Mulai Hari Ini, Anggota DPR Jalani Presensi Sidik Jari

Written By Solution Anti Virus on Monday, November 19, 2012 | 11:12 AM


JAKARTA, KOMPAS.com — Pembukaan Masa Sidang Kedua tahun sidang 2012-2013 DPR, Senin (19/11/2012), ditandai dengan digunakannya sistem presensi sidik jari alias finger print terhadap para wakil rakyat. Hari ini merupakan kembalinya aktivitas DPR setelah menjalani masa reses selama tiga minggu.

Pantauan Kompas.com, finger print sudah mulai disiapkan petugas sebelum sidang paripurna dimulai. Terdapat 16 alat finger print scanner yang diletakkan di bagian pintu masuk Ruang Sidang Paripurna Gedung Nusantara II DPR. Alat-alat finger print scanner ini diletakkan berjejer di bagian depan dan di samping ruangan. Dari 16 alat yang disediakan, sebanyak 15 alat di antaranya untuk memindai sidik jari, sementara satu alat untuk memindai telapak tangan.

"Satu alat yang disebut handkey scanner ini digunakan kalau ada masalah semua bagian jarinya tidak bisa di-scan. Jadi, menggunakan telapak tangan," ujar Ami Utari, staf Sekretariat Jenderal DPR, Senin pagi, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan.

Ami menjelaskan, semua alat pemindai sidik jari mulai diterapkan hari ini. Alat-alat itu akan merekam sidik jari para anggota Dewan sebelum rapat dimulai.

"Nantinya akan dilakukan juga absensi saat keluar. Untuk hari ini, baru diterapkan absensi saat masuk saja," kata Ami.

Selain terdapat alat finger print scanner, para anggota Dewan juga masih mengisi daftar presensi manual sebelum masuk ke dalam ruangan dan merekam sidik jari ke alat finger print scanner. Karena sistem presensi tidak dilakukan dua kali, beberapa anggota Dewan masih terlihat mengisi daftar presensi lalu meninggalkan ruang sidang paripurna meski sidang belum dimulai.

Ketua DPR Marzuki Alie membenarkan bahwa penggunaan finger print scanner sudah mulai dilakukan hari ini.

"Sudah mulai hari ini, tapi tetap saja tidak efektif," kata Marzuki.

Penerapan sistem presensi melalui finger print ini merupakan respons karena banyaknya anggota Dewan yang mangkir rapat. Alat ini sudah sekali diuji coba. Diharapkan, dengan adanya alat ini bisa meningkatkan persentase kehadiran anggota DPR dalam setiap rapat paripurna.

Baca juga:
Finger Print' dan Kemalasan Anggota Dewan
Mampukah 'Finger Print' Atasi 'Penyakit' Malas Anggota DPR?
Seperti Buruh Pabrik, Akbar Protes 'Finger Print'






Editor :


Inggried Dwi Wedhaswary









Anda sedang membaca artikel tentang

Mulai Hari Ini, Anggota DPR Jalani Presensi Sidik Jari

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2012/11/mulai-hari-ini-anggota-dpr-jalani.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mulai Hari Ini, Anggota DPR Jalani Presensi Sidik Jari

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mulai Hari Ini, Anggota DPR Jalani Presensi Sidik Jari

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger