MotoGP, Selamat Tinggal Laguna Seca!

Written By Solution Anti Virus on Tuesday, October 1, 2013 | 11:30 AM





LAGUNA SECA, KOMPAS.com - Sirkuit Mazda Raceway Laguna Seca tak akan ada lagi dalam jadwal MotoGP tahun depan. Uang jadi pertimbangan utama dicabutnya sirkuit yang jadi tuan rumah GP Amerika Serikat, sejak 2005 tersebut, dari kalender rutin MotoGP.

Musim ini, Amerika tiga kali jadi tuan rumah MotoGP, di Austin, Indianapolis, dan Laguna Seca. Berbeda dengan Indianapolis dan Austin yang mendapat dukungan dana dari beberapa pemerintah lokal, Laguna Seca dikeloloa oleh organisasi non profit. Inilah salah satu yang jadi alasan kuat dikeluarkannya Laguna Seca.

"Selama 25 tahun, Mazda Receway Laguna Seca menjadi tuan rumah balap motor di Amerika Serikat, menggelar 15 kejuaraan dunia sejak 1988. Sayangnya, meski banyak dukungan penonton yang loyal, sponsor, dan media, tidak akan ada GP AS (di Laguna Seca) ke-16 pada 2014," kata juru bicara Lagun Seca.

"Saat ini, Amerika hanya bisa mendukung dua event MotoGP. Dukungan yang diberikan negara bagian Texas (Austin) dan Indiana (Indianapolis), membuat posisi kami sebagai sirkuit non profit jadi sulit untuk bersaing," lanjutnya.

Laguna Seca pada 1988 untuk kali pertama jadi tuan rumah balap 250cc dan 500cc, hingga 1991. Pada 1993-1994, sirkuit yang dibangun di atas danau kering ini, jadi tuan rumah balap 125cc, 250cc, dan 500cc.

Setelah menghilang cukup lama, pada 2005 Laguna Seca kembali hadir, khusus untuk kelas MotoGP. Pebalap AS, Nicky Hayden keluar sebagai juara , yang berulang pada tahun berikutnya. Musim ini, Marc Marquez yang merupakan rookie MotoGP, dan baru kali pertama mencoba lintasan ini, langsung keluar sebagai juara.

Laguna Seca terdiri dari 11 tikungan, dan yang paling terkenal adalah The Corkscrew yang merupakan tikungan delapan. Pada balapan Juli lalu, Marquez melakukan manuver dengan melewati Valentino Rossi di tikungan ini.




Editor : Pipit Puspita Rini















Anda sedang membaca artikel tentang

MotoGP, Selamat Tinggal Laguna Seca!

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/10/motogp-selamat-tinggal-laguna-seca.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

MotoGP, Selamat Tinggal Laguna Seca!

namun jangan lupa untuk meletakkan link

MotoGP, Selamat Tinggal Laguna Seca!

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger