Tim Malaysia Juarai Kompetisi Barongsai di SMS

Written By Solution Anti Virus on Monday, September 30, 2013 | 11:21 AM


Tangerang - Perhelatan International Lion Dance Championship 2013 di Summarecon Mal Serpong (SMS), Tangerang, Banten, dimenangkan tim barongsai dari Negeri Sembilan Malaysia. Tim asal Malaysia itu menjadi juara pertama karena meraih nilai tertinggi 9,21 dengan tingkat kesulitan 16.


Kompetisi itu diikuti 18 tim dari delapan negara yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Hong Kong, Tiongkok, Taiwan, Makau, dan Filipina. Pihak SMS bekerja sama dengan Kung Seng Keng (KSK) Indonesia dan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) serta Himpunan Bersatu Teguh Padang (HBT) yang kembali menggelar kompetisi barongsai tingkat internasional untuk kedua kalinya.


Posisi kedua diduduki oleh tim barongsai dari Kun Seng Keng (KSK) Hong Kong dengan nilai 9,14 dan tingkat 15 kesulitan. Disusul posisi ketiga oleh dari Khu Ching juga dari Malaysia, dengan nilai 9,04, tingkat kesulitan 18 serta 1 kali kesalahan ringan hingga terjadi pengurangan nilai 0,1.


Sementara, Indonesia meraih juara keempat lewat tim barongsai dari Naga Langit dengan perolehan nilai 9,01, kesulitan 12 tanpa kesalahan. Disusul Tiongkok pda posisi kelima pada nilai 8,91, tingkat kesulitan 14.


Syarif Benyamin, Direktur PT Summarecon Tbk, mengatakan, kegiatan yang digelar sejak 27-29 September 2013 itu merupakan penyelenggaraan kedua. Sebelumnya pernah dilangsungkan pada 2007. Melihat antusias masyarakat dan juga komunitas pemerhati serta pencinta barongsai di Indonesia sangat besar maka kembali diselenggarakan.


"Pelaksanaan kompetisi merupakan sumbangsih SMS dalam rangka turut melestarikan dan membudidayakan kesenian barongsai yang ada di Indonesia. Harapan kami, tim barongsai Indonesia dapat makin berkibar dan bicara di kancah internasional," kata Syarif akhir pekan lalu di Gading Serpong, Tangerang.


Sementara itu, Ketua Pembina FOBI Arifin Himawan mengatakan, kompetisi itu menerapkan standar internasional dengan aturan ketat untuk menentukan kelompok Lion Dance terbaik. Dalam International Lion Dance Championship 2013 yang digelar, ada 18 tim dari 8 negara peserta. Indonesia diwakili lima tim.


"Wasitnya pun sudah memiliki sertifikasi tingkat internasional. Diharapkan, lewat kompetisi ini bisa melahirkan atlet-atlet terbaik Indonesia. Beberapa hal yang menjadi kriteria penilaian, adalah keserasian gerak, dekoratif ornamen, kekompakan tim, serta kemampuan menampilkan gerak akrobatik yang sulit dengan tiang," ungkap Arifin.



Anda sedang membaca artikel tentang

Tim Malaysia Juarai Kompetisi Barongsai di SMS

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/09/tim-malaysia-juarai-kompetisi-barongsai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tim Malaysia Juarai Kompetisi Barongsai di SMS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tim Malaysia Juarai Kompetisi Barongsai di SMS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger