Hari ini, MK Pilih Pengganti Mahfud MD

Written By Solution Anti Virus on Wednesday, April 3, 2013 | 11:12 AM





Hari ini, MK Pilih Pengganti Mahfud MD





Penulis : Sandro Gatra | Rabu, 3 April 2013 | 10:14 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com — Mahkamah Konstitusi akan menggelar rapat pleno pemilihan ketua MK periode 2013-2015 di Gedung MK, Jakarta, Rabu (3/4/2013) pukul 10.00 WIB. Pemilihan dilakukan setelah berakhirnya masa jabatan Mahfud MD sebagai hakim konstitusi pada 1 April 2013.


Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2011 tentang Perubahan UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang MK, pemilihan ketua MK awalnya dilakukan secara musyawarah oleh sembilan hakim konstitusi secara tertutup. Dalam pemilihan ini, setiap hakim konstitusi berhak mencalonkan dan dicalonkan sebagai ketua MK.


Sembilan hakim konstitusi itu ialah Achmad Sodiki, Harjono, M Akil Mochtar, Maria Farida Indarti, Muhammad Alim, Ahmad Fadlil Sumadi, Hamdan Zoelva, Anwar Usman, dan Arief Hidayat. Arief baru menjadi hakim MK menggantikan Mahfud.


Dalam siaran pers pihak MK, pemilihan bisa dilakukan minimal oleh tujuh hakim konstitusi. Jika tak memenuhi kuorum, rapat musyawarah ditunda selama dua jam. Namun, jika setelah dua jam masih tidak memenuhi kuorum, rapat pemilihan tetap dilakukan oleh hakim yang telah hadir.


"Jika musyawarah tidak berhasil mencapai kesepakatan bulat atau aklamasi, keputusan pemilihan ketua MK diambil dengan voting berdasarkan suara terbanyak dalam rapat pleno terbuka untuk umum," tulis pihak MK.


Tidak seperti masa jabatan dua ketua MK sebelumnya, yakni Jimly Asshiddiqie dan Mahfud MD, masa jabatan ketua MK nantinya hanya akan menjabat selama dua tahun enam bulan. Hal itu berdasarkan hasil revisi UU MK. Sebelum direvisi, masa jabatan ketua MK dan wakil ketua MK adalah tiga tahun.


















Anda sedang membaca artikel tentang

Hari ini, MK Pilih Pengganti Mahfud MD

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/04/hari-ini-mk-pilih-pengganti-mahfud-md.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hari ini, MK Pilih Pengganti Mahfud MD

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hari ini, MK Pilih Pengganti Mahfud MD

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger