2013, Ekspor Lukisan Bali Mencapai Rp 19,3 M

Written By Solution Anti Virus on Thursday, January 23, 2014 | 11:21 AM


Denpasar - Bali berhasil meraup devisa dari ekspor lukisan senilai 1,59 juta dolar AS (Rp19,3 miliar) selama sepuluh bulan periode Januari-Oktober 2013, naik 17,22 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya tercatat 1,34 juta dolar AS (Rp 16,267 miliar).


"Namun untuk volume merosot 86,53 persen dari 3,04 juta lembar selama sepuluh bulan pertama 2012 menjadi hanya 410.698 lembar pada kurun waktu yang sama 2013," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Bali I Ketut Teneng di Denpasar, Kamis (23/1).


Volume yang menurun tajam ini menunjukkan karya para seniman yang menembus pasaran mancanegara semakin bermutu sehingga dihargai mahal oleh para pencintanya di luar negeri.


"Ekspor lukisan itu hanya yang tercatat secara resmi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, karena kanvas karya seniman Bali lebih banyak dibeli oleh wisatawan mancanegara saat berliburan ke Bali, maupun koleksi seni yang langsung dibawa pulang ke negaranya, sehingga tidak tercatat secara resmi," tutur Ketut Teneng.


Dengan demikian hasil penjualan lukisan di masyarakat, khususnya di perkampungan seniman Ubud dan sekitarnya dari segi nilai dan volumenya jauh lebih besar dibanding yang tercatat secara resmi.


Ketut Teneng menambahkan, ekspor lukisan berfluktuasi setiap tahun, namun secara rata-rata dalam lima tahun terakhir meningkat sebesar 41,4 persen.


Peningkatan yang signifikan itu berkat hasil kreativitas seniman lukis Pulau Dewata sangat diminati pencinta seni maupun kolektor mancanegara.


Demikian pula wisatawan dalam negeri saat berliburan ke Pulau Dewata membeli hal yang sama, namun semua itu sulit dipantau, mengingat cinderamata, termasuk lukisan dapat mereka bawa secara mudah.


Lukisan yang dibeli langsung oleh wisatawan dalam dan luar negeri itu diperkirakan nilainya lebih besar dibandingkan yang tercatat secara resmi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat.


Seniman Bali secara perorangan maupun kelompok kini semakin gencar menggelar pameran baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Hal itu sangat berpengaruh positif dalam memasarkan hasil-hasil karya seni, tutur Ketut Teneng.


Anda sedang membaca artikel tentang

2013, Ekspor Lukisan Bali Mencapai Rp 19,3 M

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2014/01/2013-ekspor-lukisan-bali-mencapai-rp.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

2013, Ekspor Lukisan Bali Mencapai Rp 19,3 M

namun jangan lupa untuk meletakkan link

2013, Ekspor Lukisan Bali Mencapai Rp 19,3 M

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger