Yoga Buat Melawan Kejahatan di Meksiko

Written By Solution Anti Virus on Thursday, October 3, 2013 | 11:30 AM





MEXICO CITY, Kompas.com - Mantan narapidana kasus obat bius membaktikan diri dengan mengajar yoga buat para napi muda di lembaga pemasyarakatan Mexico City.

Fredy Alan Diaz Arista, 38, pernah mendekam di penjara  karena memperdagangkan obat bius. Di penjara ia mempelajari ilmu yoga dan kemudian memutuskan menggunakannya untuk membantu para napi usia muda.

"Jangan pikirkan kejahatan kalian. Sekarang santai," kata Arista di hadapan para napi remaja yang terlibat pembunuhan mau pun pencurian dengan kekerasan di Meksiko.

"Sekarang  tangan ke atas," kata Diaz kepada para murid yang mempraktikkan  instruksinya di matras hijau di dalam sel.  "Buka dada kalian seperti burung yang tengah menyongsong kebebasan."

Kelas yoga Diaz diikuti banyak napi. Seperti  Jesus, 16 yang ditangkap karena tuduhan perkosaan. Atau pun Pedro, 14 yang terlibat pembunuhan seorang wanita atau Eric, yang ditahan sejak usia 17 karena tertangkap melakuka tindak penculikan dan pemerasan.

Arista sendiri belajar yoga di penjara saat ia ditahan dengan tuduhan kepemilikan senjata serta kokain seberat 18 kilogram. Saat itertangkap ia sedang dalam perjalanan dari Guerrero  ke Mexico City pada 2002.

Setelah menjalani hukuman penjara selama 7 tahun, Arista memutuskan meneruskan ajaran yoga yang didapatnya dari Yayasan Parinaama. "Di penjara, yoga tak ubahnya seperti sebuah jendela.  Saat saya mempelajarinya lebih dalam, yoga telah berubah menjadi pintu buat saya.

""Saya merasa memiliki utang  karena itu saya datang ke sini untuk  berbagi,"ungkapnya.  "Saya tidak memiliki apa pun untuk dibanggakan dalam hidup saya. Melakukan hal semacam ini membuat saya merasa  nyaman dengan keberadaan saya."




Editor : Tjahjo Sasongko















Anda sedang membaca artikel tentang

Yoga Buat Melawan Kejahatan di Meksiko

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/10/yoga-buat-melawan-kejahatan-di-meksiko.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Yoga Buat Melawan Kejahatan di Meksiko

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Yoga Buat Melawan Kejahatan di Meksiko

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger