Anis Matta Tak Akan Bawa Banyak Perubahan

Written By Solution Anti Virus on Sunday, February 3, 2013 | 11:12 AM


JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat politik Burhanudin Muhtadi menilai kepemimpinan Anis Matta tidak akan membawa pengaruh banyak untuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS).


Pasalnya, saat ini PKS mendapatkan ujian yang paling berat dalam sejarahnya setelah Presiden PKS sebelumnya, Luthfi Hasan Ishaaq, ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan suap impor daging sapi.


"Saya kira Anis Matta terpilih jadi presiden pasca-krisis politik paling besar yang dialami PKS. Dari sisi pendekatan politik, tidak ada perubahan signifikan, Anis sebagai presiden baru," kata Burhanudin, Sabtu (2/2/2013) di Jakarta.


Menurutnya, tantangan yang dihadapi Anis Matta kali ini jauh lebih berat dan besar. Kasus yang menimpa Luthfi Hasan memberikan gambaran kepada publik bahwa PKS memiliki kepentingan jangka pendek untuk Pemilu 2014 dalam kasus itu.


Hal ini akan memengaruhi elektabilitas partai berlandaskan Islam itu.


"Dari orientasi kebijakan, Anis Matta bisa lakukan pendekatan double track atau strategi ganda di mana PKS tetap mencoba pertahankan captive market miliknya tapi di sisi lain juga mencari pemilih baru," imbuh Burhanudin.


Namun, mencari pemilih baru juga bukan perkara mudah. Menurut alumnus UIN Syarif Hidayatullah itu, PKS selama ini bertumpu pada kadernya dan saat ini PKS tengah dilanda krisis kepercayaan.


Sejak PKS didirikan (sebelumnya Partai Keadilan), belum pernah partai ini tersandung kasus korupsi.


"Kasus Luthfi Hasan ini tidak sebanding dengan Misbakhun karena dia bukan elite dan ditangani kepolisian serta kejaksaan. Namun, ini oleh KPK, dan langsung ke posisi tertinggi PKS. Citra presiden yang soleh pun tercoreng," kata Burhanudin.


Dengan kondisi itu, ia menyebutkan bahwa efeknya ke dalam akan meruntuhkan semangat kader yang berjibaku selama ini. Adapun untuk efek ke luar, akan timbul banyak kesangsian publik.


"Akan lama bagi Anis untuk perbaiki citra partainya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah bantu KPK dan hindari politik pengingkaran. Politik pengingkaran sudah dilakukan beberapa hari terakhir," tuturnya.


Burhanudin menambahkan, PKS harus lebih terbuka soal uang masuk dan uang keluar. "Hal ini akan cepat kembalikan kepercayaan publik," imbuh Burhanudin.












Anda sedang membaca artikel tentang

Anis Matta Tak Akan Bawa Banyak Perubahan

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/02/anis-matta-tak-akan-bawa-banyak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Anis Matta Tak Akan Bawa Banyak Perubahan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Anis Matta Tak Akan Bawa Banyak Perubahan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger