Toba Samosir Butuhkan Gedung Kesenian

Written By Solution Anti Virus on Thursday, December 6, 2012 | 11:21 AM


Danau Toba

Danau Toba (sumber: redorbit)




Wacana mendirikan pusat kesenian daerah itu akan membangkitkan gairah para seniman.

Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara, kini membutuhkan gedung kesenian daerah. Menurut Sekretaris Daerah Toba Samosir, Liberty Manurung, Dinas Pariwisata setempat perlu memikirkan tersedianya sebuah sarana yang bisa difungsikan sebagai pusat kesenian daerah, untuk mendorong prestasi para seniman lokal yang berkiprah dalam berbagai bidang seni.

"Kehadiran gedung kesenian akan membangkitkan semangat para seniman daerah untuk berkarya dalam mengembangkan serta melestarikan kesenian tradisional," kata Liberty.

Jejak fisik berbagai kesenian tradisonal yang sudah semakin langka, perlu dimunculkan kembali di tengah khalayak, melalui sebuah gagasan membangun sebuah gedung kebudayaan di Kabupaten yang terletak di bagian tengah provinsi Sumut itu.

Menurutnya, tuntutan mendirikan gedung kesenian dimaksud, memerlukan rancangan yang matang dan harus disesuaikan dengan intensitas pertunjukan yang diprogramkan. Sehingga wadah yang dibangun mampu menampung berbagai aktivitas seniman daerah setempat.

Liberty belum bisa mengungkapkan kapan tepatnya merealisasikan pembangunan gedung kesenian tersebut, namun dia mengakui wacana mendirikan pusat kesenian daerah itu akan membangkitkan gairah para seniman, sehingga berbagai kesenian tradisional akan lebih dikenal hingga ke tingkat dunia.

"Realisasi pembangunan gedung yang akan difungsikan sebagai pusat kesenian daerah tersebut memerlukan studi kelayakan dan pengkajian yang matang, sekaligus koordinasi dengan para pemangku kepentingan," kata Liberty.

Sementara itu, seorang pemerhati seni dari Kabupaten Toba Samosir, Sahala Simanjuntak menyebutkan, secara tidak langsung, keberadaan sebuah panggung pertunjukan di daerah yang terletak di pinggiran Danau Toba itu akan menambah minat wisatawan untuk berkunjung.

Sejalan dengan itu, kata dia, berbagai kegiatan budaya bisa dikembangkan, seperti seminar maupun diskusi tentang berbagai aspek budaya dan hal terkait lainnya.

"Rencana Pemkab Toba Samosir untuk membangun sebuah gedung yang bisa difungsikan untuk pusat latihan pengembangan seni dan kebudayaan, sangat patut diapresiasi," katanya.

Anda sedang membaca artikel tentang

Toba Samosir Butuhkan Gedung Kesenian

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2012/12/toba-samosir-butuhkan-gedung-kesenian.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Toba Samosir Butuhkan Gedung Kesenian

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Toba Samosir Butuhkan Gedung Kesenian

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger