Eramus Huis Gelar Pameran "LAKON 3" Karya Laksmi Shitaresmi

Written By Solution Anti Virus on Friday, March 7, 2014 | 11:21 AM


Jakarta - Eramus Huis akan memamerkan karya dari seniman dari Yogyakarta, Laksmi Shitaresmi dalam pameran yang bertajuk "Lakon 3". Pameran akan dibuka pada hari Sabtu 8 Maret, pukul 15.00 WIB.


Laksmi Shitaresmi adalah seorang seniman yang menggunakan berbagai unsur tradisional untuk menegaskan sesuatu yang personal. Bagian dari pernyataan bahwa si seniman menerima tradisinya secara terbuka dan kritis.


"Sesulit apapun jalani saja hidup ini dengan lapang dan sumeleh, mawas diri, kesabaran dan ketenangan batin. Hidup hanya sekali, jadilah lakon/pemeran, janganlah jadi penonton. Jadilah lakon/pemain yang berarti bukan sebagai penonton yang kosong," kata Laksmi Shitaresmi.


Berbagai unsur tradisional saat ini banyak ditonjolkan seniman untuk menegaskan sesuatu yang personal. Bagian dari pernyataan bahwa si seniman menerima tradisinya secara terbuka dan kritis, menjadikannya sebagai salah satu alat yang bisa dipakai untuk membedah berbagai masalah dunia masa kini yang berlangsung di sekitarnya.


Karya-karya Laksmi sesungguhnya juga mengolah dan memanfaatkan pendekatan semacam itu. Secara kasat mata, perbendaharaan visual dalam karya-karyanya --- baik bentuk maupun isi --- terlihat merujuk pada tradisi visual dan sastra yang lazim dikenal dalam kebudayaan Jawa. Laksmi memanfaatkan semua itu dengan cara yang lebih bebas dan lebih leluasa karena ia tidak secara langsung, atau hanya, merujuk pada gaya atau pendekatan visual wayang.


Laksmi mengolah unsur tradisi Jawa lebih leluasa, karena ia mengandalkan seluruh pengalaman dan pemahamannya sendiri sebagai seseorang yang memang tumbuh dan besar dalam tradisi Jawa itu.


Jadi, kiranya lebih tepat untuk menyebutkan bahwa karya-karya Laksmi dipenuhi oleh sensibilitas atau semangat artistik seorang perempuan Jawa yang cukup mengenal berbagai bahan visual dalam kebudayaan Jawa. Karya-karyanya seperti berada dalam atmosfer yang pekat dengan simbol dan ikonografi yang selama ini ia serap dari lingkungan budaya Jawa. Ini berlaku pada aspek visual-formal sekaligus pada cara ia mengisi dan menyampaikan pokok narasi dalam karya-karyanya.


Pameran Seni Rupa "Lakon 3" oleh Laksmi Shitaresmi berlangsung hingga 19 Maret 2014. Jadi masih ada waktu bagi Anda yang berminat menyaksikan pameran ini.


Anda sedang membaca artikel tentang

Eramus Huis Gelar Pameran "LAKON 3" Karya Laksmi Shitaresmi

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2014/03/eramus-huis-gelar-pameran-3-karya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Eramus Huis Gelar Pameran "LAKON 3" Karya Laksmi Shitaresmi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Eramus Huis Gelar Pameran "LAKON 3" Karya Laksmi Shitaresmi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger