Perancis Gencar Investasi di Indonesia

Written By Solution Anti Virus on Saturday, November 24, 2012 | 11:06 AM


PARIS, KOMPAS.com - Saat ini Perancis semakin bersemangat untuk berinvestasi di Indonesia, terutama dalam penjualan barang konsumer, pariwisata, dan transportasi. Pelaku usaha di Perancis melihat kondisi perekonomian Indonesia cukup baik dan menjanjikan prospek bisnis yang menguntungkan.

Demikian disampaikan Koordinator Fungsi Ekonomi Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Perancis Tri Tharyat saat menerima kunjungan rombongan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) di Paris, Perancis, Kamis (22/11/2012) malam waktu Perancis, seperti dilaporkan wartawan Kompas Herpin Dewanto.

PT KAI selama sepekan ini sedang mengikuti pelatihan pelayanan publik di kantor pusat Perusahaan Nasional Kereta Api Perancis atau SNCF di Paris.

”Sikap Pemerintah Perancis ini tidak lepas dari situasi krisis ekonomi di Eropa yang masih berlangsung,” kata Tri.

Perancis melihat Indonesia masih kuat perekonomiannya berdasarkan banyaknya masyarakat kelas menengah baru yang muncul serta meningkatnya daya beli sebagian besar masyarakat sehingga bisnis di sektor penjualan barang konsumsi, pariwisata, dan transportasi sangat menjanjikan.

Menurut Tri, tahun ini perusahaan kosmetik ternama di Perancis, L’oreal, misalnya, sudah membuka pabrik baru di daerah Karawang, Jawa Barat. Nilai investasi pembangunan pabrik itu sekitar 100 juta dollar AS. Produksi dari pabrik tersebut nantinya akan dipasarkan untuk pasar domestik (sebanyak 40 persen) dan untuk ekspor (60 persen).

Perusahaan Perancis di bidang penjualan barang konsumsi lainnya seperti Carrefour juga masih akan memperluas jaringan di Indonesia. Saat ini, Carrefour sedang berusaha membuka cabang di Jayapura.

Di bidang pariwisata, khususnya perhotelan, Perancis juga semakin agresif. Perusahaan perhotelan Accor Group, misalnya, terus membidik tempat-tempat baru untuk membangun hotel. Mereka melihat prospek pergerakan wisatawan domestik di Indonesia juga menguntungkan.

Tri menambahkan, investasi di sektor pertambangan juga belum surut. Salah satu perusahaan tambang nikel Perancis, Eramet, berencana berinvestasi di Indonesia pada tahun 2017 nanti dengan nilai investasi mencapai 5 miliar dollar AS.

Di bidang transportasi, penasihat SNCF untuk Indonesia, Michel Antraigue, mengatakan bahwa operator-operator kereta api Perancis juga berminat bekerja sama dengan Indonesia. Para operator itu tertarik untuk ikut membangun jaringan transportasi kereta api di kota-kota besar di Indonesia.

Saat ini, SNCF telah selesai melakukan studi kelayakan proyek pengembangan jalur kereta api di jalur Cicalengka-Padalarang sepanjang 40 kilometer.












Anda sedang membaca artikel tentang

Perancis Gencar Investasi di Indonesia

Dengan url

http://motorcycleinnovation.blogspot.com/2012/11/perancis-gencar-investasi-di-indonesia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perancis Gencar Investasi di Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perancis Gencar Investasi di Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger