Sprindik Jero, KPK Turunkan Pengawas Internal

Written By Solution Anti Virus on Saturday, September 7, 2013 | 11:13 AM





JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menurunkan pengawas internal untuk menelusuri adanya sebuah dokumen yang bertuliskan surat perintah dimulainya penyidikan (sprindik) atas nama Jero Wacik.

KPK juga bekerja sama dengan kepolisian untuk mencari pembuat sprindik yang diduga palsu itu. "Soal sprindik palsu, kita sudah minta pengawas internal bergerak. Kerjasama dengan polisi," kata Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad saat menghadiri Rakernas III PDIP, di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (7/9/2013).

Abraham mengaku, pengawas internal kini sudah berjalan untuk menelusuri kasus ini. "Sudah, sudah berjalan," jawabnya singkat.

Sebelumnya, beredar sebuah dokumen serupa sprindik KPK atas nama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, terkait kasus tersebut. Namun, KPK telah membantah mengeluarkan dokumen itu.

Di dalam salah satu dokumen itu, terdapat tanda tangan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, stempel KPK, dan beberapa tulisan tangan. Dokumen yang beredar menyebutkan kasus suap Kernel Oil sebagai perkara yang disangkakan kepada Jero. Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi menjadi delik yang dikenakan kepada Jero dalam dokumen itu. 

Tulisan tangan yang berada di kanan tanda tangan Bambang yang telah dibubuhi stempel bertuliskan KPK, berbunyi "tunggu persetujuan presiden (RI1)". Namun, dokumen itu tidak mencantumkan tanggal penerbitan, selain "Agustus 2013".

"Hati-hati! Setahu saya belum ada tersangka lain (dalam kasus SKK Migas) selain tiga orang yang sudah ditetapkan KPK," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto  melalui pesan singkat, Jumat pagi.

Kasus dugaan suap di SKK Migas menjerat Kepala non-aktif SKK Migas Rudi Rubiandini, Komisaris PT Kernel Simon G Tanjaya, serta pelatih golf Rudi yang bernama Deviardi alias Ardi.




Editor : Glori K. Wadrianto
















Anda sedang membaca artikel tentang

Sprindik Jero, KPK Turunkan Pengawas Internal

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/09/sprindik-jero-kpk-turunkan-pengawas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sprindik Jero, KPK Turunkan Pengawas Internal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sprindik Jero, KPK Turunkan Pengawas Internal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger