Pedagang Tolak Kosongkan Pasar Mobil Kemayoran

Written By Solution Anti Virus on Friday, April 12, 2013 | 11:38 AM


JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Pedagang Mobil Kemayoran (PPMK) akan menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Pusat Pengelola Kompleks Kemayoran (PPKK) di jalan Industri, Kemayoran, Jakarta Pusat. Mereka menuntut pihak PPKK agar memperpanjang masa sewa yang akan berakhir pada 30 April 2013.


Mereka berjalan menuju jalan Industri dengan menggunakan motor dan mobil. Toko-toko milik mereka pun ditutup sementara.


Abdul Hakim, Ketua PPMK mengatakan, pihaknya akan terus memperjuangkan perpanjangan masa sewa lahan seluas delapan hektar ini. Hal ini mereka lakukan agar terus dapat berjualan di kompleks C9 ini.


"Ini sebenarnya tanah negara. Mereka tidak berhak membongkar karena tidak ada suratnya," jelasnya di kompleks pasar mobil kemayoran, Jumat (12/4/2013).


Hakim mengakui, sebenarnya masa sewa lahan ini sudah berakhir pada April 2012. Akan tetapi, PT Sasamu Artaganda, perusahaan pengelola kompleks C9, masih tetap menarik biaya sewa yang diperpanjang per tiga bulan.


"Kita sudah membayar, tetapi mereka bilang kami tetap harus sudah mengosongkan kompleks pada akhir bulan ini," ujarnya.


Selain itu, kata Hakim, para pedagang sebenarnya sudah siap untuk direlokasi apabila tanah tersebut memang tidak diperbolehkan lagi untuk melakukan usaha. Akan tetapi, sampai saat ini belum ada kejelasan tentang relokasi ini.


"Kami mau kok untuk direlokasi. Tetapi harus ada kejelasan. Mereka pernah bilang akan dipindahkan ke MGK (Mega Glodok Kemayoran). Kan gila, mana bisa itu dijadikan tempat showroom mobil," kata Hakim.


Sekitar 1.000 pedagang di kompleks pasar mobil Kemayoran ini sudah berjualan selama 18 tahun. Angka ini belum termasuk karyawan toko. Bila dijumlah, terdapat 7.000 orang pekerja yang berada di sini.


Di dalam kawasan C9 ini terdapat sekitar 1.000 toko dan showroom mobil. Perbulannya, mereka dikenai biaya sewa toko sebesar Rp 2.500.000 sampai Rp 7.000.000, tergantung tempat dan luas toko.


"Itu belum termasuk uang keamanan, kebersihan, listrik dan lainnya," ucapnya.


Sementara itu, Kapolsek Metro Kemayoran Komisaris M Sagala mengatakan, estimasi jumlah orang yang diajukan untuk melakukan aksi ini berjumlah 500 sampai 700 orang.


"Kami mengerahkan 100 personel untuk keamanan," ujarnya saat dihubungi Kompas.com.






Editor :


Ana Shofiana Syatiri









Anda sedang membaca artikel tentang

Pedagang Tolak Kosongkan Pasar Mobil Kemayoran

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/04/pedagang-tolak-kosongkan-pasar-mobil.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pedagang Tolak Kosongkan Pasar Mobil Kemayoran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pedagang Tolak Kosongkan Pasar Mobil Kemayoran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger