Indra Utami Tamsir Kembalikan Kejayaan Keroncong dan Langgam Jawa

Written By Solution Anti Virus on Friday, July 5, 2013 | 11:21 AM


Jakarta - Indra Utami Tamsir, penyanyi khas langgam keroncong Jawa baru saja mendapat penghargaan sebagai Penyanyi Keroncong Terbaik dalam AMI Awards 2013. Namun penghargaan tersebut tidak lantas membuai Utami dengan kesenangan dan kebahagiaan. Bagi Utami, piala kemenangan yang ia peroleh justru menjadi cambuk agar dirinya tidak pernah berhenti berjuang melestarikan keroncong dan langgam keroncong Jawa.


"Lewat kemenangan ini, satu jalan sudah terbuka untukku. Piala AMI setidaknya bisa menuntun aku untuk membawa genre keroncong dan langgam Jawa ke posisi kelas atas. Selama ini keroncong dan langgam hanya dipandang sebelah mata. Tetapi lewat piala kemenangan ini aku ingin mengubah pandangan tersebut," kata Utami saat ditemui usai menerima penghargaan Penyanyi Keroncong Terbaik, di Studio 8 RCTI, beberapa hari lalu.


Bila dibandingkan dengan genre musik lain di Indonesia, keroncong dan langgam Jawa adalah primadona. Pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, keroncong dan langgam Jawa sangat dikagumi. Namun, sejak tahun 1970-an, genre keroncong dan langgam mulai tersisih dengan masuknya jenis musik dari luar.


Berpegang pada fakta keroncong dan langgam menjadi primadona di masa lalu, maka Utami sebagai generasi muda di ranah keroncong ingin mengembalikan kejayaan tersebut. Ia pun tidak mau keroncong dan langgam menjadi genre musik yang tidak dikenal lagi oleh generasi muda. Ia khawatir di kalangan anak muda yang terlahir pada tahun 2000-an, keroncong dan langgam tidak dianggap sebagai warna musik Indonesia.


Atas dasar itu, Utami bersama penyanyi keroncong senior Waljinah berencana menggelar konser musik keroncong. Konser keroncong dan langgam Jawa ini akan dilaksanakan pada 24 Agustus di Hotel Sultan Jakarta. Dalam konser tersebut, Utami pun mengundang beberapa seniornya seperti Waldjinah, Mus Mulyadi dan Tuti Maryati.


"Konser akan menjadi satu dari banyak usaha yang akan aku lakukan untuk melestarikan keroncong di Indonesia. Tujuanku hanya satu, yaitu membawa keroncong dan langgam jawa menjadi tuan rumah di Indonesia. Setelah tujuan itu tercapai, maka barulah aku membawa keroncong dan langgam ke dunia internasional," tegas anak didik Waljinah itu.


Sementara itu, sebagai penyanyi dengan warna musik yang jarang diminati tersebut, Utami pun memiliki pengalaman suka dan duka. Pengalaman dukanya, Utami masih suka dipandang sebelah mata oleh orang-orang yang mendewakan genre musik pop dan rock. Sementara sukanya adalah ia bangga menjadi penyanyi yang berani melestarikan budaya bangsa Indonesia.


"Aku yakin tidak banyak penyanyi yang mau melestarikan keroncong dan langgam. Apalagi dibutuhkan teknik dengan kesulitan tinggi untuk bisa menyanyikan lagu-lagu keroncong dan langgam. Karena itulah aku merasa spesial saat menyanyikan lagu keroncong dan langgam," tambah Utami.



Anda sedang membaca artikel tentang

Indra Utami Tamsir Kembalikan Kejayaan Keroncong dan Langgam Jawa

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/07/indra-utami-tamsir-kembalikan-kejayaan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Indra Utami Tamsir Kembalikan Kejayaan Keroncong dan Langgam Jawa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Indra Utami Tamsir Kembalikan Kejayaan Keroncong dan Langgam Jawa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger