Hak Pakai Pasar Benhil Sudah Habis Sejak 2006

Written By Solution Anti Virus on Thursday, September 12, 2013 | 11:38 AM





JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi Pasar Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat, yang sudah rusak harus segera direnovasi. Selain karena usianya yang sudah tua dan catnya mulai mengelupas, hak pakai bagi pedagang sebenarnya sudah habis sejak tahun 2006.


"Sebenarnya hak pakai habis dari tahun 2004, lalu sempat diperpanjang dari Maret 2005 dan berakhir Maret 2006," kata Tomas Priyadi, staf administrasi Pasar Benhil, ketika ditemui di ruang pengelola Pasar Benhil, Kamis (12/9/2013).


Tomas mengatakan, setelah habis masa hak pakai pada 2004, para pedagang keberatan untuk memperpanjang masa hak pakai. Hal ini dikarenakan bangunan yang sudah bisa dibilang usang dan tua. Oleh sebab itu, pengelola pasar hanya memperpanjang sewanya selama satu tahun.


"Kalau bangunannya bagus, hak pakainya bisa panjang. Tapi ini memang sudah perlu direnovasi, makanya pedagang keberatan untuk sewa dalam jangka panjang," ujarnya.


Menurut Tomas, para pedagang tak ingin memperpanjang masa hak pakainya karena berharap pasar itu direnovasi. Namun, sampai sekarang rencana renovasi itu tak kunjung terwujud.


Saat ini 930 pedagang yang menempati kios-kios di dua lantai pasar tersebut hanya membayar iuran retribusi bulanan. Jumlahnya berbeda-beda, tergantung luas kios dan jenis jualannya. Biaya termurah diterima pedagang sembako dan tertinggi penjual emas. Pedagang emas dengan kios 2x2 m dikenai retribusi sebesar Rp 215.000 per bulan.


Tomas menyebutkan, pembayaran retribusi tetap dilakukan hingga pasar itu dibangun kembali. Saat ini pihak pengelola Pasar Benhil dan PD Pasar Jaya tengah melakukan sosialisasi perbaikan pasar. Setelah itu akan dilakukan penentuan tempat relokasi bagi pedagang di Pasar Benhil.





Editor : Laksono Hari Wiwoho
















Anda sedang membaca artikel tentang

Hak Pakai Pasar Benhil Sudah Habis Sejak 2006

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/09/hak-pakai-pasar-benhil-sudah-habis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hak Pakai Pasar Benhil Sudah Habis Sejak 2006

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hak Pakai Pasar Benhil Sudah Habis Sejak 2006

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger