\"Mengapa Lembaga yang Begitu Kita Percaya Bisa Begini?\"

Written By Solution Anti Virus on Thursday, October 3, 2013 | 11:12 AM






JAKARTA, KOMPAS.com
- Pengamat hukum tata negara Andi Irmanputra Sidin menyesalkan adanya pimpinan lembaga hukum yang menjadi target operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga menerima suap. Menurutnya, penangkapan itu menghancurkan kepercayaan publik terhadap supremasi hukum di Indonesia.

"Supremasi konstitusi terancam shutdown," kata Andi, saat dihubungi dari Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Andi mengatakan, harapan dan kepercayaan publik terhadap Mahkamah Konstitusi saat ini tengah merangkak naik. Masyarakat di level terbawah, sampai dengan pejabat negara semakin tertarik membicarakan mengenai konstitusional. Akan tetapi, menurutnya, dengan penangkapan Akil ini, harapan masyarakat kini terancam runtuh.

Lembaga sekelas Mahkamah Konstitusi (MK) yang sangat dipercaya kredibel dan bersih, seketika tercemar karena pimpinannya ditangkap KPK dengan dugaan menerima suap atas perkara yang ditanganinya.

"Enggak kebayang, lembaga yang kita percaya kok bisa begini. Kepercayaan jelas runtuh, bukan hanya kepada MK, tapi kepada UUD juga," katanya.

KPK menangkap Ketua MK Akil Mochtar di rumah dinasnya, di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Rabu malam. Di rumah tersebut, KPK juga mengamankan seorang anggota DPR dari Fraksi Golkar Chairun Nisa dan seorang pengusaha berinisial CN Tak lama setelahnya, KPK menangkap calon kepala daerah berinisial HB dan seseorang lain berinisial DH di sebuah hotel di Jakarta Pusat.

Adapun, HB diduga sebagai Hambit Bintih (HB) yang merupakan calon bupati Gunung Mas 2013-2018.  Diduga, keempat orang ini terlibat transaksi serah terima uang berkaitan dengan sengketa pemilihan kepala daerah (Pilkada). Sebagai barang bukti, penyidik KPK menyita sejumlah dollar Singapura yang nilainya sekitar Rp 2 miliar hingga Rp 3 miliar.




Editor : Inggried Dwi Wedhaswary


















Anda sedang membaca artikel tentang

\"Mengapa Lembaga yang Begitu Kita Percaya Bisa Begini?\"

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/10/lembaga-yang-begitu-kita-percaya-bisa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

\"Mengapa Lembaga yang Begitu Kita Percaya Bisa Begini?\"

namun jangan lupa untuk meletakkan link

\"Mengapa Lembaga yang Begitu Kita Percaya Bisa Begini?\"

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger