnya.


















11:37 AM | 0 komentar | Read More

Li Na Maju ke Semifinal



Australia Terbuka


Li Na Maju ke Semifinal





Penulis : Emilius Caesar Alexey | Selasa, 22 Januari 2013 | 10:39 WIB













MELBOURNE, KOMPAS.com — Petenis China Li Na berhasil membalas dendam atas kekalahan di turnamen Sydney International, dua pekan lalu. Di perempat final Australia Terbuka, Selasa (22/1/2013) di Melbourne, Li Na mengandaskan Agnieszka Radwanska dengan skor 7-5 dan 6-3 untuk maju ke semifinal.


Kemenangan Li Na ini mengakhiri pencapaian Radwanska yang belum terkalahkan dalam 13 pertandingan terakhir sejak awal 2013. Li Na juga bersiap mengulang prestasi tahun 2011 saat menembus final Australia Terbuka.


Pertarungan ketat terjadi pada set pertama. Kedua pemain menggunakan semua kemampuan untuk saling mengalahkan. Servis keras, penempatan yang akurat, dan pukulan-pukulan yang mengecoh digunakan sehingga terjadi kejar-mengejar angka. Namun, Li Na masih dapat memenangi set pertama dengan skor 7-5.


Pada set kedua, stamina dan konsentrasi Radwanska mulai menurun sehingga banyak melakukan kesalahan sendiri. Hal itu dimanfaatkan Lina untuk terus mengumpulkan angka dan maju ke semifinal setelah menang dengan skor 6-3.



















11:30 AM | 0 komentar | Read More

VIDEO: Beyonce dan Kelly Clarkson Bernyanyi di Upacara Pelantikan Obama


Beyonce menyanyikan National Anthem pada upacara Inagurasi Presiden Obama

Beyonce menyanyikan National Anthem pada upacara Inagurasi Presiden Obama (sumber: YouTube)




Senin, 21 Januari 2013, waktu setempat, Beyonce, Kelly Clarkson dan James Taylor memeriahkan perayaan pengangkatan kembali Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat untuk yang kedua kalinya.

Pada acara tersebut, Beyonce menyanyikan National Anthem, sedangkan Kelly Clarkson menyanyikan lagu "My Country, 'Tis of Thee". Selain dua diva tersebut, musisi lain yang juga tampil dalam acara 21 Januari tersebut adalah penyanyi country terkenal James Taylor. Dia akan menyanyikan lagu "America the Beautiful".

Sebagaimana dilansir dalam ​Ghiboo.com, sebenarnya ini bukanlah kali pertama Beyonce dan James Taylor tampil dalam acara inagurasi Obama sebagai presiden Amerika Serikat, karena tepat 4 tahun lalu (2009), Beyonce dan James Taylor juga pernah bernyanyi saat presiden berkulit hitam pertama di Amerika Serikat itu terpilih untuk yang pertama kalinya.

Berikut adalah video Beyonce, Kelly Clarkson dan James Taylor pada acara pelantikan presiden Amerika Serikat ke 57, Barrack Obama.

11:21 AM | 0 komentar | Read More

KPK: Tak Ada Pengunduran Diri Penyidik





KPK: Tak Ada Pengunduran Diri Penyidik





Penulis : Khaerudin | Senin, 21 Januari 2013 | 23:15 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi membantah ada pengunduran diri penyidiknya. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto menyatakan, yang ada adalah seorang penyidik telah habis masa tugasnya dan tak diperpanjang lagi. Penyidik yang telah habis masa tugasnya adalah Syamsul Huda yang telah menjalankan masa bekerjanya di KPK selama empat tahun.


"Kolega Syamsul bukan mundur, melainkan habis masa tugasnya atau dan tidak mau diperpanjang," kata Bambang kepada Kompas di Jakarta, Senin (21/1/2013) malam.


Bambang mengatakan, KPK sangat menghormati pilihan Syamsul untuk tak memperpanjang masa tugasnya. Bambang memastikan tak ada pekerjaan yang terganggu dengan habisnya masa tugas Syamsul. "Penyidik KPK lainnya, baik yang alih fungsi, penyidik internal KPK, maupun yang berasal dari instansi kepolisian, masih semangat menjalankan tugas dan kewajibannya," ujarnya.


















11:12 AM | 0 komentar | Read More

BI: E-ticketing TransJakarta Dukung Cashless Society


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah provinsi DKI Jakarta akhirnya menggandeng lima bank untuk menyediakan kartu prabayar tiket Transjakarta. Ini akan memudahkan sistem pembayaran di loket TransJakarta. Kelima bank tersebut adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank DKI.


Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas mengatakan, kartu prabayar ini sudah digagas sejak lima bulan lalu. Ini akan memudahkan masyarakat dalam pembayaran tiket transportasi di Jakarta.


"Penggunaan kartu prabayar ini juga dilakukan untuk mendukung cashless society," kata Ronald saat peluncuran di Lapangan Monas Jakarta, Selasa (22/1/2013).


Sementara Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo menyebutkan, pihaknya menyediakan beberapa jenis kartu prabayar yang dapat digunakan untuk tiket TransJakarta. Kartu tersebut adalah kartu prepaid BNI generik, BNI prepaid maupun kartu lainnya yang merupakan hasil kerjasama dengan partner BNI.


Kartu kerjasama partner itu adalah kartu intermoda (kartu prepaid untuk bus TransJogja dan Bus batik Solo yang bekerjasama dengan BRI, BCA dan Kereta Api Prambanan Ekspres), RailCard (kartu prepaid untuk pembelian tiket kereta api eksekutif), Mekarsari (Taman Buah) dan lainnya.


"Kartu lainnya yang bisa digunakan adalah Kartu Aku, Chelsea dan Java Jazz Festival," kata Gatot.


Presiden Direktur BCA Jahja Setiaadmadja menyatakan, komitmen kerjasama ini merupakan komitmen perbankan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung peningkatan layanan di sektor transportasi massal.


"Ini akan memberikan kemudahan pembayaran bagi penggina TransJakarta," kata Jahja.


Adapun Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi menjelaskan, penerapan e-ticketing ini merupakan upaya peningkatan pelayanan pengguna TransJakarta. Pihaknya menyediakan kartu prabayar bernama e-money.


"Ini akan memberikan kenyamanan dalam menggunakan transportasi umum," kata Riswinandi.


Sedangkan Direktur Utama BRI Sofyan Basir mengatakan, pihaknya menyediakan kartu prabayar Brizzi. Kartu tersebut juga bisa digunakan untuk berbagai merchant seperti supermarket, minimarket, foodcourt, SPBU, jasa transportasi dan merchant-merchant lainnya.


Direktur Utama Bank DKI Eko Budiwiyono menambahkan pihaknya menyediakan kartu prabayar JakCard. Kartu ini sudah diimplementasikan di koridor 1-8. Layanan etickting ini akan diujicoba untuk koridor 1 Blok M-Kota. Sedangkan koridor lainnya baru dimulai bulan Februari-April 2013.


Sementara untuk penjualan kartu post-launching akan dilakukan di 13 shelter, yakni Blok M, Dukuh Atas, Sarinah, Harmoni, Kota, Pulogadung, Arion, Utan Kayu, Manggarai, Ragunan, GOR Sumantri, Mampang dan Kuningan Barat.


"Kerjasama ini akan dilanjutkan dengan menggunakan e-ticketing di sarana transportasi lainnya yaitu kereta api, kopaja hingga monorel nanti," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.






Editor :


Erlangga Djumena









11:06 AM | 0 komentar | Read More

Stasiun Besar Bogor Didemo

Written By Solution Anti Virus on Monday, January 21, 2013 | 11:37 AM




Penertiban


Stasiun Besar Bogor Didemo





Penulis : Antony Lee | Senin, 21 Januari 2013 | 11:13 WIB













BOGOR, KOMPAS.com- Belasan mahasiswa dan pedagang kaki lima berunjuk rasa di depan Stasiun Besar Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (21/1/2013) pagi. Mereka mempertanyakan kelanjutan nasib pedagang kaki lima yang tidak lagi bisa berjualan.


Unjuk rasa tersebut dikawal pengamanan petugas Kepolisian Sektor  Bogor Tengah dan Kepolisian Resor Bogor. Perwakilan pengelola Stasiun Besar Bogor mengajak perwakilan mahasiswa untuk berdialog di dalam gedung stasiun, tetapi mahasiswa mendesak kepala stasiun keluar menemui mereka.


"Ini sudah dua minggu mereka tidak bisa berjualan. Bagaimana nasib mereka," kata Maulana, koordinator pengunjuk rasa.







Editor :


Marcus Suprihadi















11:37 AM | 0 komentar | Read More

Garuda Selalu Menang di Seri Jakarta



Speedy NBL Indonesia


Garuda Selalu Menang di Seri Jakarta





Penulis : Emilius Caesar Alexey | Senin, 21 Januari 2013 | 08:45 WIB













Didit Putra Erlangga Rahardjo/KOMPAS


Ilustrasi.




TERKAIT:





JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Kukar Bandung menutup seri kedua Speedy NBL Indonesia 2012-2013 dengan pretasi tidak terkalahkan.


Dalam menghadapi Hangtuah Sumsel IM di Hall A Senayan, Minggu (20/1/2013) para pemain Garuda berhasil bermain tenang dan selalu keluar dari tekanan dengan baik dan menang dengan skor 54-45.            


Serangan-serangan tajam Garuda datang dari para pemain pengganti. Salah satunya adalah Chandistira Pranatyo yang hanya bermain selama kurang dari empat menit.


Lima poin dari Pranatyo dan masing-masing empat poin dari Vinton Nolland dan Hendru Ramli menjadi bagian dari keunggulan 19-13 Garuda di kuarter pertama.            


Hendru dan Vinton masih menjadi andalan Garuda di kuarter kedua. Berbeda dengan lawannya, Hangtuah mendulang angka dari kerja sama yang merata.


Aguy Sigar, Adhi Pratama, dan Ngurah Teguh bergantian menusuk Garuda dari berbagai posisi. Cara ini efektif membawa Hangtuah unggul 11-10 di kuarter kedua.            


Akurasi Garuda menurun hingga hanya 25 persen di kuarter ketiga. Pertahanan Hangtuah menguat mengantisipasi pergerakan Vinton dan Fadlan Minallah yang sangat kuat di paint area.


Saat menyerang, tembakan-tembakan medium dan penetrasi Hangtuah perkasa dan sulit diantisipasi Garuda. Hangtuah mendekat dan hanya tertinggal satu angka, 38-37 saat kuarter ketiga selesai.            


Serangan balik dan kekuatan para pemain jangkung menjadi andalan Garuda untuk mengklaim kembali pertandingan. Vinton dan Hendru menjadi pencetak angka terbanyak bagi Garuda. Vinton 13 poin dan Hendru 11 poin. Pada kubu Hangtuah, Aguy dan Adhi mencetak poin terbanyak dengan masing-masing 11 poin.






Editor :


Tjahja Gunawan Diredja
















11:30 AM | 0 komentar | Read More

Kevin Aprilio Lirik Bisnis Online dan Properti


Kevin Aprilio bersama para personel Princess

Kevin Aprilio bersama para personel Princess (sumber: Yanuar Rahman/Beritasatu.com)




Setelah berhasil menjalani bisnis manajemen artis dan label rekaman, kini Kevin Aprilio ingin menggeluti bisnis online dan properti.

Mengikuti jejak sang ibu, Kevin Aprilio juga tengah serius menggeluti bidang bisnis disamping kariernya di dunia musik.

Setelah berhasil mengembangkan kemampuannya menjalankan manajemen artis dan label rekaman Aprilio Kingdom, Kevin kini tengah melirik bisnis online.

"Aku lagi belajar, mau jalanin bisnis online game dan properti. Semuanya fokus," ucapnya saat ditemui bersama ayah dan ibunya di kawasan Gandaria hari ini.

Berbeda dengan sang ibu yang memilih bisnis kuliner dan salon kecantikan yang membutuhkan kesabaran untuk meraih keuntungan di masa mendatang.

"Aku tipe pebisnis yang pengin cepet dapetnya (keuntungan). High risk tapi high gain," sambungnya.

Pemuda kelahiran Jakarta tanggal 7 April 22 tahun silam itu merasa beruntung memiliki orang tua yang mampu mengakomodir dan mendukung keinginannya tersebut.

"Saya cocoknya sama Kevin kalau ngomongin bisnis. Kalau sama anak kedua lebih cocok ngomongin lagu-lagu yang cocok saya bawakan di masa kini," papar Memes.

11:21 AM | 0 komentar | Read More

39 Bulan Pemerintahan SBY: Harapan Mengecil, Apresiasi Pun Menurun


Sultani


Apresiasi publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara keseluruhan kian merosot. Meski penilaian terhadap sosok Presiden masih relatif bertahan, persepsi publik atas penegakan hukum, kesejahteraan rakyat, stabilitas politik, dan pemulihan ekonomi nasional terus turun.


Hasil jajak pendapat triwulanan pada usia 39 bulan pemerintahan SBY mengungkap gambaran ketidakpuasan publik terhadap kinerja pemerintah yang merosot kian dalam. Apresiasi publik terhadap kinerja pemerintah dalam penegakan hukum merosot tajam. Hanya 20,8 persen responden yang mengapresiasi langkah-langkah penegakan hukum yang dilakukan Presiden. Angka ini merefleksikan apresiasi terendah selama tiga tahun SBY berkuasa.


Penegakan hukum yang berbelit-belit dan berujung tak memuaskan meninggalkan keraguan kepada publik tentang keseriusan pemerintah. Pengusutan kasus dugaan korupsi wisma atlet dan proyek kompleks olahraga di Hambalang, misalnya, menggambarkan ketidaktuntasan terpenuhinya rasa keadilan publik. Vonis terhadap terpidana koruptor kerap jauh dari tuntutan jaksa. Tak ayal jika penanganan kasus-kasus semacam itu dituding diintervensi oleh kepentingan tertentu.


Dalam bidang politik, apresiasi responden juga terlihat rendah. Hasil jajak pendapat menunjukkan, hanya 34,1 persen responden menjawab puas dengan kinerja pemerintah menjaga stabilitas politik negeri ini. Angka ini bertahan relatif rendah dibandingkan dengan rangkaian jajak pendapat periode sebelumnya. Padahal, stabilitas politik adalah salah satu modal paling kuat pada awal masa pemerintahan.


Hiruk-pikuk politik selama proses verifikasi partai politik peserta Pemilu 2014 yang ditengarai sarat dengan intervensi partai-partai besar—mayoritas merupakan pendukung pemerintah—telah menurunkan simpati publik kepada pemerintah.


Dalam kurun waktu yang sama, tingkat kepuasan responden terhadap kinerja SBY dalam memperbaiki kesejahteraan sosial juga terpuruk cukup dalam, yaitu 28,7 persen. Angka ini pun menunjukkan apresiasi yang rendah terhadap kinerja dalam membenahi masalah-masalah sosial.


Modal politik tergerus


SBY memenangi dua kali pemilihan presiden dengan dukungan 60 persen lebih suara pemilih. Ini memberikan legitimasi kekuasaan kepada SBY sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Inilah modal politik yang diberikan rakyat kepada SBY, yang dipandang sebagai sosok yang bisa membawa perubahan, setelah sekian lama negara ini terpuruk dalam krisis ekonomi dan kemelut politik.


Alih-alih mengeluarkan Indonesia dari krisis, gaya pemerintahan SBY yang akomodatif justru melahirkan kemelut politik baru yang berporos pada Presiden dengan partai politik baik yang berkoalisi maupun oposisi. Dari hasil jajak pendapat triwulanan sejak pertama kali SBY memerintah, apresiasi publik terhadap kinerja, citra, dan popularitas SBY terbilang tinggi. Simpati publik yang begitu tinggi terhadap sosok SBY membuat mereka mengabaikan kemelut politik di lingkar dalam kekuasaan Presiden yang mulai mengganggu jalannya pemerintahan.


Hasil jajak Kompas selama 60 bulan SBY berkuasa mengungkapkan, SBY berhasil menyelesaikan masa pemerintahannya dengan apresiasi publik yang terbilang tinggi. Meski muncul kemelut politik, persoalan ekonomi, hukum, dan sosial selama periode pertama SBY berkuasa, optimisme publik bahwa pemerintah mampu menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut tetap tinggi.


Awal sandungan adalah kemelut Komisi Pemberantasan Korupsi versus Kepolisian Negara RI (KPK vs Polri) dalam kasus ”Cicak vs Buaya”. Pasalnya, kasus tersebut mengungkap praktik korupsi yang melibatkan tokoh-tokoh penting dalam pemerintahan SBY. Simpati publik terhadap pemerintah langsung merosot drastis. Dalam jajak pendapat tiga bulan pertama, hanya 36,1 persen responden menyatakan puas dengan kinerja SBY dalam memberantas korupsi.


Padahal, tiga bulan sebelumnya, apresiasi responden terhadap langkah pemberantasan korupsi masih 52,7 persen. Artinya, transisi kekuasaan dari periode pertama menuju periode kedua ditandai kegagalan SBY memenuhi janjinya untuk menuntaskan kasus korupsi yang terungkap pada masa transisi ini. Satu tahun pertama kekuasaan SBY ditandai dengan kekecewaan responden menunggu aksi nyata Presiden memberantas korupsi di sekitar kekuasaannya.


Setelah tiga tahun berlalu, kekecewaan responden semakin dalam. Sebanyak 82,2 persen responden dalam jajak pendapat kali ini mengaku kecewa dengan upaya pemberantasan korupsi oleh SBY. Ketika kasus dugaan korupsi wisma atlet, Hambalang, dan Korps Lalu Lintas Polri yang menyeret sejumlah pejabat negara terkuak, kekecewaan publik langsung memuncak. Dalam jajak pendapat periode Juli 2011 hingga Januari 2012 (ketika kasus-kasus itu sedang hangat diperbincangkan), responden yang kecewa sebanyak 84-87 persen.


Harapan mengecil


Optimisme publik yang begitu kuat terhadap kemampuan SBY untuk membawa perubahan bagi bangsa ini lambat laun menyusut seiring dengan pupusnya kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah. Harapan yang selama ini begitu besar diletakkan kepada SBY lambat laun mengecil, sebagaimana tergambar dalam hasil jajak pendapat.


Pada usia 39 bulan pemerintahan SBY, optimisme responden terhadap kemampuan SBY untuk menyelesaikan persoalan hukum hanya 32,3 persen. Sementara pada periode sebelumnya, keyakinan responden masih 34,8 persen. Keyakinan ini semakin kecil jika dibandingkan dengan keyakinan responden yang tergambar dalam jajak pendapat pada tiga bulan pertama yang mencapai 70,7 persen. Artinya, respons yang ditunjukkan SBY dalam menghadapi persoalan-persoalan hukum yang muncul selama 39 bulan telah menggerus keyakinan responden hampir dua kali lipat.


Fenomena yang sama juga terjadi pada tiga bidang lain, yaitu peningkatan kesejahteraan sosial, pemulihan ekonomi nasional, dan stabilitas politik. Keyakinan responden pada masa 39 bulan pemerintahan SBY ini tercatat 34,9 persen atau susut dua kali lipat daripada periode tiga bulan pertama (71,3 persen). Dalam bidang perekonomian, keyakinan responden juga menyusut hampir dua kali lipat dibandingkan pada tiga bulan pertama (33,3 persen). Keyakinan responden terhadap kemampuan SBY menciptakan stabilitas politik juga menyusut tajam dari 75,6 persen (periode tiga bulan pertama) menjadi 38,8 persen pada usia 39 bulan pemerintahan SBY.


Merosotnya optimisme responden terhadap pemerintahan SBY dalam jajak pendapat ini juga diikuti dengan susutnya citra SBY baik sebagai presiden maupun terhadap pemerintahannya. Hasil jajak pendapat kali ini menunjukkan, citra SBY bergeser jauh dari pencitraan yang baik. Sebanyak 50,2 persen masih menilai baik citra SBY. Namun, jika dibandingkan dengan tiga periode jajak pendapat terakhir, terlihat penurunan citra yang cukup signifikan, yaitu 57,8 persen (33 bulan), 55,6 persen (36 bulan), dan 50,2 persen (39 bulan).


Pergeseran citra ini akan memiliki arti penting jika dibandingkan dengan pencitraan yang diberikan oleh responden pada tiga bulan pertama yang mencapai 75,4 persen. Artinya, selama 39 bulan memerintah, pencitraan yang baik terhadap SBY tergerus hingga 25 persen. Konsekuensi dari turunnya citra SBY sebagai presiden juga terlihat pada citra pemerintahan SBY. Hasil jajak pendapat mengungkapkan, 31,8 persen responden mengatakan citra pemerintahan SBY baik. Pada periode 36 bulan, responden yang menilai pemerintahan SBY baik masih 41,4 persen.


Terungkapnya keterlibatan sejumlah petinggi pemerintahan dan sekaligus petinggi Partai Demokrat dalam kasus dugaan korupsi tampaknya menguatkan prasangka publik selama ini bahwa pemerintahan SBY tidak bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. (LITBANG KOMPAS)







Editor :


Inggried Dwi Wedhaswary









11:12 AM | 0 komentar | Read More

Nomor Ponsel Bisa Menjadi Rekening


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) tengah mematangkan panduan pelaksanaan kantor bank tanpa cabang atau branchless banking. Ini merupakan payung hukum lanjutan program finansial inklusif. Nantinya, bank boleh memiliki agen, seperti lembaga mikro atau warung kelontong, sebagai kepanjangan tangan bank. Bahkan, nomor telepon genggam pun bisa sebagai rekening.


Regulator berencana menerbitkan beleid tersebut Maret 2013. Setelah aturan keluar, BI akan mengundang bank melakukan pilot project. Evaluasi atas percobaan ini dilaksanakan Desember 2013, guna menyempurnakan aturan.


BI berharap, kebijakan ini mampu meningkatkan penetrasi perbankan di Indonesia dan menekan biaya operasional. "Syaratnya branchless banking harus menjangkau masyarakat di daerah pelosok," ujar Deputi Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan BI Pungky Purnomo Wibowo, Kamis (17/1/2013).


Dalam pelaksanaan branchless banking, BI akan melonggarkan prasyarat know your costumer (KYC), dari 10 persyaratan menjadi 5 syarat. Contohnya, bank hanya perlu meminta nama lengkap dan alias, alamat rumah dan tempat tinggal lain bila tidak memiliki kartu identitas.


Selain itu, yang paling terpenting, BI juga akan menjadikan nomor telepon genggam sebagai rekening. Pungky belum bersedia mengungkap rencana ini lebih detail, hingga konsep penggunaan nomor identitas tunggal (single identification number) berjalan.


"Pokoknya, transaksi simpel, seperti remitansi diperbolehkan tanpa account tetapi transaksi yang bersifat kompleks wajib menggunakan bank account," katanya.


Branchless banking merupakan salah satu terobosan dalam menjangkau masyarakat di daerah terpencil yang tidak tersentuh layanan perbankan. Bagi bank, penetrasi ke daerah pelosok menaikkan beban operasional. BI mencatat dari 240 juta jumlah penduduk, hanya 60 juta yang menggunakan layanan perbankan.


Saat ini, baru Bank Sinar Harapan Bali yang sudah terapkan konsep branchless banking. Anak usaha Bank Mandiri ini menggandeng perusahaan telekomunikasi, AXIS. Namun, program ini hanya menjangkau nasabah eksisting, sementara BI mengharapkan bank menjangkau masyarakat pelosok.


Selain mendorong dari sisi penawaran, BI juga akan mendorong sisi permintaan. Caranya, menggodok skema start-up kredit bagi wirausaha pemula. Skema ini akan melibatkan instansi teknis dan pihak lain untuk pembinaan, penjaminan dan proses eligibiitas agunan kredit. Contohnya, program sertifikasi tanah. "Skim ini akan kami terbitkan tahun ini juga. Intinya, dalam memberikan kredit bank hanya perlu meneliti finansial behavior calon nasabah melalui tabungan yang dimilikinya," ujar Pungky.


Suprajarto, Direktur Jaringan dan Layanan Bank Rakyat Indonesia mengatakan BRI  siap melakukan branchless banking dan telah mempersiapkan infrastruktur pendukung agen bank. "Yang perlu dipastikan, bagaimana aturan ini bisa memperkecil risiko yang mungkin muncul dan jalan tengah bila terjadi masalah di kemudian hari," ujarnya.  (Roy Franedya/Kontan)





Sumber :


KONTAN



Editor :


Erlangga Djumena









11:06 AM | 0 komentar | Read More

Pluit Bagai Kota Terapung

Written By Solution Anti Virus on Sunday, January 20, 2013 | 11:37 AM





Pluit Bagai Kota Terapung





Penulis : Dian Maharani | Minggu, 20 Januari 2013 | 11:09 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan alat transportasi dengan berbagai macam bentuk mengapung di atas air. Perahu-perahu kayu hilir mudik di atas air yang berkedalaman sekitar 1,5 meter hingga 2,5 meter. 


Pluit Junction di Jalan Pluit Raya yang berhadapan dengan Emporium Pluit Mal,  Jalan Selatan Raya Jakarta Utara layaknya sebuah pelabuhan. Di sini, perahu-perahu itu menaikkan dan menurunkan penumpang. Tim relawan juga berkumpul di lokasi tersebut.
 
Puluhan perahu karet diturunkan untuk mengevakuasi korban banjir. Banyak juga perahu kayu tanpa mesin milik nelayan yang mengangkut korban banjir. Ada pula perahu motor sehingga tidak perlu didayung. Alat transportasi rakitan dari kayu atau bambu juga menjadi pilihan warga. Alat transportasi untuk menyebrangi banjir itu disewa warga mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah.
 
Perahu-perahu itu mulai banyak berdatangan pada Sabtu (19/1/2013). Sebab, malam harinya air semakin tinggi. Air mulai tinggi akibat meluapnya waduk Pluit.
 
Dari Jalan Pluit Raya, Kompas.com pun ikut menyusuri banjir bersama tim Badan SAR Nasional dan anggota Kapa, Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada Sabtu sore. Menggunakan perahu karet, para relawan ini melakukan penyelamatan korban banjir.


Kami pun mulai melintasi perumahan yang terendam banjir. Kami melewati perumahan di Jalan Pluit Permai. Di kawasan tersebut rumah-rumah mewah terendam hingga 2 meter lebih. Ratusan mobil hanya terlihat bagian atapnya. Banyak warga yang memilih bertahan di lantai dua mereka. Dari lantai dua itu, warga turut mengabadikan banjir dihadapannya.
 
Setelah itu, kami melewati toko 7-eleven yang terendam. Hanya papan reklame yang telihat jelas dan makanan berhamburan di balik kaca. Kemudian, halte Transjakarta Pluit yang lumpuh total. Halte itu berubah menjadi tempat pengungsian. Di dalamnya terdapat meja dan peralatan lainnya. Sepeda motor pun parkir di sana. Sebagian besar warga Pluit lainnya mengungsi ke rumah sanak saudara hingga hotel-hotel di sekitar.
 
Di belakangnya, kawasan perbelanjaan Pluit Village atau Mega Mall mati suri. Gereja Stella Maris yang baru selesai dibangun juga kebanjiran.
 
Selanjutnya, kami melewati perumahan di Jalan Pluit Permai. Pemandangan sama seperti di Pluit Murni, mobil-mobil tenggelam berjajar di depan rumah warga. Warga hanya pasrah dan telah meninggalkan rumah, meski ada juga yang lebih merasa nyaman berada di lantai dua.
 
Warga saling membantu memberikan logistik pada korban banjir yang enggan pergi dari lokasi. Charli, warga Pluit Samudra 5 ini menyusuri banjir untuk memberikan bantuan makanan. Dia sendiri menjadi korban banjir.
 
"Di rumah banjir 2 meter. Enggak tahu deh, rumahnya udah enggak keliatan. Saya juga udah enggak berani tengokin," terang Charli.
 
Selama menyusuri "sungai" dalam kota, kami bertemu banyak perahu lain dan warga yang masih melakukan evakuasi. Tim SAR pun mengangkut warga yang hanya berenang dengan potongan gabus yang mengapung. Triono mencari saudaranya yang tinggal di daerah tersebut.
 
Dalam perjalanan, ada warga yang menyelamatkan sepeda menggunakan bambu rakit. Ada pula warga yang menaiki bak plastik besar dan mendayung menuju deerah bebas banjir. Di tengah itu, juga terlihat dua sejoli yang mendayung bersama. Bermacam alat transportasi air berseliweran di sana.
 
Beberapa warga Pluit terlihat mengendari jet ski menembus banjir. Beberapa warga diantaranya berasal dari permuahan Pantai Mutiara dan penghuni apartemen Laguna yang juga terendam banjir.
 
Bahkan, semacam boat atau kapal kecil yang biasa digunakan untuk menyusuri pantai juga melintas di kawasan banjir itu. Warga duduk tenang sambil mengambil foto di sekelilingnya. Kiri dan kanan melewati perumahan mewah dan pertokoan. Ini adalah pemandangan yang tak biasa bagi mereka. Tahun-tahun sebelumnya, belum pernah terjadi banjir setinggi itu. Lantas pemandangan itu pun terlihat seperti Kota Air atau Kota Terapung di Venesia, Italia, Eropa.
 
"Jadi kayak kota air di Eropa (Venesia)," celetuk salah seorang warga.
 
Kami pun terhenti di depan  PLTU Muara Karang, Jalan Raya Pluit Utara nomor 2 S. PLTU yang terletak di pinggir aliran Muara Angke. Sebagian PLTU juga terendam banjir. Jembatan depan PLTU yang tidak digenangi air akhirnya menjadi tempat berkumpul warga. Ada posko banjir kecil yang berdiri di sana.
 
Banjir di kawasan Pluit ini sempat luput dari perhatian. Lokasi titik banjir sulit dijangkau dari berbagai arah akibat Jakarta yang dikepung banjir. Beberapa ruas jalan utama, seperti jalur busway lantas tak dapat beroperasi. Untuk banjir setinggi 50 meter lebih, banyak motor menggunakan jasa gerobak dorong. Sementara mobil besar masih dapat melintas.
 
Sejumlah titik banjir pun kini masih menggenangi beberapa wilayah di Ibu Kota. Banjir besar yang terjadi sejak Kamis (17/1/2013) juga telah merengut puluhan nyawa dan ribuan warga mengungsi.






Editor :


Erlangga Djumena















11:37 AM | 0 komentar | Read More

Peterhansel Juara Reli Dakar


SANTIAGO, Kompas.com - Stephane Peterhansel mengklaim gelar Reli Dakar kategori mobil kelimanya pada Sabtu, dan secara keseluruhan gelar ke-11 sepanjang karirnya, sedangkan kompatriotnya Cyril Despres mengamankan mahkota kelima kategori sepeda motor.


Peterhansel, juara kategori roda empat pada 2004, 2005, 2007, dan 2012, serta menjadi juara kategori sepeda motor pada enam kesempatan lain, mengalahkan rekor Ari Vatanen yang telah bertahan selama 25 di ajang reli yang sangat menguras tenaga ini.


"Ini adalah saat istimewa - 15 hari balapan yang penuh emosi dan tensi dan, sekarang, semua tekanan telah lenyap," kata Peterhansel, yang menjadi favorit setelah dua mantan juara Carlos Sainz dan Nasser Al Attiyah terpaksa mengundurkan diri dari Reli Dakar.


"Ini adalah pertama kalinya sejak saya membalap sampai menyelesaikannya, mobil-mobil tidak mengalami masalah mekanis apapun. Ini adalah mobil terbaik yang pernah saya kendarai." "Ini bukan kemenangan mudah, karena kami tahu mobil-mobil (Sainz dan Al- Attiyah) akan cepat. Namun situasi ini membuat saya dapat fokus sejak awal balap. Saya menyerang untuk membuka celah antara saya dan rival-rival saya."


Pereli Spanyol Nani Roma memenangi stage terakhir di ajang ini, dan kemenangan keempatnya pada 2013, ketika reli 8.000 kilometer ini berakhir dengan 150 kilometer menuju Santiago. Peterhansel, yang ambil bagian pada Reli Dakar ke-25nya, melaju menuju stage terakhir untuk mengamankan kemenangan dalam waktu 42 menit 22 detik atas pereli Afrika Selatan Giniel de Villiers yang mengendarai Toyota.


Leonid Novitskiy asal Rusia berada di peringkat ketiga, dengan selisih satu jam 28 menit 22 detik di belakang rekan setimnya di Mini, Peterhansel. Despres, yang mengendarai KTM, menambahi gelar 2013 kepada rangkaian kemenangannya pada 2005, 2007, 2010, dan 2012.


Ruben Faria asal Portugal menduduki peringkat kedua, terpaut sepuluh menit 43 detik dari rekan setimnya itu, sedangkan pereli Chile Frandisco Lopez, yang juga menunggangi KTM, di peringkat ketiga, dengan terpaut 18 menit b48 detik dari sang juara.


"Benar bahwa saya perlu melintasi garis dan melihat semua gambar-gambar dan orang-orang di sini tahu bahwa tidak seorang pun dapat mengambil kemenangan ini dari saya," kata Despres. "Hari ketika memenangi Dakar menjadi mudah, itu tidak akan menarik lagi. Dan hari seperti itu masih jauh."


"Ini begitu panjang, begitu berat, begitu panas, begitu dingin, anda harus bangun pagi-pagi, anda harus menemukan jalan keluar dari lingkungan berat di peru dan Chile, anda harus menghadapi batu dan kaktus di jalur dekat Cordoba." " Ini begitu sulit untuk dapat dimenangi dengan mudah. Dan ini bahkan lebih baik ketika anda memenangi balap yang sulit."






Editor :


A. Tjahjo Sasongko









11:30 AM | 0 komentar | Read More

Sebelum Wafat, A Rafiq Sempat Dirawat di Rumah Sakit


A Rafiq

A Rafiq (sumber: Beritasatu/Chairul Fikrie)




Akibat menderita penyakit jantung.

Artis dan Pedangdut Ahmad Rafiq atau yang akrab dipanggil A Rafiq tutup usia pada hari ini sabtu (19/01) di rumah sakit Medistra sekitar pukul 16.00 akibat penyakit jantung yang dialaminya.

Rupanya sang maestro daangdut yang terkenal lewat lagu "Pengalaman Pertama" itu sudah dirawat di RS Medistra, Jl. Gatot Subroto sudah 1 minggu yang lalu. Hal itu diungkapkan Galih salah satu menantu A Rafiq.

"Ayah dirawat disini sudah satu minggu. Beliau menderita penyakit Jantung," ungkapnya saat ditemui di RS Medistra, Jakarta, Sabtu (18/1).

Lebih lanjut Galih mengungkapkan langsung dibawa ke rumah duka dann disemayamkan disanna. " Ayah akan kami lanngsung bawa kerumah duka di Kelapa dua, Depok dan baru besok dikebumikan, tapi belum tau dimana, menunggu hasil musyawarah keluarga," lanjutnya.

A Rafiq lahir di Semarang pada 5 Maret 1948. Beliau menikah dengan seorang wanita bernama Aisyah dan dikaruniai 3 orang Putra-putri. Selama beliau hidup, beliau aktif sebagai seorang penyanyi dan aktor.

11:21 AM | 0 komentar | Read More

Aktivis Sosial dan Aktivis Media Berkumpul





Aktivis Sosial dan Aktivis Media Berkumpul





Penulis : Angger Andreas | Sabtu, 19 Januari 2013 | 22:58 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Sosial Media dirasa memiliki kekuatan tersendiri. Media memiliki jangkaun dan kecepatan yang luar biasa. Ini kekuatan yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencapai perubahan. 


Hal itu diungkapkan Direktur Kampanye untuk change.org Indonesia Usman Hamid, dalam acara Digital Nation Movement (Dinamo) 2013 di Jakarta, Sabtu (19/1/2013).


Dalam pemaparannya, Usman mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pengguna Facebook terbesar ke dua dan pengguna Twitter terbesar ke tiga di dunia. "Hal ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk perubahan di Indonesia," tutur Usman            


Oleh karena itu dalam Dinamo 2013 ini, ia berupaya untuk mengumpulkan aktivis sosial dan pengguna jejeraing sosial. Harapannya kedua kelompok ini bisa saling berkolaborasi dan saling melengkapi dalam usaha perubahan di Indonesia.


Dalam Dinamo 2013 ini, ratusan aktivis yang hadir disuguhi paparan presentasi dari Mira Lesmana, Oscar Motuloh, Alief Allende (putra pertama Munir), Butet Kartarejasa, Shafiq Pontoh, Irwan Ahmett dan Siti Rubaidah (istri Wakil Wali Kota Magelang Joko Prasetyo).


Tak hanya itu, mereka juga dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan aneka tema yang nantinya diharapkan sampai pada sebuah tindakan nyata yang membawa perubahan.


Padaakhir acara, ratusan aktivis tersebut dihibur oleh penampilan Pandji Pragiwaksono, Melanie Subono, Glen Freddly, dan Efek Rumah Kaca. (K10)


















11:12 AM | 0 komentar | Read More

Banjir, Pertamina Gelar Operasi Pasar LPG





Banjir, Pertamina Gelar Operasi Pasar LPG





Penulis : Didik Purwanto | Minggu, 20 Januari 2013 | 10:36 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Persero menggelar operasi pasar LPG 3 kg sejak 19 Januari hingga 27 Januari 2013. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga LPG khususnya setelah banjir melanda ibukota Jakarta.


VP Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir menjelaskan pasokan LPG di beberapa lokasi di Jakarta kemungkinan akan sedikit terganggu karena sebagian jalan di Jakarta masih terjadi genangan air. "Namun dengan operasi pasar ini, kami menjamin pasokan gas di Jakarta akan aman," kata Ali di Jakarta, Minggu (20/1/2013).


Menurut Ali, dalam operasi pasar kali ini LPG 3 kg dilepas dengan harga jual Rp 12.500 per tabung di tiga lokasi.


Berikut lokasi operasi pasar:
1. Jakarta Utara: Kantor Kelurahan Sukapura, Kec. Cilincing
2. Jakarta Timur : SPBU 34.13305 Jl.Otista (posko Pertamina)
3. Jakarta Selatan : Toko ELIZA, Jl.Pengadegan Barat No 21 RT 001/02 depan Kompleks Polri


Operasi pasar ini akan dilakukan sampai status darurat banjir yang ditetapkan pemerintah daerah DKI Jakarta berakhir, khususnya 27 Januari 2013.






Editor :


Erlangga Djumena
















11:06 AM | 0 komentar | Read More
techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger