Pemindahan Ibu Kota Jangan Sekadar Wacana

Written By Solution Anti Virus on Monday, September 9, 2013 | 11:13 AM






JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana pemindahan Ibu Kota dinilai selalu timbul tenggelam. Rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke kota lain pun diminta untuk diseriusi agar tidak buang-buang energi.

"Hal ini pernah disampaikan namun hilang bak ditelan bumi dan sekarang muncul lagi, harusnya kalau mau memindahkan ya harus tegas jangan berwacana terus yang ahirnya terkuras energi percuma," ujar Anggota Komisi V dari Fraksi Partai Hanura, Saleh Husin di Kompleks Parlemen, Senin (9/9/2013).

Saleh sepakat salah satu cara untuk mengatasi persoalan di Jakarta adalah menata ulang tata kota dan juga memundahkan Ibu Kota keluar dari Jakarta. Saleh melihat hal ini bisa saja dilakukan berkaca negara-negara lain yang telah lebih dulu melakukannya seperti Amerika Serikat, Australia, dan Malaysia.

"Dengan demikian maka Jakarta cukup menjadi pusat perdagangan saja sehingga kemacetan, tata ruang pemukiman dan lain-lain dapat ditata ulang sehingga menjadi lebih baik ke depan," imbuh Sekretaris Fraksi Partai Hanura ini.

SBY kembali ungkit



Saat melawat ke Kazakhstan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencuatkan kembali wacana pemindahan ibu kota pemerintahan dari Jakarta. SBY merujuk beberapa negara yang telah lebih dulu sukses memindahkan Ibu Kota, termasuk Kazakhstan.

Rencana pemindahan pusat pemerintahan, kata SBY, sudah dia pikirkan sejak empat-lima tahun lalu. Waktu itu muncul berbagai pemikiran dan debat wacana, tetapi SBY mengaku memilih diam.

"Mengapa saya lebih memilih diam, karena kebiasaan di negeri kita ini apa pun kalau muncul ide baru langsung didebat atau disalahkan. Sebaliknya, kalau saya mengatakan tidak perlu kita memikirkan pusat pemerinyahan yang baru, tetap disalahkan juga," kata SBY dalam keterangan pers di Hotel Grand Emerald, St Petersburg, Rusia, Sabtu (7/9/2013) seperti dikutip dari situs www.presidenri.go.id.

SBY menilai, pemindahan Ibu Kota akan menimbulkan dampak positif mau pun negatif bagi Indonesia. Jika Indonesia memiliki kota pemerintahan yang baru, SBY pun yakin kondisi Jakarta akan jauh lebih baik. Meski Ibu Kota pindah, kata dia, Jakarta tetap akan berfungsi sebagai pusat ekonomi dan perdagangan.

"Kalau memang tidak ada solusi yang baik untuk mengatasi permasalahan Jakarta, dan ada urgensi yang tidak bisa ditunda-tunda lagi, tidak keliru kalau kita memikirkan suatu tempat yang kita bangun menjadi pusat pemerintahan yang baru," ungkapnya.




Editor : Caroline Damanik
















Anda sedang membaca artikel tentang

Pemindahan Ibu Kota Jangan Sekadar Wacana

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/09/pemindahan-ibu-kota-jangan-sekadar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemindahan Ibu Kota Jangan Sekadar Wacana

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemindahan Ibu Kota Jangan Sekadar Wacana

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger