Sosok Sidarto Dipercaya oleh Internal Parlemen

Written By Solution Anti Virus on Friday, July 5, 2013 | 11:12 AM






JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi senior PDI Perjuangan Sidarto Danusubroto diyakini sebagai sosok kompeten untuk meneruskan tugas almarhum Taufiq Kiemas sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI). Keyakinan itu dilandasi usia dan jam terbang Sidarto yang matang.

Ketua DPR RI Marzuki Alie mengatakan, pengalaman Sidarto sudah teruji karena menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP). Selain itu, menurut Marzuki, Sidarto juga tak diragukan lagi bobot kenegarawanannya karena memiliki kedekatan dengan salah satu founding fathers, Presiden Soekarno.

"Menurut saya beliau tepat untuk memimpin MPR, mampu menjalankan apa yang dijalankan Taufiq Kiemas, sosialisasi empat pilar, dan bisa bertindak sebagai negarawan," kata Marzuki, di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (5/7/2013).

Secara terpisah, Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Thohari mengungkapkan hal senada. Bahkan lebih jauh, ia mengklaim seluruh fraksi di MPR memberikan sambutan positif. Ia yakin, fraksi dan kelompok anggota MPR akan memberi dukungan penuh kepada Sidarto.

"Berbagai fraksi dan presiden menyampaikan responsnya secara positif. Politisi senior, pengalaman panjang di politik, dan di kepolisian juga cukup malang melintang," ujarnya.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) akhirnya menunjuk Sidarto Danusubroto sebagai pengganti almarhum Taufiq Kiemas untuk menduduki posisi Ketua MPR. Nama Sidarto disampaikan Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri kepada Pimpinan MPR.

Pertemuan Megawati dengan Pimpinan MPR digelar di kediaman pribadinya, di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, pada Kamis (4/7/2013). Saat itu, Megawati didampingi oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Puan Maharani, dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan di MPR Yasona Laoly. Sidarto akan mengucapkan sumpahnya sebagai Ketua MPR pada Senin (8/7/2013). Seluruh pimpinan lembaga tinggi negara akan diundang untuk menyaksikan, termasuk Presiden dan Wakil Presiden.

Beberapa waktu lalu sejumlah nama sempat muncul ke publik sebagai kandidat pengganti Taufiq Kiemas. Beberapa di antaranya yakni Wakil Ketua DPR Pramono Anung, Anggota Komisi I Sidarto Danusubroto, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Puan Maharani, hingga Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo. Di antara nama-nama itu, sosok Sidarto adalah politisi paling senior.

Di usianya yang ke-77, Sidarto merupakan Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Kehormatan dan Wakil Ketua (BKSAP) DPR. Taufiq Kiemas meninggal dunia pada 8 Juni lalu di Singapura. Taufiq meninggal karena penyakit komplikasi yang selama ini dideritanya. Semasa hidupnya, almarhum merupakan politisi senior PDI Perjuangan. Ia juga merupakan Ketua MPR periode 2009-2014.




Editor : Caroline Damanik




















Anda sedang membaca artikel tentang

Sosok Sidarto Dipercaya oleh Internal Parlemen

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/07/sosok-sidarto-dipercaya-oleh-internal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sosok Sidarto Dipercaya oleh Internal Parlemen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sosok Sidarto Dipercaya oleh Internal Parlemen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger