Tjahjo: Kalau DPR Korup, yang Lain Juga Pasti Korup!

Written By Solution Anti Virus on Tuesday, September 17, 2013 | 11:12 AM






JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Tjahjo Kumolo merespons penilaian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menyatakan bahwa DPR adalah lembaga terkorup. Hanya saja, katanya, jika DPR adalah lembaga korup, pasti ada pihak-pihak lainnya yang juga melakukan korupsi.

"Kalau ada indikasi DPR melakukan korupsi atau gratifikasi, tentu ada pihak ketiganya, baik itu pemerintah maupun swasta," ujar Tjahjo, di Gedung DPR-RI, Jakarta.

Menurut Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini, DPR tidak mungkin melakukan korupsi sendirian karena tugasnya adalah menyusun anggaran dan Undang-Undang bersama pemerintah.


"DPR sendiri tidak mungkin. DPR itu kan tugasnya jelas menyusun anggaran bersama pemerintah. Menyusun Undang-Undang bersama pemerintah. Jadi ini harus clear," lanjutnya.

Oleh karena itu, kata Tjahjo, semua lembaga harus melakukan evaluasi terhadap anggotanya yang terjerat kasus korupsi.

"Dengan pernyataan KPK itu, kita harus evaluasi berapa satu tahun anggota DPR yang korupsi. Buka lagi PNS berapa satu tahun yang korupsi. Begitu juga swasta," jelas Tjahjo.

DPR paling korup

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) "mendaulat" DPR sebagai lembaga yang paling korup di Indonesia. Berdasarkan Indeks Korupsi Birokrasi, selama lima tahun berturut-turut, DPR meraih predikat lembaga terkorup.

“Parlemen di Indonesia adalah koruptor. Hanya di Indonesia, parlemen yang korupsi. 2009, 2010, 2011 parlemen paling korup. Itulah unik indonesia. Kelebihan parlemen kita, mereka kreatif,” ujar Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja pada kuliah “Upaya Pemberatasan Korupsi dan Anatomi Korupsi pada Pelaksanaan Pemilu", di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (16/9/2013).

Ia mengatakan, dibandingkan korupsi lembaga di negara-negara lain di Asia Tenggara, hanya di Indonesia yang anggota parlemennya melakukan korupsi, bahkan secara terstruktur. Menurutnya, di negara lain seperti di Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam, lembaga yang paling korup adalah kepolisian.




Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
















Anda sedang membaca artikel tentang

Tjahjo: Kalau DPR Korup, yang Lain Juga Pasti Korup!

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/09/tjahjo-kalau-dpr-korup-yang-lain-juga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tjahjo: Kalau DPR Korup, yang Lain Juga Pasti Korup!

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tjahjo: Kalau DPR Korup, yang Lain Juga Pasti Korup!

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger