Nyanyikan Lirik Bahasa Inggris, Bukan Berarti Tak Miliki Rasa Nasionalisme

Written By Solution Anti Virus on Sunday, May 18, 2014 | 11:21 AM


Jakarta - Musisi Hip Hop, JFlow, sering ditanya mengapa memilih menciptakan lagu dengan bahasa Inggris padahal ia adalah orang Indonesia. Jiwa nasionalismenya pun pernah diragukan hanya karena cuitannya di Twitter sering menggunakan bahasa Inggris.


Sedangkan menurutnya, setiap orang berhak menunjukan rasa nasionalismenya dengan cara apapun.


"Bayangkan Indonesia adalah negara dengan pengguna Twitter terbanyak dan sangat aktif. Namun, banyak orang asing yang mengeluhkan sulit mendapatkan informasi mengenai kondisi dan segala hal tentang Indonesia dari warganya melalui jejaring sosial. Hal itu karena tidak banyak yang nge-twit atau melaporkan langsung dengan bahasa Inggris yang menceritakan kondisi politik, sosial dan sebagainya dari Indonesia," ungkap JFlow pada acara "A Celebration of Tolerance and Diversity" oleh SabangMerauke di Jakarta, Sabtu (17/5).


Dengan begitu, menurut rapper dengan nama asli Joshua Matulessy ini, orang-orang asing tersebut akhirnya memilih membaca informasi dari jejaring sosial media-media di Indonesia yang berbahasa Inggris.


"Bentuk nasionalisme bisa apa saja, dengan sebuah karya menggunakan bahasa apapun tidak masalah," tutur JFlow.


Salah satu upaya JFlow dalam memasarkan Indonesia secara halus pun ia lakukan saat suting video lagu bersama dengan band Kotak, yang merupakan program kampanye Achilles dan Manchaster United tahun lalu di inggris. Ia mengenakan topi merah yang bertuliskan +62 berwarna putih.


"Saat itu saya tidak mungkin menggunakan kaos atau atribut Indonesia yang mencolok, karena itu kan proyek dengan pihak luar. Akhirnya saya pakai topi ini. Dan bila mereka (orang asing) mencari +62 di internet, mereka akan menemukan bahwa ini adalah kode telepon internasional untuk Indonesia. Dari situ mereka akan tahu Indonesia," tandas JFlow.


Anda sedang membaca artikel tentang

Nyanyikan Lirik Bahasa Inggris, Bukan Berarti Tak Miliki Rasa Nasionalisme

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2014/05/nyanyikan-lirik-bahasa-inggris-bukan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nyanyikan Lirik Bahasa Inggris, Bukan Berarti Tak Miliki Rasa Nasionalisme

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nyanyikan Lirik Bahasa Inggris, Bukan Berarti Tak Miliki Rasa Nasionalisme

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger