Film "Elysium" Mengangkat Isu Kelas Sosial

Written By Solution Anti Virus on Wednesday, August 14, 2013 | 11:22 AM


Jakarta - Penggambaran kehidupan masa depan di bumi dalam film fiksi ilmiah selalu menarik dengan segala kemajuan teknologinya. Namun yang terjadi di film Elysium jauh dari menarik.


Kondisi planet bumi dan manusia yang tinggal di sana pada 2154 sangat memprihatinkan. Lapisan ozon yang nyaris hilang karena polusi yang berlebihan, kelebihan penduduk yang menyebabkan kemiskinan.


Namun, tidak semua manusia mengalami kondisi buruk tersebut. Para orang kaya bisa tinggal dengan nyaman dan udara bersih di stasiun ruang angkasa dengan teknologi mutakhir buatan Armadyne Corporation bernama Elysium.


Di Elysium manusia tidak akan pernah sakit, bahkan orang yang meninggal dunia bisa dihidupkan kembali dengan alat kesehatan bernama Med-Pods. Kemiskinan dan perang pun tidak akan pernah dirasakan manusia yang tinggal di Elysium.


Max Da Costa (Matt Damon) seorang buruh pabrik di Armadyne Corporation yang berstatus narapidana bebas bersyarat, semenjak kecil selalu mendambakan bisa tinggal di Elysium. Tapi, harapannya tidak pernah berbuah manis karena kondisi ekonominya yang tidak pernah membaik.


Namun, setelah divonis akan meninggal dalam waktu lima hari akibat radiasi dengan level mematikan karena kecelakaan saat bekerja, membuat Max ingin melakukan apa saja untuk bisa ke Elysium dan disembuhkan oleh Med-Pods.


Dia pun menhampiri Spider untuk membantunya melakukan penerbangan ilegal ke Elysium. Spider pun menyanggupi, tetapi dengan satu syarat dia harus mencuri data perusahaan Armadyne Corporation melalui pemiliknya, yakni John Carlyle (William Fichtner) yang juga telah memecat Max.


Max pun dibekali implan biomedis agar kondisi tubuhnya bisa lebih baik. Akhirnya Max dibantu dengan beberapa anak buah Spider berhasil mentransfer data dari otak Carlyle. Namun, data yang dicuri Max bukan cuma sekadar data perusahaan, tetapi data rahasia yang dapat mereset ulang semua sistem di Elysium. Ternyata Carlyle dan Menteri Pertahanan Elysium, Jessica Delacourt (Jodie Foster) merencanakan kudeta di Elysium untuk menjatuhkan Presiden.


Akhirnya Max pun dikejar-kejar oleh utusan Delacourt demi mendapatkan data rahasia tersebut. Bahkan teman masa kecil Max, Frey Santiago (Alice Braga) dan anaknya yang sakit Leukimia, Matilda (Emma Tremblay), ikut dikejar dan akhirnya dibawa ke Elysium.


Di dalam film ini digambarkan perbedaan kelas yang sangat kentara dengan masalah perlindungan kesehatan. Dimana penduduk Elysium tidak pernah merasakan sakit, sedangkan penduduk di bumi harus banting tulang mencari uang agar bisa berobat di rumah sakit yang minim kapasitas dan alat-alat medis.


Sang sutradara, Neill Blomkamp yang pernah sukses dengan film District 9, mengatakan, bahwa Elysium bukan film fiksi ilmiah tetapi merupakan kondisi nyata yang terjadi saat ini.


Elysium bisa disaksikan di IMAX mulai hari ini dan akan hadir di seluruh bioskop Indonesia pada 20 Agustus mendatang.


Anda sedang membaca artikel tentang

Film "Elysium" Mengangkat Isu Kelas Sosial

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/08/film-mengangkat-isu-kelas-sosial.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Film "Elysium" Mengangkat Isu Kelas Sosial

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Film "Elysium" Mengangkat Isu Kelas Sosial

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger