Selain Marzuki, Hayono Isman Juga Ikut Konvensi Capres Demokrat

Written By Solution Anti Virus on Monday, July 29, 2013 | 11:13 AM






JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Hayono Isman turut meramaikan bursa peserta konvensi capres Partai Demokrat. Hayono yang merupakan anggota Dewan Pembina Partai Demokrat ini maju sebagai salah satu kandidat capres dari internal partai selain Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Marzuki Alie.

"Dari dalam itu ada pak Marzuki dan saya. Saya sudah menyatakan minat kepada Pak SBY sebaga kapasitanya sebagai Ketum PD, untuk ikut konvensi," ujar Hayono di Kompleks Parlemen, Senin (29/7/2013).

Dia menjelaskan bahwa surat pengajuan dirinya maju dalam konvensi sudah diserahkan kepada petinggi Partai Demokrat pekan lalu. Namun, Hayono menyerahkan keputusan seluruhnya kepada Majelis Tinggi.

Anggota Komisi I DPR ini mengungkapkan alasannya ikut dalam konvensi yakni sebagai salah satu pengabdiannya kepada masyarakat. "Kedua, yang saya tahu baru Pak Marzuki Alie dari internal partai, sehingga menurut saya kehadiran internal seimbang dari luar partai. Harus banyak kader yang ikut," ucapnya.

Sebelumnya, Marzuki Alie yang merupakan Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat sudah lebih dulu menyatakan niatnya maju sebagai peserta konvensi. Hayono menyadari elektabilitasnya masih kalah jauh dibandingkan Marzuki.

"Pak Marzuki lebih tinggi. Itu tidak buat saya patah semangat sebagai kader untuk ikut konvensi. Tapi secara eligibilitas, saya kira sama dengan saya," katanya.

Meski sudah menyatakan niat untuk maju sebagai peserta konvensi, Hayono mengaku belum membentuk tim sukses. Ia juga menyerahkan sepenuhnya penilaian kepada publik atas pencalonannya ini.

Selain dari kader internal, sejumlah tokoh juga menyatakan ketertarikannya ikut dalam konvensi Partai Demokrat. Mereka adalah Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman. Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono juga sempat menyebutkan dua nama lainnya yang akan ikut dalam konvensi yakni mantan Kepala Staf Angkatan Darat Pramono Edhie Wibowo dan mantan Juru Bicara Kepresidenan Dino Pati Djalal.

Terkait konvensi, SBY sudah mengumumkan tujuh butir pokok terkait konvensi Partai Demokrat pada Minggu (7/7/2013) lalu. Penjelasan SBY dilakukan lantaran dia menyadari banyak bias yang terjadi terkait konvensi yang akan dilakukan partainya.

Di dalam penjelasannya, SBY menuturkan tujuh pokok terkait konvensi seperti penyusunan komite seleksi yang terdiri dari unsur internal dan independen. Komite seleksi ini juga yang akan menentukan kriteria dan juga mengumumkan peserta konvensi pada Agustus 2013 ini.

Sementara peserta konvensi bisa berasal dari kader Partai Demokrat atau pun non-kader. Mereka yang lolos seleksi sebagai kandidat capres nantinya harus menjalani konvensi selama delapan bulan yang dibagi ke dalam dua tahapan. Mereka akan disurvei oleh tiga lembaga dan hasilnuya diumumkan ke publik. Setelah hasil pileg diketahui, Partai Demokrat baru akan mengumumkan kandidat capres yang diusungnya.




Editor : Caroline Damanik


















Anda sedang membaca artikel tentang

Selain Marzuki, Hayono Isman Juga Ikut Konvensi Capres Demokrat

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/07/selain-marzuki-hayono-isman-juga-ikut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Selain Marzuki, Hayono Isman Juga Ikut Konvensi Capres Demokrat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Selain Marzuki, Hayono Isman Juga Ikut Konvensi Capres Demokrat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger