Edo Kondologit, Caleg DPR RI Dapil Papua

Written By Solution Anti Virus on Monday, April 22, 2013 | 11:21 AM


Jakarta - Saat ditemui mengisi acara pameran foto dan patung Asmat: The Spirit of Agats di Blackwater Exhibition Hall, West Mall Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (21/4), penyanyi asal Papua ini, Edo Kondologit, menyampaikan keingiannya untuk menjadi wakil rakyat Papua di DPR RI.


Ia mengaku telah mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI daerah pemilihan (dapil) Papua. Edo mendaftarkan diri sebagai caleg dibawah bendera yang sama dengan Gubernur DKI Joko Widodo, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).


Kesibukannya mempersiapkan diri untuk bertarung di bursa legislatif dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 inilah yang membuat Edo jarang tampil di layar kaca.


"Cuma satu alasan saya mau menjadi anggota DPR RI, yaitu ingin menjembatani antara Jakarta (pemerintah pusat) dan Papua. Selama ini, Jakarta dan Papua belum pernah duduk satu meja. Nah, saya ingin menjadi jembatan, minimal keduanya bisa berbicara satu meja. Sehingga Jakarta tahu keinginan Papua, dan Papua tahu apa yang akan dilakukan Jakarta," jelasnya.


Untuk itulah, Edo bersemangat mengkampanyekan 'Voice From The East' di berbagai pelosok tanah air, sehingga Papua lebih terdengar, lebih berbicara dan maju.


"Tidak hanya itu, bila Tuhan mengizinkan saya terpilih menjadi anggota DPR RI, ada dua masalah di Papua yang akan saya perjuangkan dan harus diselesaikan dengan segera," tutur pria yang mengidolakan Jokowi ini.


Dua masalah tersebut, lanjut dia, adalah masalah kesehatan dan pendidikan. Kedua masalah ini sangat penting untuk diperjuanganya, karena menurut Edo, masyarakat Papua sebagian besar hidup di rawa-rawa, jauh dari pola hidup bersih dan sehat.


Akibatnya, berbagai penyakit sering kali menyerang warga Papua. Penyakit yang kerap menjangkit penduduk kawasan paling timur Indonesia ini adalah kusta dan malaria.


Sayangnya, kata dia, justru tenaga dokter untuk menangani kedua penyakit tersebut sangat kurang. "Papua membutuhkan banyak dokter supaya kesehatan penduduk Papua semakin terjamin dan meningkat. DPR RI harus mendukung ini," tegas Edo.


Kondisi yang sama juga terjadi di bidang pendidikan. Letak sekolah yang sangat jauh dari rumah penduduk, lanjut dia, membuat anak-anak usia sekolah harus menempuh perjalanan yang memakan waktu lama untuk mencapai sekolah. Belum lagi masalah kekurangan gedung sekolah dan guru.


"Dua masalah ini yang akan saya dorong untuk segera diberikan fokus untuk diselesaikan. Karena dua masalah ini bila dapat diselesaikan maka akan membuat penduduk Papua bertambah pintar dan cerdas. Sehingga mereka tahu bagaimana mengelola ekonomi daerahnya, dan tahu bagaimana meningkatkan kesejahteraan hidup mereka," ucap pria kelahiran Sorong ini.


Edo yang masih aktif di organisasi Pemuda Taruna Merah Putih binaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menuturkan, ingin membawa semangat pluralisme di Indonesia, sehingga bisa menjadi sebuah negara untuk semua suku, golongan, ras dan agama.


"Saya ingin Indonesia untuk semua. Seperti umat Kristen bisa beribadah dan hidup nyaman di Jawa Barat yang mayoritas beragama Islam. Sama halnya juga di Papua, umat Muslim bisa bebas beribadah di tanah Papua yang mayoritas Kristen," harapnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Edo Kondologit, Caleg DPR RI Dapil Papua

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/04/edo-kondologit-caleg-dpr-ri-dapil-papua.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Edo Kondologit, Caleg DPR RI Dapil Papua

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Edo Kondologit, Caleg DPR RI Dapil Papua

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger