Penutup Panel Lampu Jalan Banyak yang Hilang

Written By Solution Anti Virus on Sunday, September 15, 2013 | 11:38 AM






JAKARTA, KOMPAS.com — Penutup panel pembagi pada tiang-tiang lampu jalan banyak yang hilang dicuri orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Panel yang terbuka atau tanpa penutup tersebut dapat membahayakan siapa pun yang memegang baik sengaja maupun tidak.

Penutup panel berguna sebagai pengaman. Di dalamnya terdapat beberapa komponen kelistrikan, seperti kabel, yang berguna untuk menyalakan lampu jalan. Jika penutup panel hilang, otomatis kabel tidak berpengaman, dan dapat menyetrum siapa pun yang memegangnya.

Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat, Iswandi, mengatakan kerugian akibat pencurian tersebut tidak seberapa. Iswandi lebih mengkhawatirkan keselamatan warga akibat hilangnya penutup panel itu. "Kerugian sih tidak begitu besar, tapi dari segi keamanan itu (membahayakan)," ujarnya saat dihungungi, Minggu (15/9/2013).

Penutup panel itu terbuat dari bahan plak. Letaknya di badan tiang, sekitar 80 sentimeter dari permukaan tanah. Di dalam penutup tersebut terdapat panel pembagi aliran listrik dari gardu induk. Panel tersebut ditutup dan dikencangkan dengan baut.

Iswandi mengatakan, tiang lampu jalan yang penutup panelnya hilang kini ditutup dengan triplek dan dicat dengan cat warna senada dengan tiang tersebut. "Kalau kita ganti terus, ilang-ilang terus. Makanya untuk mengantisipasi kami tutup dengan triplek yang diikat dan dicat," ujar Iswandi.

Tutup panel tiang listrik yang hilang banyak ditemukan di jalan-jalan perumahan ataupun jalan besar seperti di Johar Baru, Gambir, Tanah Abang, dan Monas.




Editor : Egidius Patnistik
















Anda sedang membaca artikel tentang

Penutup Panel Lampu Jalan Banyak yang Hilang

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/09/penutup-panel-lampu-jalan-banyak-yang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penutup Panel Lampu Jalan Banyak yang Hilang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penutup Panel Lampu Jalan Banyak yang Hilang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger