Dua Politisi Diduga Peminta Upeti ke Merpati dari PAN dan PD

Written By Solution Anti Virus on Thursday, November 22, 2012 | 11:12 AM


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) Rudy Setyopurnomo menyerahkan tambahan nama baru politisi yang diduga meminta upeti kepada Badan Kehormatan (BK). Kedua politisi yang diadukan ini berasal dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Fraksi Partai Demokrat.


"Dua yang dilaporkan terakhir itu fraksinya memang sama dari PAN dan Demokrat. Said Butar-butar dari Fraksi Partai Demokrat dan Muhammad Hatta dari Fraksi Partai Amanat Nasional," terang Wakil Ketua BK Abdul Wahab Dalimunthe, Kamis (22/11/2012), saat dihubungi wartawan.


Dia menjelaskan, kedua politisi itu ikut dalam pertemuan anggota Komisi XI dengan direksi PT Merpati pada tanggal 1 Oktober lalu. "Tapi, mereka diam hanya duduk saja," ucap Wahab.


Meski tidak aktif dalam pertemuan itu, Wahab menjelaskan, pihaknya juga akan memanggil kedua politisi itu untuk melengkapi keterangan yang ada. Hari ini, BK juga akan memanggil tiga politisi lain terkait upaya pemerasan direksi Merpati yakni Zulkiflimansyah, Sumaryoto, dan Achsanul Qosasi.


Sebelumnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan merevisi dua nama yang diserahkan sebelumnya terkait dugaan pemerasan di PT Merpati. Kedua nama yang dicabut yakni Andi Timo Pangerang dari Fraksi Partai Demokrat dan M Ichlas El Qudsy dari Fraksi Partai Amanat Nasional. Kedua politisi itu juga sudah membantah keikutsertaannya di dalam pertemuan tanggal 1 Oktober yang diduga sebagai upaya meminta jatah kepada direksi Merpati.


Achsanul Qosasi mengungkapkan bahwa aduan Dahlan Iskan terkait pertemuan direksi Merpati dengan sejumlah anggota Komisi XI di ruang pimpinan komisi tanggal 1 Oktober lalu. Namun, Achsanul membantah jika pertemuan itu disebut sebagai upaya pemerasan. Achsanul menceritakan, sekitar 2-3 bulan lalu, Komisi XI sempat melakukan rapat kerja dengan direksi PT Merpati Nusantara Airlines. Namun, sebelum rapat dimulai sekitar 10-15 orang anggota Komisi XI berbincang di ruang komisi sambil menunggu anggota dewan yang lain datang.


Di dalam diskusi kecil itu, Achsanul mengatakan pihak Merpati dihadiri oleh tiga direkturnya yakni Direktur Utama Merpati Rudy Setyopurnomo, Direktur Keuangan Muhammad Roem, dan Direktur Operasional Asep Eka Nugraha. Sementara anggota Komisi XI yang ada di antaranya Zulkflimansyah, Soemaryoto, Andi Timo, dan Linda Megawati.


Andi Timo kemudian membantah turut hadir dalam pertemuan itu. Pertemuan itu, diakui Achsanul, hanya membahas soal bussiness plan dirut Merpati yang baru. Ia pun menegaskan tidak ada candaan soal meminta jatah atau pun commitment fee yang dilontarkan anggota dewan saat itu terkait penyertaan modal negara (PMN) dalam perbincangan santai dengan ketiga direksi tersebut.






Editor :


Ana Shofiana Syatiri









Anda sedang membaca artikel tentang

Dua Politisi Diduga Peminta Upeti ke Merpati dari PAN dan PD

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2012/11/dua-politisi-diduga-peminta-upeti-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dua Politisi Diduga Peminta Upeti ke Merpati dari PAN dan PD

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dua Politisi Diduga Peminta Upeti ke Merpati dari PAN dan PD

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger