Pesan si Jahat dan si Baik Dalam Drama Musikal Timun Mas

Written By Solution Anti Virus on Tuesday, June 18, 2013 | 11:21 AM


Jakarta - Masih ingat dengan cerita rakyat di masa kecil berjudul Timun Mas? Bagi anak-anak kecil, dongeng Timun Mas yang berisi seorang bayi perempuan yang cantik jelita, sangat mengugah daya khayal. Apalagi si anak dari buah timun mas tersebut setelah dewasa menjadi seorang puteri yang ternyata terancam kehidupannya oleh seorang raksasa jahat.


Cerita rakyat dari Jawa Tengah yang sangat imajinatif tersebut kemudian meggelitik rasa sutradara Rama Soeprapto. Sang sutradara bersama dengan Synergism Entertainment, dan didukung oleh Djarum Apresiasi Budaya tak lama lagi bakal mempersembahkan sebuah pertunjukan drama musikal berjudul Timun Mas. Drama musikal ini akan ditampilkan dua hari pada tanggal 29-30 Juni 2013, di Istora Senayan Jakarta.


Pemilihan cerita rakyat Timun Mas ke dalam sebuah drama musikal, sebenarnya juga menjadi upaya cerdik dalam melestarikan budaya bangsa Indonesia. Harus diakui, orang tua zaman sekarang (era milenium) mulai jarang menceritakan legenda rakyat kepada anak-anak mereka. Ditambah lagi dengan serangan film-film kartun luar dari televisi berbayar, yang otomatis membuat anak-anak terhipnotis dengan budaya luar.


Untuk itu, dengan adanya drama musikal Timun Mas para orangtua bisa bersama-sama mengingat kembali cerita rakyat khas Indonesia. Bambang Sutrisno Kusnadi selaku CEO Synergism Entertainment, dalam jumpa pers Timun Mas, di Senayan National Golf Club, Senin (17/6) menuturkan drama musikal yang mengangkat cerita rakyat berjudul Timun Mas ini akan menggali nilai-nilai budaya dan melestarikan cerita rakyat Indonesia.


Lewat Timun Mas, Bambang juga ingin menghadirkan satu konsep pertunjukan yang inovatif dengan memadukan unsur drama, opera, serta multimedia yang canggih.


"Kami berharap dengan teknik penyajian ini bisa menarik minat masyarakat luas untuk datang, dan bersama-sama mengapresiasi kekayaan budaya bangsa, khususnya cerita rakyat," ungkap Bambang.


Drama Musikal Timun Mas, yang diambil dari cerita rakyat yang sudah dikenal turun-temurun nantinya akan diarahankan oleh sutradara Rama Soeprapto. Sebelum Timun Mas, Rama sudah pernah menggarap pagelaran seni yang berasal dari cerita rakyat seperti Bawang Merah Bawang Putih, Pagelaran Topeng Nusantara, dan terakhir adalah Legendra Padusi dari Minangkabau.


Khusus untuk Drama Musikal Timun Mas ini, Rama akan meramu dengan mengusung teknologi atau gaya modern. Akan banyak ditampilkan kecanggihan tata lampu, properti panggung, dan musik orkestra sebagai musik pengiring.


Sehingga ditegaskan Rama, meskipun Drama Musikal Timun Mas merupakan cerita lama para penonton nantinya akan merasakan sebuah pagelaran atau cerita baru.


"Saya ingin mempersembahkan sebuah pertunjukan drama musikal dari cerita Timun Mas dengan menambahkan berbagai unsur baru didalamnya, seperti komedi, edukasi, teknologi, dan alur cerita baru yang dikemas dengan ringan. Terdapat juga pesan yang ingin saya sampaikan tentang sisi jahat dan sisi baik yang sebenarnya dekat dengan keseharian manusia. Dan tak perlu kuatir, saya pun tetap mempertahankan unsur cerita aslinya yang akan membangkitkan kenangan masa kecil di antara penonton dewasa," ujar Rama Soeprapto.


Sementara untuk pemeran, drama Musikal Timun Mas melibatkan artis-artis papan atas Indonesia, seperti Angel Pieters (sebagai Timun Mas), Nola Be3 (Ibunda Timun Mas), Chandra Satria (Ayah Timun Mas), Raline Shah (sepupu Timun Mas), Ria Irawan (Bude Timun Mas), Indra Birowo (Butho Ijo/ Siluman Jahat), Ibu-ibu Sahita Group (sebagai Empat Nyonya), Maera (Penyihir), serta didukung oleh Thoersi Argeswara sebagai pengarah musik.


Untuk menyaksikan pertunjukan Drama Musikal Timun Mas, penonton bisa memilih hari dan jam yang sesuai dengan aktivitas mereka. Drama musikal ini akan dipentaskan tanggal 29-30 Juni 2013 setiap pukul 14.30 WIB dan 18.30 WIB.


Masyarakat yang tertarik untuk menonton bisa membeli tiket di West Mall Grand Indonesia Lantai 2 mulai tanggal 21-28 Juni 2013 pukul 10.00 – 22.00 WIB, atau bisa juga melalui website www.indotix.com, dan www.blibli.com. Adapun harga tiket yang ditawarkan yakni mulai dari rate Rp 150.000 hingga Rp 1.500.000.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pesan si Jahat dan si Baik Dalam Drama Musikal Timun Mas

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/06/pesan-si-jahat-dan-si-baik-dalam-drama.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pesan si Jahat dan si Baik Dalam Drama Musikal Timun Mas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pesan si Jahat dan si Baik Dalam Drama Musikal Timun Mas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger