KPK Kembali Periksa Mantan Deputi Gubernur BI Ardhayadi

Written By Solution Anti Virus on Tuesday, August 20, 2013 | 11:13 AM






JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Ardhayadi Mitroatmodjo terkait penyidikan kasus dugaan korupsi pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik, Selasa (20/8/2013). Ardhayadi akan dimintai keterangan untuk tersangka kasus itu, mantan Deputi Gubernur BI, Budi Mulya.

"Diperiksa sebagai saksi," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha. Adapun Ardhayadi tiba di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta sekitar pukul 09.45 WIB dengan didampingi seorang stafnya.

Kepada wartawan, dia enggan berkomentar. "Pagi, pagi," ujar Ardhayadi singkat menyapa wartawan kemudian masuk ke lobi Gedung KPK.

Pemeriksaan Ardhayadi ini bukan yang pertama. KPK beberapa kali memeriksa dia sebagai saksi. Ardhayadi dan Budi tercatat sebagai mantan kolega saat sama-sama menjadi deputi gubernur BI periode lalu.

Ardhayadi mulai bekerja di BI pada tahun 1978 sebagai programmer atau asisten manajer di Direktorat Teknologi Informasi. Selama bekerja di BI, Ardhayadi pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia London pada tahun 2004-2007. Dia juga pernah menjabat sebagai Direktur Pengawasan Bank II.

Ardhayadi kemudian diangkat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia pada 29 November 2007.

Dalam kasus Century, KPK menetapkan Budi Mulya sebagai tersangka. Mereka disangka menyalahgunakan wewenang dalam pemberian FPJP kepada Bank Century tahun 2008 dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik. Diduga, ada kesengajaan untuk mengubah syarat rasio kecukupan modal atau CAR (capital adequacy ratio) penerima FPJP dari minimal 8 persen menjadi CAR positif.  Sehingga, CAR Century yang ketika itu hanya 2,35 persen bisa mendapat pinjaman Rp 502,07 miliar.




Editor : Inggried Dwi Wedhaswary







Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:











Anda sedang membaca artikel tentang

KPK Kembali Periksa Mantan Deputi Gubernur BI Ardhayadi

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/08/kpk-kembali-periksa-mantan-deputi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPK Kembali Periksa Mantan Deputi Gubernur BI Ardhayadi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPK Kembali Periksa Mantan Deputi Gubernur BI Ardhayadi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger