Bernuansa Budaya Pesisir, "Banyuwangi Beach Jazz Festival" Berlangsung Meriah

Written By Solution Anti Virus on Sunday, December 7, 2014 | 11:21 AM


Banyuwangi - Ribuan penonton antusias menyaksikan gelaran tahunan "Britama Banyuwangi Beach Jazz Festival", Sabtu (6/12) malam, di Pantai Boom, Banyuwangi. Guyonan cerdas duet pembawa acara, Cak Lontong dan Akbar, ikut menyegarkan suasana panggung yang diletakkan tepat di bibir pantai, sehingga pandangan penonton bisa langsung menghadap ke laut yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Bali tersebut.


Kolaborasi Kua Etnika pimpinan Djaduk Ferianto, dan seni kuntulan Banyuwangi, tampil membuka acara. 70 pelaku seni tradisi kuntulan, sebuah kesenian khas Banyuwangi yang banyak menggunakan alat musik non-nada atau perkusi berhasil memikat penonton yang menyemut di depan panggung.


Tohpati and Friends kemudian muncul menghipnotis para penonton dengan menghadirkan sejumlah lagu andalannya, seperti Country, Gembala, No 1, It's a Beautiful Day, dan Mahabarata. Gitaris jazz terkemuka di Indonesia itu, juga aktif berkomunikasi dengan penonton. "Ini pertama kali saya ke Banyuwangi. Luar biasa," tutur musisi kelahiran 25 Juli 1971 tersebut di Banyuwangi, Sabtu (6/12).


Setelah Tohpati, Kua Etnika kemudin tampil kembali di panggung. Kali ini, mereka berkolaborasi dengan penyanyi Trie Utami lewat sajian sejumlah lagu, termasuk "Kupu Tarung" yang terinspirasi dari seni musik Banyuwangi.


Pentolan Kua Etnika, Djaduk Ferianto mengatakan, perhelatan "Britama Banyuwangi Beach Jazz Festival" patut diapresiasi. Mengambil tema pantai, kata dia, acara ini ingin mengangkat budaya pesisir yang yang mencerminkan kejujuran identitas, hal yang juga selaras dengan budaya Jazz, di mana unsur-unsur keterbukaan, kejujuran berekspresi dan keberagaman selalu menjadi gairah baru bagi para musisi.


"Keselarasan itulah yang menjadi latar belakang penampilan kami di ajang ini," kata Djaduk.


Sebagai pemuncak, grup legendaris, Kahitna, tampil menghibur penonton. Kelompok musik yang dimotori pianis dan pencipta lagu Yovie Widianto ini, menghadirkan sejumlah lagu andalan, seperti Tentang Diriku, Cerita Cinta, Katakan Saja, Andai Dia Tahu, Mantan Terindah, dan Cantik


"Kami sungguh merasa bangga bisa main di festival ini," ujar Yovie sambil mengapresiasi kemajuan pariwisata Banyuwangi yang sudah banyak didengarnya dari berbagai kalangan.


Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menjelaskan, "Britama Banyuwangi Beach Jazz Festival" merupakan contoh konsep penyelenggaraan pariwisata event (event tourism) dengan skema kerja sama dunia usaha. Event musik berbalut promosi wisata tersebut, disponsori oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sebagai sponsor utama dan didukung PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN), PT Bank Panin Tbk, Grup Bosowa, dan Java Banana.


"Dengan pariwisata event (event tourism) seperti Jazz Pantai ini, kami membagi kebudayaan dan potensi lokal kepada pengunjung luar daerah. Wisatawan mendapatkan pengalaman yang unik karena event tourism tentu tidak digelar tiap hari. Sekali terpikat di event tersebut, wisatawan bisa penasaran mengunjungi destinasi wisata alam dan wisata budaya yang lainnya," jelas Anas.


Kolaborasi antara musik jazz dan etnik Banyuwangi, lanjut Anas, diharapkan bisa menjadi jembatan untuk menggali kearifan lokal.


"Britama Banyuwangi Beach Jazz Festival memperlihatkan bagaimana budaya lokal dan musik jazz dapat digabungkan menjadi sebuah perhelatan acara, yang tidak hanya meningkatkan pariwisata Banyuwangi, tetapi juga memajukan usaha warga lokal," pungkas Anas.


Dalam kesempatan yang sama, Executive Vice President PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), Firman Taufick mengatakan, BRI melihat ajang musik dan pariwisata sebagai kesempatan untuk ikut berkontribusi dalam mengembangkan daerah. "Kami memahami betapa pentingnya eksistensi sebuah kebudayaan yang menjadi identitas suatu daerah," ujar dia.


Selain menikmati musik, pengunjung juga bisa membeli berbagai produk industri kreatif dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Banyuwangi yang disiapkan stan di sekitar lokasi acara. Terdapat berbagai stan pilihan yang menjajakan kuliner, batik, kaus, aksesoris, lukisan, dan kerajinan tangan setempat.


Penulis: Feriawan Hidayat/FER


Sumber: PR


Anda sedang membaca artikel tentang

Bernuansa Budaya Pesisir, "Banyuwangi Beach Jazz Festival" Berlangsung Meriah

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2014/12/bernuansa-budaya-pesisir-beach-jazz.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bernuansa Budaya Pesisir, "Banyuwangi Beach Jazz Festival" Berlangsung Meriah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bernuansa Budaya Pesisir, "Banyuwangi Beach Jazz Festival" Berlangsung Meriah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger