Tunjukkan Pesona Indonesia Lewat Film Pendek

Written By Solution Anti Virus on Friday, June 21, 2013 | 11:21 AM


Jakarta - Potensi dan kekayaan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, harus ditunjukkan pada dunia luar. Selain foto, film pendek ternyata mampu mengugah wisatawan mancanegara untuk mau berkunjung ke Tanah Air melihat keindahan budaya Tanah Air.


Untuk itu digelar Indonesia Creative Award (ICE Award) Festival film pendek 2013. Hal ini dinilai memberikan ruang bagi talenta kreatif muda mengekspresikan rasa cinta dan bangsa terhadap Indonesia.


Menurut Ketua Dewan Panitia Chandra sebenarnya generasi muda Indonesia memiliki kemampuan yang luar biasa. Namun selama ini masih wadah yang menampung hasil karya ruang kreatif anak muda Indonesia belum terkoordinasi dengan baik.


"Kami mengajak generasi muda merekam beragam hal menarik di Indonesia untuk mengekspresikan berbagai tema, serta ekspresi kecintaan mereka terhadap Indonesia melalui film," katanya di Jakarta, Kamis (20/6).


Menurut Chandara, dalam kegiatan ini, pihaknya menjalin kerjasama dengan Telkomvision, Indonesia Channel dan Kemenparekraf.


Ajang ICE Award ini, lanjut dia, digelar untuk mengumpulkan dan menggali potensi kreatif dari pekerja-pekerja film (film maker) yang telah membuat maupun akan menciptakan film-film yang mengenai "good news" tentang Indonesia.


Hal ini guna mempromosikan Indonesia, terutama di bidang kepariwisataan maupun hal lainnya seperti budaya, dan kekhasan Tanah Air, karena karya anak bangsa harus didukung untuk masa depan yang lebih baik.


Adapun tiga tagline yang diusung oleh ICE Award ini "Lihat Sekelilingmu dan Promosikan" dan "Kalau Kamu Cinta Indonesia, Promosikan" serta "Melalui Karyamu, Tunjukkan Indonesia Pada Dunia".


Penjurian akan dinilai para ahli dalam bidang komunikasi dan teknis film dan berprestasi serta pengalaman dalam penjurian film baik cerita, dokumenter dan iklan. Mereka terdiri dari Dedi Panigoro, Miranty Abidin, Armin Firnansyah dan P Nicolas Dammen.


Miranty Abidin menjelaskan, ICE Award tahun ini merupakan yang pertama dan akan dilaksanakan pada 19 Agustus 2013 di Soeharna Hall Gedung Energy, SCBD Jakarta pukul 14.00 WIB. Acara ini nantinya juga akan dimeriahkan oleh Musikimia sekaligus berdekatan dengan hari kemerdekaan Indonesia.


"Film yang dilombakan dalam ajang tersebut adalah tentang pariwisata dan ekonomi kreatif orisinil, berdurasi 3 hingga 15 menit, dan dipresentasikan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Nominasinya antara lain ide terbaik, komunikasi terbaik, eksekusi terbaik, dan film terbaik," ungkap dia.


Pendaftaran akan dibuka pada 15 hingga 31 Juli 2013 tanpa dipungut biaya. Namun untuk karya yang sudah pernah memenangkan perlombaan tidak boleh diikutsertakan. Untuk nominasinya adalah ide terbaik, komunikasi terbaik, eksekusi terbaik dan film terbaik.


Hal yang akan dinilai antara lain komunikasi, keunikan, teknis pengambilan, dan hasil gambar. Persyaratan peserta yang ditetapkan antara lain diperbolehkan individu atau kelompok warga negara Indonesia (WNI) yang terdiri dari perempuan atau laki-laki berusia diatas 15 tahun.


Karyanya bisa dikirimkan ke DNA HAUZ, Indonesia Channel jalan Dr. Saharjo No. 90B, Jakarta Selatan atau bisa kirimkan link Youtube ke email iceward@yahoo.com.


Nantinya para pemenang akan diikutsertakan dalam ajang promosi Indonesia di luar negeri dan ditayangkan di Indonesia Channel serta film maker menjadi mitra kerja dalam mengembangkan program cinta Indonesia.


Anda sedang membaca artikel tentang

Tunjukkan Pesona Indonesia Lewat Film Pendek

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/06/tunjukkan-pesona-indonesia-lewat-film.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tunjukkan Pesona Indonesia Lewat Film Pendek

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tunjukkan Pesona Indonesia Lewat Film Pendek

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger