"Sang Kiai" Ramaikan Festival Film Cannes

Written By Solution Anti Virus on Monday, May 12, 2014 | 11:22 AM


London - Film "Sang Kiai" garapan sutradara Rako Prijanto berpartisipasi pada Festival de Cannes ke-67 yang akan berlangsung di Cannes, Prancis, dari 14 hingga 23 Mei mendatang.


"Indonesia kembali berpartisipasi pada Festival de Cannes dengan agenda utama mengikuti Marche du Film," ujar Kasubdit Festival dan Eksibisi Film, Direktorat Pengembangan Industri Perfilman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Molly Prabawaty, pada Antara di London, Minggu (11/5).


Dia mengatakan sekitar 50 film Indonesia akan ikut dipromosikan dalam Festival de Cannes yang merupakan festival film yang paling bergengsi di dunia yang diselenggarakan sejak tahun 1946.


Sang Kiai adalah film yang mengisahkan perjuangan dan keteladanan ulama asal Jombang KH Hasyim Asy'ari. Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) ini adalah kakek dari mantan Presiden KH Abdurahman Wahid (Gus Dur).


Selain "Sang Kiai" yang menjadi film terbaik dalam Festival Film Indonesia 2013, Indonesia juga akan membawa film "99 Cahaya Langit Eropa" yang diangkat dari novel Hanum Salsabiela Rais dibantu suaminya Rangga Almahendra serta film "Jalanan" karya sutradara Daniel Ziv, yang meraih Film Dokumenter Terbaik di Busan International Film Festival (BIFF) 2013.


Menurut Molly Prabawaty, Marche du Film adalah pasar film terbesar di dunia yang merupakan bagian dari program Cannes Film Festival yang setiap tahunnya dihadiri sekitar 10.000 pebisnis film dari seluruh dunia.


Sementara dalam rangkaian Festival de Cannes kali ini dihadiri oleh lebih dari 10.000 peserta yang bergerak di industri perfilman, pengusaha perfilman, produser, sutradara, bintang film, pekerja film dan wartawan dari sekitar 96 negara di dunia.


Dikatakannya, selain berpartisipasi pada Marche du Film dengan membawa sekitar 50 film Indonesia juga akan dipromosikan di booth Indonesian Cinema.


Delegasi Indonesia yang dipimpin Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu juga akan menyelenggarakan "cocktail party" yang akan dihadiri oleh sekitar 150 undangan termasuk Konjen RI, insan film, dan media internasional serta dimeriahkan pertunjukan kesenian Indonesia.


Dalam mempromosikan film Indonesia di Cannes, Direktorat Pengembangan Industri Perfilman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan katalog Film Indonesia 2013-2014, katalog shooting in Indonesia, DVD film-film Indonesia, kompilasi cuplikan atau trailer film yang akan dijual serta flash disc yang berisi katalog film dan shooting di Indonesia.




Anda sedang membaca artikel tentang

"Sang Kiai" Ramaikan Festival Film Cannes

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2014/05/kiai-ramaikan-festival-film-cannes_12.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

"Sang Kiai" Ramaikan Festival Film Cannes

namun jangan lupa untuk meletakkan link

"Sang Kiai" Ramaikan Festival Film Cannes

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger