Bicara Politik Dinasti, SBY Dinilai Ingin Rusak Golkar

Written By Solution Anti Virus on Saturday, October 12, 2013 | 11:12 AM




Ketua Dewan Pembina Dewan Pembina Pusat Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, mengadakan jumpa pers di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Senin (11/7/2011). Ketua Dewan Pembina DPP Partai Demokrat, prihatin dengan situasi politik di Tanah Air belakangan ini. Kompetisi politik diwarnai dengan dengan politik politik pecah belah atau devide et impera yang pernah dijalankan pemerintah kolonial zaman dulu. | KOMPAS/ALIF ICHWAN









JAKARTA, KOMPAS.com —
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dinilai tengah mencoba menggiring opini publik untuk merusak nama baik Partai Golkar terkait dinasti politik. Pernyataan SBY dianggap bukan sebagai presiden, tetapi sebagai politisi Partai Demokrat.


"Terlihat ada kepentingan politik Demokrat untuk merugikan Golkar dengan menggiring opini," kata Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan DPP Golkar Indra J Piliang saat diskusi Polemik Sindo Radio Dinasti Atut Cenat Cenut di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (12/10/2013).


Hal itu dikatakan Indra menyikapi pernyataan Presiden terkait dinasti politik. Indra mempertanyakan maksud keprihatinan Presiden itu. Dalam proses demokrasi, lanjutnya, rakyat hanya memilih kepala daerah dan wakilnya. Namun, sistem pemerintahan daerah tunduk kepada pemerintah pusat.


"Setiap hari gubernur, wali kota, bupati bisa digetok kepalanya oleh pusat," kata Indra.


Indra lalu menyindir kekuasaan melalui penunjukan di Demokrat. Anak SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono, menjadi Sekretaris Jenderal DPP Demokrat dan adik iparnya, Pramono Edhie Wibowo, menjabat anggota Dewan Pembina Demokrat.

"Itu penunjukan langsung, bukan pemilihan," kata dia.


Seperti diberitakan, meski dalam UUD 1945 atau UU, tidak ada pembatasan seseorang untuk mengisi posisi pemerintahan. Namun, menurut Presiden, perlu ada batas kepatutan. Presiden berharap masyarakat bisa mencegah terjadinya dinasti kekuasaan.


Kekuasaan politik jika menyatu dengan kepentingan atau bisnis, kata Presiden, maka bisa membawa hal yang tidak baik. Terlebih lagi, ketika otonomi daerah, kekuasaan kepala daerah sangat besar.





Editor : Caroline Damanik


















Anda sedang membaca artikel tentang

Bicara Politik Dinasti, SBY Dinilai Ingin Rusak Golkar

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/10/bicara-politik-dinasti-sby-dinilai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bicara Politik Dinasti, SBY Dinilai Ingin Rusak Golkar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bicara Politik Dinasti, SBY Dinilai Ingin Rusak Golkar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger