Indo Star Trek, Menyatukan Para Pecinta Star Trek

Written By Solution Anti Virus on Sunday, November 24, 2013 | 11:21 AM


Jakarta - Film seri fiksi ilmiah (science fiction) "Star Trek" sudah tayang di televisi sejak tahun 1966. Sejak itu pula,  perjuangan sekelompok ilmuwan di dalam pesawat luar angkasa USS Enterprise itu menarik penggemar di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.


Meski sudah lama berhenti mengudara di televisi dan muncul dalam bentuk film bioskop, para pecinta "Star Trek" atau yang disebut trekkies atau trekkers di Indonesia tak berhenti mengapresiasi tayangan tersebut. Para trekkies Indonesia pun membuat wadah berkumpul dan berdiskusi yang mereka sebutkan Indo Star Trek.


"Tadinya terpisah, ada USS Batavia, USS Parahyangan, Wrap Nine, lalu melebur jadi satu di Indo Star Trek tahun 2003 saat Ismanto membuat milisnya," ujar Project Officer Star Trek Day 2013 Hilmy Hasanuddin saat ditemui di Star Trek Day, Jakarta, Sabtu (23/11).


Setelah milis Indo Star Trek dibuat pada 2003, pertemuan pertama para anggota komunitas baru diadakan pada tahun 2006 dan disebut dengan First Contact.


"Kami di sini tidak ada ketuanya, hanya ada administrator yang mengatur milis. Komunitas ini wadah untuk yang suka Star Trek, kita berteman dan kumpul di sini," tambah Hilmy.


Anggota komunitas Indo Star Trek terdiri dari berbaga latar belakang profesi, pendidikan, dan umur. Yang unik, ada sebutan tertentu bagi para anggota.


"Kami mengikuti tingkatan di Pramuka. Ketika beranjak umur tertentu, bisa menjadi commander, jadi captain, semuanya akan merasakan. Kami maunya semua sama tidak ada senioritas," ujar Hilmy.


Untuk anggota komunitas dengan range umur di bawah umur 10 tahun disebut Cadet, lalu seterusnya berurutan Ensign, Liutenant, Commander, Captain, dan Admiral. Apabila nantinya anggota komunitas telah mencapai umur tertentu maka ia akan diinaugurasi dengan sebutan baru.


"Anggota kami paling muda 14 tahun, paling senior di atas 55 tahun," ujar Hilmy.


Selain berdiskusi lewat milis, menurut Hilmy para anggota Indo Star Trek juga melakukan gathering, movie screening, diskusi, dan Spaceship Bridge Simulation paling tidak sebulan sekali.


Anda sedang membaca artikel tentang

Indo Star Trek, Menyatukan Para Pecinta Star Trek

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/11/indo-star-trek-menyatukan-para-pecinta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Indo Star Trek, Menyatukan Para Pecinta Star Trek

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Indo Star Trek, Menyatukan Para Pecinta Star Trek

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger