KPK Kembali Periksa Wakil Bupati Bogor

Written By Solution Anti Virus on Wednesday, October 30, 2013 | 11:12 AM






JAKARTA, KOMPAS.com
- Komisi Pemberantasan Korupsi kembali memeriksa Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturachman, Rabu (30/10/2013) terkait penyidikan kasus dugaan suap izin taman pemakaman bukan umum (TPBU). Politikus PDI-Perjuangan ini akan diperiksa sebagai saksi bagi Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Syahrul Raja Sempurnajaya yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

"Diperiksa sebagai saksi untuk SRS (Syahrul)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha.

KPK memeriksa Faturachman karena dianggap dapat memberikan informasi terkait hal ini. Ada pun izin untuk PT Garindo Perkasa mengelola TPBU, ditandatangani Bupati Bogor Rachmat Yasin. Seusai diperiksa KPK beberapa waktu lalu, Faturachman mengatakan bahwa PT Garindo mengajukan permohonan izin lokasi tersebut pada 2012. Sebelum izin diterbitkan, menurutnya, Pemkab Bogor telah melakukan sejumlah kajian.

Saat ditanya mengapa Bupati menerbitkan izin pembangunan taman pemakaman itu padahal sebagian lahan di Desa Antajaya tersebut merupakan kawasan konservasi, Faturachman menjawab bahwa pemberian izin lokasi tidak menunjukkan kepemilikan.

”Izin lokasi tidak menunjukkan kepemilikan, jadi hanya wilayah saja yang kami tunjukkan, jadi tidak menunjukkan kepemilikan.”

Faturachman juga mengatakan, Bupati Bogor menerbitkan izin pengelolaan lahan tersebut sudah atas persetujuan Perhutani.

Dalam kasus ini, KPK Syahrul sebagai tersangka atas dugaan menyuap Ketua DPRD Kabupaten Bogor Iyus Djuher, pegawai Pemerintah Kabupaten Bogor Usep Jumenio, dan pegawai honorer di Pemkab Bogor Listo Welly Sabu. Syahrul merupakan pemegang saham di PT Garindo yang tengah berencana membangun TPBU di sebidang lahan di Desa Antajaya, Bogor. Diduga, lahan tersebut masuk dalam wilayah konservasi.

Kasus ini juga menjerat karyawan PT Garindo lainnya, yakni Sentot Susilo dan Nana Supriatna. Adapun berkas perkara Iyus, Usep, Listo, Nana, dan Sentot telah disidangkan di Pengadilan Tipikor Bandung. Sementara itu, beberapa waktu lalu, Iyus meninggal dunia karena kanker haki stadium empat dan stroke yang dideritanya.




Editor : Caroline Damanik


















Anda sedang membaca artikel tentang

KPK Kembali Periksa Wakil Bupati Bogor

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/10/kpk-kembali-periksa-wakil-bupati-bogor.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPK Kembali Periksa Wakil Bupati Bogor

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPK Kembali Periksa Wakil Bupati Bogor

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger