Pemegang Medali Emas Olimpiade 1996 itu Bernama Ricky Subagja

Written By Solution Anti Virus on Saturday, March 23, 2013 | 11:30 AM


Pernahkah Anda dan keluarga merasakan ketegangan luar biasa saat tim bulu tangkis Indonesia bertanding? Mungkin salah satunya adalah saat pasangan Ricky - Rexy bertanding melawan Malaysia di final ganda putera di Olimpiade Atlanta 1996.

Menjadi satu-satunya tim Indonesia yang berhasil membawa pulang medali emas di Olimpiade Atlanta 1996, nama Ricky Subagja sontak dielu-elukan bersama pasangannya, Rexy Mainaky kala itu. Pasangan ini diakui sebagai ganda putera tersukses di dunia selama dekade 90-an oleh sebuah website resmi badan Olimpiade dunia. Melihat berbagai prestasi mereka di turnamen taraf dunia seperti Olimpiade Atlanta (1996), Asian Games (1994, 1998), Juara Dunia (1995), Juara All England (1995, 1996), dan masih banyak lagi lainnya, layaklah jika sebutan itu disematkan untuk mereka.

Dipasangkan dengan Rexy yang emosional, Ricky tampil dengan pembawaan yang lebih tenang saat bertanding. Bagai Yin dan Yang, pria kelahiran Bandung, 27 Januari 1971 itu hadir sebagai penyeimbang bagi Rexy, menghasilkan perpaduan dynamic duo yang ciamik. Berbagai smash, jump shot, dan strategi mereka sungguh mengagumkan dalam mematahkan serangan lawan. Poin demi poin dikumpulkan dan gelar juara pun diraih.

Pria bernama lengkap Ricky Ahmad Subagja ini merupakan salah satu pemain ganda putra legendaris dunia kebanggaan Indonesia. Ricky kecil awalnya hobi berlatih bulu tangkis dan sepak bola. Namun Sang Ibu lebih memilih agar ia menekuni bulu tangkis. Pilihan Ibunda Ricky pun tak salah. Berkat latihan intens hingga lima kali seminggu dan kemahirannya, Pelatnas memanggilnya untuk bergabung pada tahun 1986.

Ricky merupakan seorang atlet dengan tekad luar biasa untuk menjadi juara dunia, bahkan setiap kali menulis biodata, ia dengan percaya diri selalu mengisi kolom cita-cita dengan “menjadi juara dunia”. Walaupun sempat mengalami masa jenuh di Pelatnas, nasihat Christian Hadinata, pelatihnya saat itu, dan tekadnya untuk menjadi juara dunia berhasil menangkis hari-hari sulit tersebut.

Pria dengan tinggi 172cm ini terbukti mudah dipasangkan dengan siapa saja. Awalnya ia berpasangan dengan Richard Mainaky, kakak kandung Rexy. Tapi menjelang Olimpiade Barcelona 1992, Christian Hadinata selaku pelatih memutuskan untuk memasangkannya dengan Rexy. Keputusan ini sempat ia tolak, namun Christian berhasil meyakinkannya; kolaborasi pasangan legendaris Indonesia perlahan tercipta.

Sejak menggantungkan raketnya, ia menjadi brand ambassador dari perusahaan peralatan bulu tangkis di Indonesia, Flypower. Ricky Subagja kini tercatat sebagai Kasubid Humas dan Sosial Media PB PBSI. Saksikan kisah selengkapnya dari seorang pemain ganda nomor satu dunia versi IBF di program Kita Bisa, Minggu 24 Maret 2013 Pk 10.00 di Kompas TV. Program KITA BISA Dipersembahkan Oleh “BAKTI OLAHRAGA DJARUM FOUNDATION” (adv)













Anda sedang membaca artikel tentang

Pemegang Medali Emas Olimpiade 1996 itu Bernama Ricky Subagja

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/03/pemegang-medali-emas-olimpiade-1996-itu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemegang Medali Emas Olimpiade 1996 itu Bernama Ricky Subagja

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemegang Medali Emas Olimpiade 1996 itu Bernama Ricky Subagja

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger