Kemparekraf Proses Pembentukan Badan Perfilman Indonesia

Written By Solution Anti Virus on Wednesday, June 19, 2013 | 11:21 AM


Jakarta - Kuantitas dan kualitas film Indonesia harus bisa menjadi kebanggaan. Oleh karena itu demi memajukan perfilman Tanah Air, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sedang memproses terbentuknya Badan Perfilman Indonesia (BPI) tahun ini.


Menurut Menteri Pariwisata dan ekonmi Kreatif Mari Elka Pangestu, hal tersebut sebagai amanat Undang-Undang Nomor 33/2009 tentang Perfilman. Diakui, bahwa BPI harus terbentuk tahun ini. Saat ini sudah masuk tahap finalisasi pembahasan.


"Kalau BPI sudah dibentuk, nanti Kemenparekraf bersama BPI memberikan bantuan. Kami mendorong kriteria film-film yang bertema nasionalisme, kepahlawanan, budi pekerti, yang mengangkat sejarah. Semoga para sineas juga mengambil lokasi di tempat-tempat yang indah yang mengambarkan keindahan alam dan budaya Tanah Air," ujarnya saat Lomba Pameran Foto Indonesia 2013 bertema "Indonesia di Hatiku" di Jakarta, Selasa (18/6).


Menurutnya, variasi tema film sudah sangat luar biasa perkembangannya. Dalam 2 tahun terakhir ini banyak yang mengangkat tentang tokoh, yang saat ini sedang ngetrend yang memiliki nilai sejarah maupun rasa nasionalisme. Begitu juga dengan film true story seperti "Laskar Pelangi", "9 Summer 10 Autumns" dan beberapa film lainnya.


Namun yang terpenting, kata Mari, film maupun lagu untuk anak-anak yang dinilai masih kurang. Film anak bertema budi pekerti cukup penting untuk didorong. Jangan sampai anak-anak Indonesia hanya mengetahui hiburan luar seperti Disney, Spoge Bob, Teletabis.


"Anak-anak harus mengenal karakter tokoh Tanah Air dan tentunya dikonsep dengan modern agar mudah dikenal dan diingat," katanya.


"Kedepan kami sedang merancang dalam Badan Perfilman Indonesia yang berharap bisa menyediakan subsidi bagi film-film yang mungkin belum jelas apakah bisa komersial atau tidak, tapi kami anggap penting mengembangkan variasi dari tema yang dapat dikembangkan untuk budi pekerti dan kepahlawan," pungkasnya.



Anda sedang membaca artikel tentang

Kemparekraf Proses Pembentukan Badan Perfilman Indonesia

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/06/kemparekraf-proses-pembentukan-badan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kemparekraf Proses Pembentukan Badan Perfilman Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kemparekraf Proses Pembentukan Badan Perfilman Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger