Kapolri: Kaki Polisi Ada di Pengadilan dan Kuburan

Written By Solution Anti Virus on Saturday, December 29, 2012 | 11:12 AM


JAKARTA, KOMPAS.com — Berdasarkan data Indonesia Police Watch (IPW), sebanyak 49 orang menjadi korban salah tembak oleh polisi sepanjang 2012. Dari 49 orang tersebut, 17 orang tewas dan 32 lainnya luka-luka.


Menanggapi hal tersebut, Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengatakan, polisi kerap dihadapkan pada situasi yang mengancam di lapangan. Polisi kerap berurusan langsung dengan penjahat dan masyarakat. Saat itulah, polisi menghadapi situasi dilematis. Saat bertugas, satu kaki polisi berpotensi menginjak pengadilan dan satu kaki lainnya di kuburan.


"Memang polisi itu pelaksanaan tugasnya terutama dihadapkan pada ancaman. Polisi punya dua kaki, satu di pengadilan, satu di kuburan. Kalau terlambat, kita masuk ke kuburan. Nyawa kita yang hilang. Kalau terlalu cepat, dia harus tanggung jawab menyangkut orang yang ditindak," kata Timur dalam laporan akhir tahun Polri di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (28/12/2012).


Namun, menurut Timur, semua polisi yang diduga melakukan salah tembak pasti ditindak tegas. Dalam hal ini, satu kaki polisi tadi pun membawanya ke pengadilan. Perbuatan mereka akan dibuktikan di pengadilan. Sementara jika bergerak lambat, nyawa pun menjadi taruhannya bagi aparat Korps Bhayangkara itu.


Tahun 2012 ini, sebanyak 15 polisi tewas, di antaranya tewas di Solo dan Poso akibat serangan aksi teror serta penembakan kelompok bersenjata di Papua. Menurut Timur, apa yang dilakukan Polri selama ini merupakan upaya melindungi masyarakat sekitar dari gangguan keamanan yang terjadi. Jika bersalah, polisi siap mempertanggungjawabkan perbuatannya.
 
"Tapi, percayalah masyarakat. Kalau sampai ada anggota dalam situasi apa pun, kalau ada nyawa hilang, pasti mereka diperiksa, mau benar, mau salah," ujarnya.


Timur menjelaskan, tubuh Polri mendapat pengawasan eksternal. Salah satunya ialah Komisi Kepolisian Nasional. Timur mengatakan, tahun 2012 akan dijadikan bahan evaluasi bagi Polri. Di tahun 2013, aparat berseragam cokelat akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.












Anda sedang membaca artikel tentang

Kapolri: Kaki Polisi Ada di Pengadilan dan Kuburan

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2012/12/kapolri-kaki-polisi-ada-di-pengadilan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kapolri: Kaki Polisi Ada di Pengadilan dan Kuburan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kapolri: Kaki Polisi Ada di Pengadilan dan Kuburan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger