"Kompas" Gelar Lokakarya Strategi Bisnis di Yogyakarta

Written By Solution Anti Virus on Friday, March 29, 2013 | 11:06 AM


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Selama dua hari berturut-turut mulai Rabu (27/3/2013) hingga Kamis (28/3/2013) Harian Kompas menggelar kegiatan lokakarya bertajuk Strategi Bisnis di Hotel Sheraton Mustika, Yogyakarta. Dari lokakarya tersebut peserta mendapat materi-materi bagaimana membangun strategi bisnis yang baik, efektif, dan efisien.


Kegiatan yang diikuti sekitar 100 peserta menghadirkan narasumber dan fasilitator yang berpengalaman yakni pendiri PT Mustika Ratu Tbk Dr Mooryati Soedibyo, Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada dan juga Dosen marketing pada Pascasarjana FEB UGM Drs Sahid Susilo Nugroho MSc M Phil DBA, serta Director Etnomark dan Consulting Amalia E Maulana PhD.


Hari pertama dibuka dengan materi Strategi Membangun Brand oleh Mooryati Soedibyo. Pada sesi ini Mooryati membagikan pengalamannya berbisnis di bidang jamu dan kosmetika untuk perempuan, serta bagaimana usahanya mengembangkan merek Mustika Ratu agar bisa diterima di masyarakat nasional dan internasional.


Mooryati yang memulai bisnis pada usia 43 tahun, menuturkan suka-duka memulai bisnisnya hingga mencapai puncak kejayaan dan bertahan sampai saat ini. "Saya memulai bisnis bukan dengan dukungan kapital. Jadi jangan takut untuk memulai bisnis," ujarnya.


Dalam materinya, Mooryati pun tidak berhenti menasihati para peserta yang umumnya pengusaha muda, agar tidak mudah menyerah menghadapi tantangan dalam bisnis. Sebaliknya, Mooryati mendorong para pengusaha untuk tangguh menghadapi perubahan jaman yang tidak kenal kompromi.


"Pada era globalisasi para pelaku bisnis dituntut untuk selalu inovatif, kreatif dan mampu beradaptasi, pada setiap perubahan karena tidak ada lagi keberpihakan khusus kepada yang lemah," paparnya.


Sesi kedua diisi materi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi (Integrated Marketing Communication ) dari Sahid Nugroho, yang melakukan riset mengenai mengenai dunia pemasaran, salah risetnya mengenai pemasaran melalui social media. Dalam materi tersebut Sahid menjelaskan bagaimana membangun komunikasi pemasaran yang terintegrasi, efektif dan efisien.


"Komunikasi pemasaran terintegrasi adalah sebuah proses perencanaan yang didesain, untuk menjamin bahwa semua bentuk komunikasi merek terhadap pelanggan atau prospek adalah relevan terhadap orang bersangkutan dan konsisten sepanjang waktu," ujar Sahid.


Selain mendapat materi dari nara sumber, para peserta juga mendapat kesempatan berdiskusi kelompok kemudian membahas studi kasus mengenai pola-pola pemasaran suatu produk yang baru. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan pada akhir acara Mooryati dan Sahid memberikan penilaian kelompok yang terbaik sebagai pemenang.












Anda sedang membaca artikel tentang

"Kompas" Gelar Lokakarya Strategi Bisnis di Yogyakarta

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2013/03/gelar-lokakarya-strategi-bisnis-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

"Kompas" Gelar Lokakarya Strategi Bisnis di Yogyakarta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

"Kompas" Gelar Lokakarya Strategi Bisnis di Yogyakarta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger