Di Uji Kelayakan, Sutarman Umbar Prestasi Jadi Kabareskrim

Written By Solution Anti Virus on Thursday, October 17, 2013 | 11:12 AM






JAKARTA, KOMPAS.com - Calon tunggal Kapolri, Komisaris Jenderal Sutarman, menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat, Kamis (17/10/2013). Dalam proses seleksi itu, Sutarman tak hanya memaparkan visi dan misinya tetapi juga prestasi jenderal bintang tiga itu selama menjadi Kabareskrim Polri yakni dalam rentang tahun 2011-2013.

Salah satu prestasi Polri yang disebut Sutarman dalam periode itu ada di bidang keamanan dan ketertiban. Ia mencontohkan sejumlah operasi pengamanan yang sukses dilakukan seperti Sail Banda 2012, Sail Komodo 2013, Bali Democratic Forum, ASEAN Summit, High Level Panel RI-ASEAN-Afrika, APEC 2013, Pam Idul Fitri, Natal, dan Pemilukada.

Selain itu, Sutarman juga menunjukkan sejumlah penanganan perkara, utamanya kasus korupsi. Untuk kasus korupsi, Sutarman menuturkan pada tahun 2012 Polri telah menangani 1.176 kasus atau naik 65 persen dibandingkan 2011 yang berjumlah 766 kasus. Dari jumlah itu, pada tahun 2012 Polri telah menyelesaikab 657 kasus korupsi atau naik 24,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Dalam rentang waktu itu, total uang negara yang diselematkan yakni Rp 261 miliar," kata Sutarman.

Sementara itu, untuk tahun 2013 hingga September 2013, Polri berhasil menyelamatkan Rp 907 miliar dari 554 perkara korupsi yang diselesaikan. Selain perkara korupsi, Sutarman juga menuturkan prestasi Polri di bidang terorisme.

"Polri mampu menangkap pelaku sebelum beraksi. Hal ini sebagai bentuk mencegah terjadinya teror dan jatuhnya korban termasuk anggota Polri sebagai target," kata Sutarman.

Hingga kini, Sutarman masih memaparkan visi dan misinya. Setelah itu, Komisi III DPR akan melakukan pendalaman dengan bertanya. Sikap fraksi Komisi III DPR akan disampaikan pada malam hari dan langsung diambil keputusan tentang lolos atau tidaknya Sutarman menjadi Kapolri.




Editor : Caroline Damanik


















Anda sedang membaca artikel tentang

Di Uji Kelayakan, Sutarman Umbar Prestasi Jadi Kabareskrim

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/10/di-uji-kelayakan-sutarman-umbar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Di Uji Kelayakan, Sutarman Umbar Prestasi Jadi Kabareskrim

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Di Uji Kelayakan, Sutarman Umbar Prestasi Jadi Kabareskrim

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger