Menpar Ingin Kota Tua Jadi Pusat Jasa Keuangan

Written By Solution Anti Virus on Wednesday, December 10, 2014 | 11:21 AM


Jakarta - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya ingin menjadikan Kawasan Kota Tua Jakarta sebagai pusat jasa keuangan atau financial services center mengingat sejarah masa lalunya sebagai pusat perdagangan.


"Kalau kita jadikan Kota Tua sebagai pusat perdagangan seperti zaman dahulu lagi mungkin sudah tidak sesuai, jadi saya punya ide untuk menjadikan Kota Tua sebagai pusat jasa keuangan," kata Arief Yahya di Jakarta, Selasa (9/12) malam, dalam acara penetapan Kota Tua sebagai destinasi wisata nasional.


Ia mengatakan, apalagi financial services merupakan salah satu industri terbaik di dunia yang diikuti oleh properti dan ICT.


Oleh karena itu, ia meminta masukan kepada Konsorsium Kota Tua untuk mengidentifikasi lokasi paling tepat di bagian Kota Tua yang bisa dijadikan Pusat Jasa Keuangan.


"Indonesia khususnya Jakarta belum mempunyai semacam supermarket finansial yang berisi displai layanan perbankan, produk asuransi, multifinance, dan finansial sekuritas," katanya.


Melalui supermarket finansial itu siapapun yang datang bisa melihat, memilih, dan membandingkan jasa layanan keuangan bahkan investasi di Indonesia.


Pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Penasehat Konsorsium Kota Tua Lin Che Wei yang selama ini memimpin pelaksanaan revitalisasi kawasan Kota Tua mengatakan ide tersebut layak ditindaklanjuti.


"Apalagi selama ini Kawasan Kota Tua, cenderung lebih ramai di sore hingga malam hari, jadi kalau di siang hari ada kegiatan misalnya Pusat Jasa Keuangan ini akan lebih bagus dampaknya bagi pariwisata," katanya.


Pihaknya menilai potensi Kota Tua untuk dikunjungi lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) sangat besar karena turis asing yang ke Jakarta pertahun rata-rata 3 juta orang.


Sayangnya, mereka yang mampir ke Kota Tua tidak lebih dari 100-120 orang perhari.


Oleh karena itu diperlukan konsep penataan infrastruktur pendukung Kawasan Kota Tua secara terintegrasi agar mampu menampung lebih banyak wisman.


Kawasan Kota Tua per-9 Desember 2014 resmi ditetapkan sebagai destinasi wisata nasional melalui ketetapan Surat Keputusan (SK) Menteri Pariwisata.


Penetapan itu bersamaan dengan pencanangan pembangunan ruang pertunjukan seni dan budaya serta penganugerahan penghargaan bagi 8 seniman seni pertunjukan.


Penulis: /EPR


Sumber:Antara


Anda sedang membaca artikel tentang

Menpar Ingin Kota Tua Jadi Pusat Jasa Keuangan

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2014/12/menpar-ingin-kota-tua-jadi-pusat-jasa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Menpar Ingin Kota Tua Jadi Pusat Jasa Keuangan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Menpar Ingin Kota Tua Jadi Pusat Jasa Keuangan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger