Bola Panas Gubernur BI

Written By Solution Anti Virus on Thursday, March 7, 2013 | 11:06 AM


KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengirimkan nama calon tunggal untuk mengisi jabatan gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018 ke badan legislatif. Nama itu adalah Agus Darmawan Wintarto Martowardojo yang saat ini menjabat Menteri Keuangan.


Terlepas dari pro-kontra yang muncul, Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat melalui rapat internal, Selasa (5/3/2013) malam, telah menerima pencalonan Agus secara aklamasi. Artinya, mantan direktur utama Bank Mandiri itu akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan pada 25 Maret. Hari penentuannya jatuh sehari kemudian.


Pengajuan calon gubernur Bank Indonesia (BI) sepenuhnya hak prerogatif presiden. Soal diterima atau tidak, stempelnya ada di Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat.


Tak ada yang janggal dengan suksesi di kursi gubernur BI kali ini karena masa jabatan Darmin Nasution sebagai Gubernur BI sekarang akan berakhir pada Mei 2013. Artinya, tahapan suksesi memang sudah waktunya. Sampai di sini, langkah Presiden mengajukan kandidat gubernur BI yang baru memang sudah selayaknya.


Namun, ada konteks yang tak pelak menggiring kemunculan sejumlah spekulasi. Konteks itu adalah bola panas di BI maupun di kursi Menteri Keuangan.


Bola panas di BI berkaitan dengan kasus dugaan korupsi atas pengucuran dana talangan ke Bank Century. BI dinilai sebagai salah satu tempat yang menyimpan informasi penting soal itu.


Sementara bola panas di Kementerian Keuangan berkaitan dengan figur Agus. Agus dikenal ketat dan disiplin menjalankan ketentuan keuangan serta menutup sejumlah lubang kebocoran penerimaan negara. Sikap ini acapkali berbenturan dengan kepentingan sejumlah pihak sehingga berkeinginan menggeser Agus dari kursi Menteri Keuangan.


Agus dikenal ketat dalam menjaga kesehatan fiskal. Dia tidak akan pernah mempertaruhkan kesehatan fiskal ini antara lain dengan menjadi APBN sebagai penjamin berbagai proyek besar. Karena pengalaman selama ini, kesehatan fiskal langsung terganggu dan keuangan negara langsung terpengaruh begitu proyek tadi mendadak bermasalah.


Tak bisa dimungkiri, kesehatan fiskal Indonesia belakangan ini termasuk yang terbaik di dunia. Sebuah kondisi yang sudah ada sejak era Menkeu Sri Mulyani Indrawati dan dilanjutkan pada era Agus. Beberapa negara di Eropa kolaps karena gagal dalam menjaga kesehatan fiskal terutama defisit anggaran yang selalu melampaui ketentuan tertentu.


Bagi Presiden Yudhoyono, mendudukkan orang kepercayaan di BI adalah sekarang waktunya. Sementara di sisi lain, sejumlah pihak berkepentingan agar Agus digeser dari kursi Menteri Keuangan agar kepentingan-kepentingan mereka tidak lagi tersumbat, tetapi mengalir sampai jauh. Agar anggaran bisa lebih longgar.


Apalagi kalkulasi ekonomi cenderung menunjukkan bahwa mempertahankan status quo pada jabatan gubernur BI dan menteri keuangan lebih menjamin stabilitas ekonomi.


Stabilitas ekonomi terang diperlukan kapan pun, apalagi menjelang Pemilihan Umum 2014 sekaligus kurang dari 1,5 tahun sisa masa jabatan pemerintahan Yudhoyono. Artinya, jabatan menteri keuangan dan gubernur BI lebih baik dipertahankan dalam posisinya sekarang.


Banyak pengamat ekonomi berpandangan bahwa Darmin Nasution lebih baik diajukan kembali menjadi calon gubernur Bank Indonesia periode tahun 2013-2018. Sementara Agus Martowardojo dipertahankan sebagai menteri keuangan sampai dengan akhir periode pemerintahan Yudhoyono.


Maka saat pilihan Presiden Yudhoyono dinilai agak berbeda dengan perhitungan ekonomi tersebut, spekulasi tentang skenario pemindahan Agus pun mendapatkan landasannya.


Namanya spekulasi bisa ke mana-mana. Tapi ada kalanya spekulasi menjadi ramalan yang menjadi kenyataan. Nah, apakah spekulasi seputar pergeseran Agus tersebut benar atau tidak, hanya waktu yang mampu menjawab. Kita lihat saja.(FX LAKSANA AGUNG SAPUTRA)







Editor :


Erlangga Djumena









Anda sedang membaca artikel tentang

Bola Panas Gubernur BI

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/03/bola-panas-gubernur-bi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bola Panas Gubernur BI

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bola Panas Gubernur BI

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger