Diprediksi, 1 Juta Pencari Kerja Serbu Jakarta Pasca-Lebaran

Written By Solution Anti Virus on Friday, August 9, 2013 | 11:37 AM






JAKARTA, KOMPAS.com - Labor Institute Indonesia atau Institut Pengembangan Kebijakan Alternatif Perburuhan memprediksi satu juta pencari kerja akan masuk ke DKI Jakarta pasca-Lebaran tahun ini. Sebagian besar dari mereka adalah pekerja tanpa keahlian (unskilled workers).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, para pekerja ini datang dengan bersama para pekerja yang pulang mudik dan kembali ke Jakarta. Diprediksi, sekitar 1 juta pekerja formal di sejumlah kawasan industri di DKI Jakarta yang mudik akan membawa sanak keluarga atau teman-temannya dari kampung halaman bersama dengan mereka pada saat arus balik.

"Para pekerja baru tersebut masuk ke Jakarta dikarenakan lapangan pekerjaan di daerah asal mereka berkurang atau sudah tidak ada lagi dikarenakan lahan banyak digunakan untuk pembukaan daerah pertambangan baru dan sarana perumahan khususnya di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Selain itu, Jakarta masih dianggap sebagai “modernisasi” dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi mereka," ungkap Koordinator Kampanye Labor Institute Indonesia, Andy William Sinaga, seperti dilansir Tribunnews.

Apabila tidak dicegah, fenomena tersebut diperkirakan akan membuat masalah sosial, seperti menjamurnya tenaga kerja informal, pedagang kaki lima, dan peningkatan angka kriminalitas, serta pembukaan pemukiman ilegal baru makin besar. Akibat selanjutnya, kondisi tata kota dan tata sosial di Jakarta makin parah.

"Kedatangan jutaan pekerja baru akan mengancam program kerja dari Jokowi-Ahok yang saat ini sedang menata sistem administrasi kependudukan dan penataan wilayah di DKI Jakarta," tambah Andy.

Oleh karena itu, Labor Institute Indonesia meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk segera melakukan operasi kependudukan pasca-Lebaran secara serentak. Pemprov juga diminta melakukan pengawasan di setiap terminal atau pintu masuk Provinsi DKI Jakarta ketika arus balik berlangsung.




Editor : Caroline Damanik


















Anda sedang membaca artikel tentang

Diprediksi, 1 Juta Pencari Kerja Serbu Jakarta Pasca-Lebaran

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/08/diprediksi-1-juta-pencari-kerja-serbu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Diprediksi, 1 Juta Pencari Kerja Serbu Jakarta Pasca-Lebaran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Diprediksi, 1 Juta Pencari Kerja Serbu Jakarta Pasca-Lebaran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger